Bisnis EV di Jepang Mulai Berkembang ke Sektor Penyewaan Baterai termasuk Skuter Listrik

(Foto: Web)

Bagikan

JAKARTA, TM.ID : Jepang menunjukkan perkembangan ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) dengan bisnis penyewaan skuter dan baterai.

OpenStreet (Hello Mobility) salah satu perusahaan asal Jepang, memulai sektor bisnis ini dan telah mulai membuka layanan penyewaan kendaraan listrik di Tokyo.

Hello Mobility juga mendapat dukungan dari Gachaco dan Softbank.

Bersama Hello Mobility, Gachaco dan Softbank akan mendirikan stasiun skuter EV, stasiun pertukaran baterai Gachaco, berikut aplikasi smartphone-nya.

Konsumen dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk penggunaan stasiun skuter Hello Mobility EV termasuk memesan skuter EV di stasiun skuter Hello Mobility tertentu.

Selain itu, mengambil dan menukar baterai di stasiun Gachaco sesuai kebutuhan, serta mengembalikan skuter ke stasiun skuter Hello Mobility dimanapun.

Masyarakat Tokyo, yang berniat menggunakan fasilitas dari Hello Mobility harus mengeluarkan dana mulai dari 160 yen untuk 15 menit penggunaan. Meski begitu, tidak diketahui secara pasti apakah ini harga perkenalan atau memang harga pasti untuk kedepannya.

BACA JUGA: Pabrikan Mobil Asal Jerman Isyaratkan Produksi Mobil Listrik

Di stasiun penukaran baterai Gachaco, pengguna terdaftar dan resmi dapat mengakses penukaran baterai dengan kartu IC mereka, yang mudah dipasang di gantungan kunci.

Sesampainnya di sana, mereka dapat mengambil baterai yang habis, menyambungkannya ke ruang terbuka dan mengeluarkan baterai yang baru diisi untuk digunakan dalam waktu yang relatif singkat.

OpenStreet melihat Hello Mobility sebagai layanan yang bermanfaat, baik dalam hal mobilitas jangka pendek untuk komuter perkotaan, maupun aktivitas perusahaan dan penjualan di perkotaan.

Sebagai permulaan, perusahaan akan menawarkan layanan di wilayah Jonan di Tokyo, yang meliputi bangsal Meguro, Minato, Ota, Setagaya, Shibuya, dan Shinagawa. Pihaknya juga memiliki rencana untuk ekspansi tambahan di masa mendatang.

Sebagai informasi tambahan, Gachaco adalah konsorsium baterai kendaraan listrik yang dibentuk oleh empat besar pabrikan sepeda motor Jepang, Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, bersama dengan perusahaan perminyakan Jepang ENEOS. Pada awal Desember 2022, perusahaan membuka dua stasiun penggantian baterai awal pertamanya di Jepang.

Sedangkan OpenStreet merupakan sebuah perusahaan yang juga bermain dalam platform berbagi sepeda yang sudah memiliki nama besar di Jepang yakni Hello Cycling.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Ketika orang meninggal
6 Jenis Bunga Lambang Kematian di Berbagai Negara
Desa Wisata Cemaga Tengah
Bangga, Desa Wisata Cemaga Tengah Kepri Lolos 50 Besar ADWI!
Auto Liker TikTok
Auto Liker TikTok, Jurus Tingkatkan Jumlah Likes Gratis
bp tapera
Gaji ASN dan Swasta Dipotong 3% untuk BP Tapera, Apa Manfaatnya?
Rembug Bedas, program prioritas bupati bandung
Bupati Bandung Paparkan 13 Program Prioritas, di Antaranya BPJS Kesehatan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

3

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?

4

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
nembak SIM (1)
Bakal Tak Ada Celah Nembak SIM Lagi, Ini Strategi dari Polisi
SIM C1
Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Pengendara Motor 250-500cc
Tolak RUU Penyiaran
Ratusan Jurnalis Bandung Demo di DPRD Jabar, Tolak RUU Penyiaran
UKT PTN 2024
Kenaikan UKT Dibatalkan! PTN Harus Kembalikan Kelebihan Pembayaran