Legislator: Gangguan Sistem Bank DKI Harus Segera Ditangani, Jangan Sampai Kepercayaan Publik Tergerus!

Legislator: Gangguan Sistem Bank DKI Harus Segera Ditangani, Jangan Sampai Kepercayaan Publik Tergerus!
Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Husen SH (Agus Irawan/TM)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID— Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Husen SH, angkat bicara soal gangguan sistem yang terjadi di Bank DKI baru-baru ini.

Ia menilai, insiden tersebut tidak bisa dianggap sepele mengingat peran vital Bank DKI dalam mendukung aktivitas finansial warga Ibu Kota, terutama di momen penting seperti Idulfitri dan musim mudik.

“Bank DKI perlu menunjukkan manajerial yang solid dan komunikasi yang transparan kepada nasabah. Kerusakan sistem ini terjadi di saat masyarakat sedang merayakan hari besar, dan dampaknya sangat dirasakan oleh warga,” ujar Husen dalam keterangannya Sabtu (12/4/2025).

Menurutnya, keluhan terhadap gangguan sistem Bank DKI tidak hanya datang dari masyarakat di daerah pemilihannya, tetapi juga ramai diperbincangkan di media sosial dan platform digital lainnya.

BACA JUGA:

Ini Sosok IT Bank DKI yang Dipecat Pramono Anung

Dana KJP Mengendap, DPRD Panggil Bank DKI

Husen juga menekankan pentingnya memperkuat infrastruktur teknologi Bank DKI untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

“Bank DKI harus memprioritaskan keamanan data dan transaksi. Enkripsi, proteksi dari serangan siber, serta pengujian sistem secara berkala wajib dilakukan agar layanan tetap optimal,” jelasnya.

Husen menilai gangguan sistem ini tidak hanya berdampak secara teknis, tetapi juga bisa mengikis kepercayaan masyarakat terhadap Bank DKI.

“Jangan sampai nasabah merasa tidak aman dan akhirnya mempertimbangkan untuk pindah ke bank lain. Ini bisa menjadi kerugian jangka panjang jika tidak ditangani dengan serius,” katanya

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan agar pihak Bank DKI tidak menganggap remeh masalah ini meskipun tidak ada indikasi kebocoran data.

“Meski pihak bank menyatakan data aman, persepsi negatif tetap bisa muncul di kalangan nasabah. Ini yang harus diwaspadai karena menyangkut reputasi dan kepercayaan publik,” tambahnya.

Husen berharap, kejadian ini menjadi alarm bagi Bank DKI untuk segera melakukan perbaikan sistem, meningkatkan keamanan digital, serta memperkuat komunikasi publik.

“Jangan tunggu sampai kepercayaan benar-benar hilang. Investasi pada infrastruktur teknologi dan pengelolaan krisis yang baik harus menjadi prioritas utama,” tegasnya.

Sebagai penutup, ia menegaskan bahwa pelayanan perbankan yang stabil dan aman adalah hak masyarakat.

“Maka dari itu, pihak Bank DKI diharapkan segera mengambil langkah-langkah konkret demi menjaga stabilitas layanan dan kepercayaan nasabah di masa mendatang,” Pungkasnya.

(Agus Irawan/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
kasus penculikan anak
Gawat, Dalam Sebulan Kasus Anak Hilang Merajalela
Real Madrid
Kontrak Baru Belum Jelas, Nasib Vinicius Junior di Real Madrid Masih Abu-abu
Suar Mahasiswa Awards 2025
Apa Itu Suar Mahasiswa Awards 2025?
daftar pekerja PPSU-1
Lebihi Batas Kuota, Pendaftar PPSU DKI Tembus 7.000 Orang!
Luncurkan Transjabodetabek, Pramono Ingin Masyarakat Gunakan Layanan Transportasi Umum
Luncurkan Transjabodetabek, Pramono Ingin Masyarakat Gunakan Layanan Transportasi Umum
Berita Lainnya

1

Bupati Cirebon Luncurkan Program 'DAKOCAN'

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Pemain yang Diincar dalam Tim Prabowo

5

Gedung BPJS Kesehatan Cempaka Putih Jakarta Pusat Kebakaran, 19 Unit Mobil Pemadam Dikerahkan
Headline
Aleix Espargaro
Kembali ke Lintasan MotoGP Sebagai Wildcard Honda, Aleix Espargaro Mengaku Gugup
Gempa Bumi Guncang Cilacap Jateng
Gempa Bumi M 3,4 Guncang Cilacap Jateng
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 18 April 2025
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 25 April 2025
Inter
Kondisi Inter Memburuk, Jalan Barcelona Menuju Final Kian Terbuka

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.