Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Bandung Ajak Pemuda Berkontribusi dan Inovasi

Pemkot Bandung Ajak Pemuda Berkontribusi dan Inovasi
Pj Wali Kota Bandung, A. Koswara, saat jadi pembina upacara Hari Sumpah Pemuda ( dok. Humas Pemkot Bandung)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara mengajak para pemuda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan dirinya saat menjadi pembina upacara peringatan ke-96 Hari Sumpah Pemuda di Plaza Balai Kota Bandung, pada Senin (28/10/2024).

Dengan mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi ajang untuk meneguhkan kembali semangat para pemuda dalam membangun bangsa.

Koswara mengingatkan pentingnya nilai-nilai Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 sebagai landasan kebangsaan.

“Semangat persatuan yang diusung oleh para pemuda pada tahun 1928 menjadi dasar bagi kita untuk terus melangkah maju dan menghadapi tantangan masa kini. Pemuda harus menjadi motor penggerak dalam menciptakan perubahan dan kemajuan,” kata Koswara.

Koswara pun menyampaikan, peringatan Sumpah Pemuda kali ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan yang baru, yang akan menentukan arah pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, Koswara mengajak para pemuda untuk memanfaatkan momentum tersebut sebagai kesempatan memperkuat peran mereka dalam berbagai sektor.

“Pemuda bukan hanya objek pembangunan, tetapi juga harus menjadi subjek yang aktif dalam mewujudkan tujuan nasional,” ucapnya

Pada kesempatan tersebut, Koswara menyoroti capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 yang tercatat sebesar 56,33 persen. Capaian tersebut mencakup berbagai indikator seperti pendidikan (70 persen), kesehatan dan kesejahteraan (65 persen), gender dan diskriminasi (53,33 persen), kesempatan kerja (45 persen), serta partisipasi dan kepemimpinan (43,33 persen).

“Ruang untuk terus meningkatkan kualitas kepemudaan di berbagai bidang masih terbuka lebar. Pengembangan potensi pemuda harus dilakukan secara besar-besaran dan terpadu, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, hingga masyarakat luas,” ujarnya.

Kota Bandung memiliki program pengembangan pemuda yang bernama Cempor (Camp Enterpreneur Dispora). Program ini difokuskan untuk meningkatkan kewirausahaan dan ekonomi di kalangan pemuda.

Lewat program ini, para pemuda dapat mengembangkan kemampuan dan berkontribusi lebih signifikan dalam perekonomian masyarakat.

Selain itu, Melalui program tersebut juga, diharapkan dapat memperkuat kapasitas pemuda dalam menghadapi tantangan ekonomi masa kini dan masa depan.

Koswara pun berharap, upaya kolaboratif tersebut dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan pemuda yang inovatif, berdaya saing, serta berkarakter kebangsaan.

Dirinya juga mendorong para pemuda untuk aktif dalam berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi.

“Mari kita bersama-sama menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi pemuda untuk berperan serta dalam pembangunan Indonesia sesuai dengan minat dan kemampuan mereka,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Tambah RTH di Kawasan Cikendi

Dengan semangat Maju Bersama Indonesia Raya, upacara peringatan ini menjadi ajakan bagi seluruh masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan memberikan perhatian lebih besar pada pengembangan kepemudaan.

Pemkot Bandung berkomitmen untuk terus mendorong keterlibatan pemuda sebagai pilar utama pembangunan dan agen perubahan menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

 

(Rizky Iman/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Baim Wong Ngalih Raga
Baim Wong Garap Film Horor Baru 'Ngalih Raga', Netizen: Si Paling Ngumbar Aib Istri 
Xiaomi 14T Series
Sehebat Apa Xiaomi 14T Series, Sampai Terjual 10 Ribu Unit dalam 36 Jam?
Nisya Ahmad DPRD
Nisya Ahmad Banjir Keringat Dingin Saat Bicara dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar
Vindes Bukan Main bank bjb
bank bjb Dukung Penuh Acara Vindes Bukan Main di Senayan Park
Patung Kotoran Amerika
Patung Kotoran di Washington DC Timbulkan Kontroversi
Berita Lainnya

1

Takut Terkena Imbas PHK, 15 Ribu Karyawan Sritex Resah Dengan Nasib Perusahaan Pailit

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

4

Bea Cukai Bandung Hadir dalam Acara Roeang Kita UMKM Fest 2024, Budi Santoso: UMKM Harus Naik Kelas

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi Untuk Taklukan Persib Bandung