BANDUNG,TM.ID: Pernahkah kamu kehilangan token atau pulsa listrik setelah melakukan transaksi di toko atau ATM? Meskipun proses pembelian token listrik dapat di berbagai platform, namun tak jarang pengguna mengalami kendala seperti kehilangan token yang dicetak dalam bentuk struk.
Token listrik adalah rangkaian 20 digit angka yang sangat vital. Angka-angka ini nantinya dimasukkan ke meter prabayar saat kita ingin mengisi daya listrik. Proses pembelian token dapat di berbagai tempat seperti toko, ATM, minimarket, aplikasi ojek daring, bahkan melalui dompet digital.
Kehilangan Token Listrik
Namun, kendala yang mungkin pengguna hadapi adalah hilangnya token setelah melakukan transaksi di toko atau ATM. Struk kecil yang berisi token listrik bisa dengan mudah terlempar atau tercecer. Sehingga membuat pengguna kesulitan untuk menemukannya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengecek yang hilang tanpa harus repot mendatangi tempat transaksi.
BACA JUGA: Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir
Solusi Praktis
Salah satu solusi terbaik untuk mengecek adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut adalah langkah-langkah praktis yang dapat diikuti:
- Pertama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui App Store atau Play Store.
- Jika sudah memiliki akun PLN Mobile, masukkan nomor telepon dan lakukan proses login. Bagi yang belum memiliki akun, daftarlah dengan mengikuti panduan pendaftaran.
- Setelah masuk ke akun, pilih menu “Token dan Pembayaran” yang merupakan pintu gerbang untuk berbagai layanan pembelian.
- Klik ID pelanggan yang sesuai dengan data untuk melihat riwayat pembelian token.
- Pilih tanggal transaksi terakhir, dan pada bagian “Detail Pembelian Token” akan muncul nomor token yang kamu beli.
(Kaje/Usk)