Apa Itu Ilmu Cognitive Science? Keahlian Wamen Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Stella Christie

Apa itu Ilmu Cognitive Science
Guru Besar Tsinghua University China Prof. Stella Christie usai pembekalan tugas calon wakil menteri di kediaman calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024) (Dok. Radio Republik Indonesia)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Secara resmi Stella Christie telah dilantik menjadi Wakil Menteri (wamen) Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Senin (21/10/2024). Pelantikan tersebut dilakukan pada saat bersamaan Presiden RI Prabowo Subianto melantik Menteri Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro.

Stella ramai dikenal sebagai guru besar Tsinghua University dengan jurusan ‘cognitive science’. Prof. Stella, begitulah sapaannya, saat itu berhasil menarik perhatian banyak orang.

Namun tahukah Teman, ilmu Cognitive Science banyak mencakup beragam ilmu yang saling berkaitan dengan satu sama lain secara kompleks. Di antaranya, tentang pikiran, perilaku, hingga kecerdasan buatan.

Lantas, bagaimana penjelasan lengkap mengenai ilmu cognitive science?

Apa Itu Cognitive Science?

Cognitive Science merupakan ilmu interdisipliner yang mempelajari bagaimana pikiran otak manusia dalam memahami, berpikir, belajar, serta berinteraksi. Dalam hal ini, para ilmuwan akan berusaha untuk menguraikan cara otak dalam memproses informasi.

Ilmu ini juga menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, linguistik, kecerdasan buatan, filsafat, ilmu saraf, hingga antropologi. Selain itu, ilmu ini juga memainkan peran kunci dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

Melansir Kemdikbud RI, ilmu ini juga memahami bagaimana otak bekerja. Ilmu itu memberikan landasan untuk menciptakan sistem cerdas yang dapat meniru atau mendukung fungsi kognitif manusia.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Cognitive Science

Dalam studi yang mempelajari tentang persepsi yang berkaitan tentang panca indra dan memori. Cognitive science merupakan salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memperoleh, menyimpan, dan menggunakan informasi.

Para peneliti banyak yang mempelajari pemecahan masalah dan mengambil keputusan dengan ilmu tersebut. Sehingga kemudian, bagaimana menganalisis situasi dan memilih di antara berbagai opsi berdasarkan informasi yang tersedia.

Uniknya, cognitive science juga mempelajari bahasa, yang merupakan salah satu kemampuan paling kompleks manusia. Hal itu termasuk hubungan antara struktur bahasa, pemrosesan bahasa, dan dasar saraf bahasa.

BACA JUGA: Pernah Jadi Tersangka KPK, Eddy Hiariej Kini Jabat Wamen Hukum

​Kontribusi Stella Christie dalam Bidang Cognitive Science

Setelah Christie yang merupakan guru besar telah lama meneliti di bidang cognitive science. Bahkan dia telah menghasilkan begitu banyak kontribusi tentang pemahaman manusia tentang kecerdasan.

Menariknya, riset yang ia lakukan bukan hanya memperdalam pengetahuan dalam bidang akademik. Namun, mampu membuka jalan untuk berinovasi dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga teknologi.

 

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke