Ditahan Imbang Persib Bandung, Pelatih PSM Makassar Soroti Kualitas Lapangan Stadion Batakan

Pelatih PSM Makassar Soroti Kualitas Lapangan
Ananda Raehan Berduel Dengan Marc Klok. (Dok. Persib)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares buka suara terkait hasil imbang yang didapat timnya di laga kontra Persib Bandung dalam lanjutan pekan ke-4 Liga 1 2024/2025. Menurut Bernardo Tavares, ada sejumlah alasan yang menjadi penyebab PSM Makassar gagal meraih kemenangan atas Persib Bandung.

Bernardo Tavares menilai salah satu alasannya ialah soal penurunan kualitas lapangan Stadion Batakan, Balikpapan yang menjadi venue pertandingan. Ia merasa hal ini berdampak sistemik terhadap kreatifitas timnya karena lebih sering mengandalkan bola-bola umpan panjang.

Kata Bernardo, penurunan kualitas rumput Stadion Batakan memaksa timnya harus menghindar bola bawah dalam memberikan umpan. Terlihat ada sejumlah titik lapangan yang tidak rata dan itu menyulitkan anak asuhnya saat hendak menerima bola.

Sadar akan itu, PSM langsung mencoba dengan bola umpan panjang untuk menghindari area lapangan. Namun hal ini dirasa Bernardo menjadi keuntungan bagi lawan karena para pemain Persib cukup piawai dalam mengantisipasi datangnya bola yang datang dari udara.

“Saya kira pertandingan yang tadi adalah bukan pertandingan yang cantik dan lapangan juga tidak memperbolehkan atau mengizinkan kita main bola-bola bawah, dan kadang-kadang kalau memberikan long ball passingnya tidak akurat apalagi kita memberikan bola-bola bawah passingnya tidak akurat dan ini memberikan triger pada lawan untuk press kita saat passing tidak akurat. Itulah kondisinya yang kita miliki sekarang,” ujar Bernardo.

Meski dihadapkan dengan sejumlah keterbatasan, pelatih asal Portugal itu menilai timnya terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari perbandingan jumlah shoot on target dengan Persib serta jumlah tendangan penjuru yang mutlak menjadi miliki tim Juku Eja.

Dua indikator ini dirasa Bernardo sudah cukup dijadikan bukti bahwa PSM jauh lebih agresif dalam hal menyerang, namun gagal mengemas peluang menjadi gol. Padahal secara jumlah peluang, ada banyak situasi yang didapat, namun Persib sangat disiplin dalam bertahan.

BACA JUGA: Persib Bandung Gagal Menang di Kandang PSM Makassar

“Terkait teknis pertandingan, shoot on goal target kita memiliki lebih banyak daripada Persib, corner juga tapi sayangnya kita tidak bisa cetak, satu poin kita dapatkan di pertandingan ini melawan tim juara,” buka Bernardo kepada awak media.

Bernardo menyebutkan, hasil imbang ini juga akan dievaluasi oleh jajaran tim pelatih. Saat ini ia meminta kepada pemain untuk beristirahat secara maksimal karena PSM akan menghadapi jadwal ekstra ketat di bulan September kali ini.

“Untuk pertandingan selanjutnya yaitu nanti Minggu sore hanya punya empat hari untuk memulihkan diri, saya berharap suporter datang untuk mendukung kita,” tutup Bernardo.

(RF/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kronologi kebakaran RS Murni Teguh Naripan Bandung
Kronologi Kebakaran RS Murni Teguh Naripan Bandung, Sumber Api dari di Basement Rumah Sakit
kpk ingatkan janji prabowo-gibran
KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran Soal Pemberantasan Korupsi
Manfaat Silent Walking
Apa Itu Silent Walking? Rasakan Manfaatnya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Ini Bahayanya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Walhi Ungkap Bahaya Ini!
mq2 (4)
Insiden di PON 2024: Wasit Pingsan Usai Dihantam Pemain
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

3

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan

4

Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat, Wajib Tahu!

5

Didukung Brader, Kang Erwan Makin Semangat Maju di Pilgub Jabar 2024
Headline
Kebakaran RS Naripan Bandung
Kebakaran Melanda RS Murni Teguh Naripan Bandung, Penghuni Rumah Sakit Dievakuasi
Gempa Sukabumi
Gempa 5,3 Magnitudo Terjadi di Sukabumi, Terasa Hingga Bandung
Yalla Shoot
Jadwal dan Link Streaming Persib vs PSIS, Live Indosiar dan Vidio Selain Yalla Shoot
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan