Investigasi KNKT Kasus Pilot Batik Air Tertidur: Disuruh Tidur hingga Makan Mie Instan

pilot batik air tertidur
Ilustrasi (Instagram/@batikair)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan, hasil investigasi dalam kasus pilot dari Batik Air yang tertidur saat lepas landas rute Kendari-Jakarta selama 28 menit.

Insiden tersebut telah berakibat pada pesawat PK-LUV itu, keluar jalur landasan dan tidak menggubris pusat pengendali wilayah (Area Control Centre/ACC).

“Tidak ada yang terluka dalam insiden ini, dan tidak ada kerusakan di bagian pesawat,” tulis laporan KNKT di Jakarta, Sabtu (9/3/2024).

BACA JUGA: Batik Air Bebas Tugaskan Pilot yang Tertidur 28 Menit Saat Penerbangan

Namun, lembaga keselamatan kendaraan itu tetap mengkategorikan insiden itu bertaraf serius. Dijelaskan juga, bahwa pilot (Pilot in Command/PIC) berusia 32 tahun dan kopilot (Second in Command/SIC) berusia 28 tahun itu mengoperasikan pesawat Airbus A320 yang membawa penumpang dari Jakarta menuju Kendari, dengan rute pulang pergi.

Pesawat dikendalikan oleh dua pilot beserta empat kru pramugari sebagai pendamping. Saat perjalanan, pilot menawarkan kopilot untuk tidur lantaran terlihat kelelahan.

Lalu, pilot mengambil alih tugas kopilot yang tidur selama 30 menit. Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Kendari.

Selain itu, diterangkan juga, selama di Bandara Udara Haluoleo, Kendari, pilot dan kopilot menyempatkan untuk makan mi instan.

Usai menurunkan penumpang, pesawat melanjutkan penerbangan kembali pada pukul 00:05 Universal Time Coordinated (UTC) menuju Jakarta dengan nomor penerbangan BTK6723.

Adapun penumpang yang berada di pesawat menuju Jakarta itu tercatat sebanyak 153 orang.

Saat pesawat menyentuh fase ketinggian jelajah 36 ribu kaki (cruising), pilot dan kopilot melepas headset dan mengeraskan volume kokpit ditinggikan.

Pada saat itulah pilot meminta izin kopilot untuk beristirahat, dan kopilot mengambil alih tugas pilot sementara waktu. Beberapa saat kemudian, pilot dan kopilot pun tertidur, yang masih terjaga mengambil alih tugasnya.

Setelah beberapa waktu, pilot terbangun dan menawarkan kepada kopilot untuk istirahat. Namun, kopilot menolaknya.

“Kedua pilot kemudian melakukan percakapan non-tugas selama sekitar 30 detik dan kemudian PIC (pilot) melanjutkan untuk tidur. SIC (kopilot) mengetahui bahwa PIC sedang tidur dan melanjutkan tugasnya baik sebagai pilot maupun kopilot,” jelas laporan pendahuluan.

Akan tetapi, pukul 01:43:42 UTC saat ACC Jakarta bertanya kepada kru pesawat, berapa lama pesawat itu terbang di jalurnya, tidak ada respons dari kru kokpit. Ternyata, kopilot tidak sengaja tertidur.

(Saepul/

 

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Tips Nonton Konser
5 Tips Nonton Konser Sendiri Biar Tetap Seru!
Ukuran koper
Menilik Beragam Jenis Ukuran Koper, Sebelum Bepergian Jauh
Babat Sapi
3 Resep Olahan Babat Sapi yang Enak!
Penyebab muka tidak simestris
Wow, 8 Penyebab Muka Tidak Simetris!
Aplikasi Keuangan
5 Aplikasi Keuangan, Jadikan Finansial Lebih Stabil!
Berita Lainnya

1

Ketua DPRD Jawa Barat Buky Wibawa Bahas Masalah Penahanan Ijazah

2

Kebijakan LPG 3 Kg: Kunto Aji Kritik Mental Pejabat, Bahlil Salahkan Warga

3

Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Ciawi, 8 Orang Tewas, 11 Luka

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran Gubernur Rp2,1 Miliar, Dialihkan Buat Bangun Rumah Rakyat Miskin
Daftar pemain Timnas U20 Indonesia Piala Asia U20 2025
Piala Asia U20 2025: Daftar 23 Pemain Timnas U20 Indonesia, 3 di Antaranya Pemain Debutan
santunan korban kecelakaan tol ciawi 2
Segini Besaran Santunan Para Korban Tabrakan Beruntun Tol Ciawi 2
Gunung Gamalama Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik
Waspada! Gunung Gamalama Maluku Utara Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.