STMM Yogyakarta Diproyeksikan Jadi Pusat Riset Kecerdasan Buatan

STMM Yogyakarta
STMM Yogyakarta. (gmaps)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, berpotensi dijadikan pusat riset dan pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Pernyataan potensi ini dinyatakan oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria. Hal demikian, berkat adanya infrastruktur baru bernama Gedung Transformasi Digital yang baru diresmikan, serta melibatkan banyak kolaborator dari perusahaan-perusahaan teknologi global.

“Diharapkan STMM yang menuju menjadi Politeknik Digital Jogja itu bisa lebih memfokuskan dirinya untuk memenuhi kebutuhan talenta digital dan memenuhi kebutuhan industri digital dalam soal inovasi. Jadi karena itu akan ada pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya R&D (Riset dan Pengembangan) di sini,” kata Nezar di Yogyakarta, mengutip antara, Minggu (13/10/2024).

Berdasarkan hasil pengukuran Readiness Assessment Methods (RAM) AI oleh UNESCO di Indonesia untuk menilai kesiapan adopsi AI di dalam negeri, salah satu rekomendasinya adalah Indonesia perlu memperluas riset dan pengembangan terkait AI guna mendorong peningkatan adopsi teknologi tersebut di masyarakat.

Sesuai dengan rekomendasi tersebut, penambahan fasilitas pendidikan di STMM Yogyakarta yang juga mendapat dukungan dari berbagai perusahaan teknologi besar. Hal ini, sepeti perusahaan teknologi membuka peluang lebih luas untuk meningkatkan riset dan inovasi AI melalui lembaga yang dirancang sebagai salah satu pusat pengembangan talenta digital di Indonesia.

“Kita harapkan kerja sama juga meluas lagi dengan beberapa platform digital, baik Google, Microsoft, IBM, dan lain sebagainya. Jadi dengan demikian kita bisa mendekatkan pengetahuan akademik yang didapatkan di sekolah vokasi ini dengan kebutuhan industri digital nasional,” ujar Nezar.

Dalam membahas peran STMM Yogyakarta sebagai pusat pengembangan talenta digital, diketahui bahwa pada tahun 2025 STMM akan bertransformasi menjadi Politeknik Digital Yogyakarta.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, menyampaikan saat peresmian Gedung Transformasi Digital bahwa langkah tersebut sejalan dengan pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2022 yang mengatur penyelenggaraan perguruan tinggi oleh Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian.

BACA JUGA: Kominfo Blokir Aplikasi TEMU, Marketplace Ilegal Asal China

Hary menjelaskan politeknik tersebut akan menawarkan berbagai program studi yang dirancang untuk terintegrasi dengan kebutuhan industri dan kewirausahaan, sehingga dapat mencakup ekonomi digital yang baru.

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Permainan Bambu Gila
Ternyata Permainan Bambu Gila Pakai Mantra?
Waktu mengganti Smartphone
Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Smartphone?
Amanda Manopo
Amanda Manopo Protes Skenario Sinetron yang Dianggap Ngawur, Ancam Tag Penulis
Baim Wong Ngalih Raga
Baim Wong Garap Film Horor Baru 'Ngalih Raga', Netizen: Si Paling Ngumbar Aib Istri 
Xiaomi 14T Series
Sehebat Apa Xiaomi 14T Series, Sampai Terjual 10 Ribu Unit dalam 36 Jam?
Berita Lainnya

1

Takut Terkena Imbas PHK, 15 Ribu Karyawan Sritex Resah Dengan Nasib Perusahaan Pailit

2

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

3

Bea Cukai Bandung Hadir dalam Acara Roeang Kita UMKM Fest 2024, Budi Santoso: UMKM Harus Naik Kelas

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi Untuk Taklukan Persib Bandung