Komparasi Rangka eSAF vs Underbone, Mana yang Layak Terpilih?

rangka esaf underbone
ilustrasi rangka (iStock)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) beberapa waktu lalu banyak disorot media, lantaran maraknya keluhan kualitas sasis yang dipasangkan pada beberapa motor Honda, salah satunya Honda Beat.

Sebelum Honda memproyeksikan rangka eSAF, lebih dulu pabrikan asal Jepang itu menerapkan sasis model underbone untuk motor produksi massal mereka.

Komparasi Rangka eSAF dan Underbone

Kedua rangka tersebut memiliki kateristik berbeda. Kami akan mencoba mengulas kedua rangka pada tiga poin berikut ini:

BACA JUGA: Sudah Keburu Takut? Ini Pilihan Motor Honda Non Rangka eSAF

1. Bobot Rangka

Salah satu aspek utama yang membedakan rangka eSAF dari rangka underbone adalah bobotnya yang lebih ringan.  eSAF dirancang menggunakan pipa yang dipadukan dengan pelat baja yang ditekuk dan dilas menggunakan teknologi laser. Hasilnya adalah rangka yang memiliki lipatan-lipatan atau “tulang” di sisi-sisinya, memberikan kesan desain yang lebih simpel. Kemudian sudah menghilangkan 34 komponen rangka yang biasanya ada pada motor underbone konvensional.

2. Kekuatan Rangka

Meskipun memiliki bobot yang lebih ringan,  eSAF tidak mengorbankan kekuatannya. Rangka ini menggunakan bahan baja berkualitas tinggi yang menjadikannya sangat kuat. Penggunaan teknologi las laser dalam penyambungannya mampu meminimalkan deformasi atau perubahan bentuk selama proses produksi. Sehingga, rangka eSAF dapat memberikan daya tahan yang kuat, bahkan dalam situasi penggunaan yang ekstrem.

3. Kapasitas Bagasi dan Tangki Rangka

Rangka eSAF juga menawarkan pemanfaatan ruang yang lebih efisien dibandingkan dengan rangka underbone. Keuntungan ini terlihat pada kapasitas bagasi dan tangki bahan bakarnya. Sebagai contoh, motor dengan rangka eSAF seperti Honda Genio, memiliki tangki yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan motor berbasis rangka underbone seperti Honda BeAT, dengan perbedaan sekitar 0,2 liter. Ini menunjukkan bahwa desain rangka eSAF tidak hanya memberikan keunggulan dalam hal bobot dan kekuatan, tetapi juga dalam hal pemanfaatan ruang yang lebih baik.

Demikianlah mengenai ulasan komparasi  antara rangka eSAF dan underbone dari Honda. Underbone memiliki nilai plus tersendiri, tetapi rangka eSAF lebih mendominasi.

 

 

(Saepul/Usamah)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kesenian Gembyung Subang - YouTube Kebudayaan Subang
Kesenian Gembyung: Warisan Budaya Tradisional Kabupaten Subang
Tasikmalaya Sandal Tarumpah
Keren! Tasikmalaya Punya Sandal Tarumpah
Fakta unik domba
Domba Hewan Mudah Ditipu, Gini Kata Dosen IPB!
Agnez Mo
Agnez Mo Trending di Media Sosial, Netizen Rindu Lagu Ballad Karya Sang Diva
Film Netflix
5 Rekomendasi Film Netflix, Kamu Pasti Penasaran!
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

3

Tanggul Jebol, Ribuan Makam di TPU Bojongsoang Kabupaten Bandung Terendam Banjir

4

Inflasi Kota Bandung Hingga 10 Persen Akibat Lonjakan Harga Jelang Ramadan

5

Gubernur Dedi Mulyadi Perjuangkan Nasib Siswa yang Gagal Ikuti SNBP Akibat Kelalaian Sekolah
Headline
Peluncuran Bank Emas Prabowo
Peluncuran Bank Emas, Prabowo: Pertama dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Anto Boyratan
Ukir Sejarah! Anto Boyratan Jadi Atlet Indonesia Pertama di Liga Basket Australia
BPBD Kabupaten Bandung, banjir
BPBD Kabupaten Bandung: Tanggul Jebol Sungai Cikapundung Kolot Genangi Ribuan Rumah Warga
Sampah Penuhi Sungai Citarum Kiriman dari Kota dan Kabupaten Bandung
BBWS Sebut Sampah Penuhi Citarum Kiriman Kota dan Kabupaten Bandung

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.