Fakta Seputar Truk yang Jarang Orang Ketahui

Fakta Seputar Truk
(Web)

Bagikan

BANDUNG.TM.ID Di Indonesia truk identik dengan berbagai masalah, seperti ban pecah, patah as roda, sampai terguling. Padahal tidak semua truk memiliki biang masalah, Karena banyak juga truk yang terawat dengan baik.

Ternyata di balik cerita tentang truk, banyak juga yang menyimpan fakta menarik. Berikut merupakan fakta seputar truk yang perlu kamu ketahui. Kira-kira apa saja ya?

1. Ban Belakang Ganda

Fakta seputar truk yang pertama adalah ban belakang yang ganda. Hal tersebut karena bagian belakang truk mempunyai beban yang lebih besar. Sehingga, agar bisa menahan beban tersebut, perlu adanya penambahan roda.

Jika tidak sesuai beban yang di bawa, maka ban akan cepat aus serta mudah meledak. Maka dari itu, dibuat dua roda tambahan pada tiap sisinya supaya rodanya sesuai.

2. Diameter Setir yang Lebar

Fakta seputar truk yang kedua adalah diameter setir yang lebar. Penggunaan setir yang diameternya lebar tersebut ternyata memiliki alasan khusus. Supaya setir lebih terasa ringan saat kamu putar. Karena kebanyakan truk belum di bekali fitur power steering.

Diameter yang lebar tersebut juga untuk alasan keamanan. Karena diameter setir yang kecil sangat sensitif  pada gerakan atau goncangan. Sehingga gerakannya sedikit pada setir membuat lajunya terganggu.

3. Menggunakan Mesin Diesel

Fakta seputar truk adalah menggunakan mesin diesel. Hal tersebut karena mesin diesel memilliki keunggulan tersendiri. Torsi yang besar bisa kamu capai di putaran mesin yang rendah. Selain itu, mesin diesel juga lebih tangguh serta ekonomis.

Sistem pembakarannya juga tidak menggunakan busi sebagai pemantik apinya. Melainkan hanya menggunakan udara dan solar yang sudah terkompresi.

4. Sistem Penggerak yang Unik

Truk menggunakan sistem penggerak roda bagian belakangnya. Biasanya, sistem penggerak yang dipakai ukuran 6×4. Berarti kendaraan tersebut mempunyai enam titik atau sumbu roda dengan empat titik atau sumbu roda bergerak.

Empat roda yang bergerak tersebut ada di bagian belakang, sedangkan dua as roda berikutnya ada di bagian depan.

5. Jalan Pelan Saat di Tol

Kalian pasti suka melihat truk yang jalan pelan saat di tol? apakah kalian tahu hal tersebut karena apa? Karena bagian bannya tidak tahan terhadap panas. Sering sekali ban yang dipakai tidak canggih, malah terkadang vulkanisiran. Padahal, truk tersebut mengangkut beban yang besar. Karena sering sekali ban truk pecah saat di tol.

BACA JUGA: Tips Aman Mudik Gunakan Sepeda Motor, Simak di Sini

(Kaje)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Tyronne del Pino Singgung Soal Dampak Menurunnya Kondisi Fisik
Tyronne del Pino Singgung Soal Dampak Menurunnya Kondisi Fisik Terhadap Performa Permainan Persib
Tiket reguler premium Solo Safari
Cari Tahu Perbedaan Tiket Reguler dan Premium Solo Safari!
Rak Menjaga Buku
Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Rak Buku!
Risiko suntik testosteron
Apakah Suntik Testosteron Memiliki Risiko Tinggi?
Liburan Akhir Tahun
Dave Hendrik Liburan Akhir Tahun di Korea Selatan
Berita Lainnya

1

Anggota Komisi 2 DPRD Jabar Imbau Masyarakat Aware Terhadap Konsumsi Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

2

Aktivitas Kawah Sileri Gunung Dieng Meningkat, Masyarakat dan Wisatawan Tidak Masuki Wilayah Radius 500 Meter

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Gunung Mas Group (GMG) dan LKP Bina Ilmu Gelar Pelatihan Operator Dump Truck ke-2 yang Didukung Disnakertrans Malut

5

Hampir Mirip, Ini Perbedaan Gejala Herpes dan Gigitan Tomcat
Headline
Manchester United Siapkan Pengganti Rashford
Manchester United Siapkan Pengganti Rashford
Man City Incar Kiper Sensasional Juventus
Man City Incar Kiper Sensasional Juventus
Pesawat Azerbaijan Airline Jatuh di Kazakhstan
Pesawat Azerbaijan Airline Jatuh di Kazakhstan: 38 Tewas, 29 Selamat
Gempa Guncang Nanggroe Aceh Darussalam
Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Nanggroe Aceh Darussalam

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.