BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung terus berupaya mewujudkan Bandung sebagai kota kreatif yang diakui di tingkat nasional bahkan internasional.
Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan mengatakan, kerja keras tersebut mulai membuahkan hasil, terutama di sektor pariwisata yang memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung.
“PAD yang dihasilkan dari sektor pariwisata mencapai 40 persen. Kami menargetkan peningkatan jumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dari tahun ke tahun,” kata Irawan, Selasa (8/10/2024).
BACA JUGA: KPU Kota Bandung Bentuk Tim Perumus Tema Debat Pilwalkot
Menurutnya, meski Kota Bandung tidak memiliki wisata alam seperti Kota Batu. Namun, kota ini mampu menggali potensi lain yang menjadikannya sebagai destinasi favorit. Bandung dikenal sebagai kota wisata belanja, kuliner, dan sejarah.
“Kota Bandung memiliki 1.774 bangunan cagar budaya, yang menjadi daya tarik tersendiri,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Bandung (BP2KB), Arief Bonafianto, menjelaskan berbagai event telah disiapkan untuk menarik para wisatawan. Salah satu yang paling dikenal yakni Festival Asia Afrika, selain destinasi menarik seperti Kampung Wisata Kreatif dan Kampung Wisata Kuliner.
“Bandung Great Sale bahkan mampu menghasilkan perputaran ekonomi hingga Rp 103 miliar hanya dalam waktu tiga hari,” pungkasnya.
(Rizky Iman/Budis)