Stop Alkohol! Lihat Bahaya Akibat Kecanduan Alkohol

Penyebab mabuk
Ilustrasi. (Pixabay)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau rutin, akan memicu berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. Di bawah ini akan menjelaskan berbagai bahaya yang akan timbul akibat minum alkohol berlebihan.

Berdasarkan peraturan di Indonesia, orang dewasa berusia 21 tahun ke atas diizinkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Namun, jika diminum secara berlebihan dalam satu kesempatan, alkohol dapat menurunkan konsentrasi dan menyebabkan hilangnya kontrol diri, yang berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain itu, konsumsi alkohol secara terus-menerus dalam jangka panjang dapat memicu berbagai penyakit kronis dan bahkan bisa berakibat fatal.

Bahaya Penyakit Akibat Mabuk Alkohol dalam Jangka Panjang

Berikut adalah sejumlah penyakit yang bisa muncul akibat sering mabuk minuman beralkohol:

1. Penyakit Liver

Alkohol yang dikonsumsi akan diserap ke dalam aliran darah dan kemudian terkumpul di hati untuk dipecah dan dinetralkan. Namun, kemampuan hati dalam memproses alkohol terbatas.

Jika alkohol yang diminum melebihi kapasitas hati, kadar alkohol dalam darah akan meningkat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan serius pada hati. Penyakit-penyakit seperti perlemakan hati, hepatitis, sirosis, hingga kanker hati bisa menjadi akibatnya.

2. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Sering mabuk alkohol juga meningkatkan risiko gangguan jantung, seperti detak jantung tidak teratur, peningkatan tekanan darah, dan denyut jantung yang tinggi. Selain itu, risiko serangan jantung, gagal jantung mendadak, serta stroke menjadi lebih tinggi bagi mereka yang sering mabuk.

3. Kanker

Semakin sering Anda mengonsumsi alkohol, semakin besar pula risiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker hati, kanker mulut, tenggorokan, esofagus, usus besar, dan kanker payudara. Alkohol dapat merusak DNA dalam sel-sel tubuh, yang berpotensi memicu perkembangan kanker.

4. Gangguan Otak dan Saraf

Mabuk alkohol secara berlebihan dapat merusak otak. Menurut penelitian, sering mabuk dapat menyebabkan otak menyusut, yang berdampak pada kemampuan berpikir, daya ingat, serta kemampuan motorik. Terlalu banyak alkohol juga dapat mengganggu refleks dan koordinasi gerakan tubuh.

5. Depresi

Beberapa orang menganggap alkohol dapat membantu meredakan stres, namun kenyataannya alkohol justru dapat memperburuk depresi. Sering mabuk dapat mengganggu fungsi zat kimia di otak yang mengatur suasana hati, yang pada akhirnya meningkatkan risiko gangguan kecemasan dan depresi. Orang yang sering mabuk juga memiliki risiko lebih tinggi untuk melakukan tindakan bunuh diri.

6. Kecanduan Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol hingga mabuk juga dapat menyebabkan kecanduan. Orang yang kecanduan alkohol sulit untuk menghentikan kebiasaannya meskipun mengetahui dampak buruknya. Kebiasaan ini tidak hanya merusak kesehatan fisik tetapi juga kehidupan sosialnya.

Langkah Mengatasi Kecanduan Alkohol

Bagi Anda yang merasa kesulitan menghentikan kebiasaan minum alkohol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan. Terapi konseling dan pengobatan medis dapat membantu mengatasi kecanduan serta mencegah dampak kesehatan yang lebih serius.

Waspadai bahaya konsumsi alkohol secara berlebihan. Lindungi kesehatan Anda dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan menjauhi kebiasaan mabuk yang dapat membahayakan tubuh dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Puslabfor Polri: 7 Mayat di Kali Bekasi Positif Alkohol

Berbagai bahaya kesehatan yang timbul akibat minum alkohol secara berlebihan di atas, dapat menjadi peringatan agar Anda lebih berhati-hati lagi dalam minum-minuman alkohol.

 

 

(Virdiya/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke