Kenali Penyebab Utama Lemak Darah Meningkat dan Cara Atasinya

Penyebab lemak darah
Ilustrasi. (Pinterest)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Banyak yang menganggap lemak darah atau kolesterol sebagai faktor utama penyebab berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Fakta yang jarang orang tahu, lemak darah sebenarnya memiliki fungsi penting untuk tubuh. Lemak darah akan menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan, apabila kadarnya terlalu tinggi.

Faktor yang menjadi penyebab tingginya kadar lemak ada yang bisa dikendalikan dengan perubahan gaya hidup dan ada yang tidak bisa dapat dihindari.

Penyebab Utama Meningkatnya Lemak Darah Berlebih

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama yang meningkatkan risiko lemak darah berlebih.

1. Riwayat Penyakit

Tanpa Anda sadari, sejumlah penyakit dapat berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Penyakit seperti diabetes, obesitas, gagal ginjal kronis, dan hipotiroidisme merupakan beberapa di antaranya.

Kondisi kesehatan ini mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kolesterol menumpuk dalam darah.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab paling umum meningkatnya kadar kolesterol. Kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan tingginya lemak darah. Penting bagi setiap individu untuk menjalani gaya hidup sehat sebagai langkah pencegahan.

3. Faktor Keturunan

Selain faktor eksternal, genetik juga mempengaruhi kadar kolesterol seseorang. Mutasi gen yang diturunkan dari kedua orang tua bisa menyebabkan tubuh tidak mampu membuang kolesterol secara efisien, sehingga kadar kolesterol dalam darah meningkat. Jika ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, penting untuk lebih waspada dan rutin memeriksakan kesehatan.

Risiko dari Kolesterol Tinggi

Kadar lemak darah yang berlebihan perlu segera ditangani karena dapat memicu penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Banyak yang mengenal kondisi ini dengan istilah aterosklerosis, yang membuat pembuluh darah menyempit dan mengurangi aliran darah.

Jika Anda membiarkan kondisi ini tanpa penanganan, aterosklerosis bisa menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti gagal ginjal, penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, hingga batu empedu.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, olahraga teratur dan menjalani pola hidup sehat adalah langkah penting. Namun, langkah sederhana lain yang dapat membantu adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan yang dirancang untuk mengontrol lemak darah.

Salah satu suplemen yang sering direkomendasikan adalah Omepros. Suplemen ini mengandung Blackcurrant Seed Oil, yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bersifat cardioprotective.

Selain itu, bahan ini membantu mencegah aterosklerosis, memperlancar aliran darah, dan memperkuat pembuluh darah kapiler, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Omepros juga mengandung kombinasi Omega 3, Omega 6, dan Omega 9, yang seimbang dalam penyerapannya. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak darah berlebih, menormalkan tekanan darah, serta mengurangi kolesterol LDL, yang terkenal sebagai kolesterol “jahat”.

Dengan kandungan yang lengkap banyak yang mengklaim, suplemen seperti Omepros mampu menurunkan lemak darah atau kolesterol dengan cepat dan efektif, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA: Penting! Ini Perbedaan Nyeri Leher Kolestrol dan Asam Urat

Mengetahui sejumlah penyebab hingga cara mengatasi kadar lemak darah yang berlebih, dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan banyak hal dalam menjaga gaya hidup sehat.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke