Paylocity Akuisi Perusahaan Rintisan Airbase Seharga $325 Juta

Paylocity
Paylocity. (Instagram/paylocity)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Sebuah perusahaan perangkat lunak manajemen SDM dan penggajian Paylocity telah sepakat untuk mengakuisisi perusahaan rintisan pengelolaan pengeluaran, Airbase, dengan nilai $325 juta. Kesepakatan tersebut diumumkan pada hari Rabu (5/9/2024).

Namun, kesepakatan tersebut masih memerlukan persetujuan dari pihak regulator yang mendapat perkirakan akan selesai pada kuartal pertama atau kedua tahun fiskal Paylocity, yang jatuh dalam 30 hingga 60 hari ke depan.

Pendanaan untuk akuisisi ini berasal dari pinjaman melalui fasilitas kredit bergulir Paylocity.

Pencapaian Airbase

Bagi Airbase, yang sudah beroperasi selama tujuh tahun sejak didirikan oleh Thejo Kote pada 2017, kesepakatan ini merupakan pencapaian yang signifikan.

Airbase menawarkan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan menengah dalam mengelola pengeluaran mereka dengan lebih efisien, termasuk fitur untuk pembayaran tagihan, kartu perusahaan, dan penggantian biaya karyawan.

Berbasis di San Francisco, perusahaan fintech ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari $100 juta dalam bentuk pendanaan ekuitas dari berbagai investor seperti Menlo Ventures, Bain Capital, dan First Round Capital.

Menurut data dari PitchBook, Airbase memiliki valuasi sebesar $600 juta setelah putaran pendanaan pada 2021, di puncak kondisi pasar.

Paylocity, yang berada di Schaumburg, Illinois, ialah perusahaan publik dan menurut Yahoo Finance, saat ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar $9 miliar dengan sekitar 40.000 pelanggan.

Dalam pernyataannya, perusahaan menyebutkan bahwa akuisisi Airbase akan membantu memperluas cakupan pasar mereka, melampaui layanan manajemen sumber daya manusia (HCM) dan memperdalam jangkauan ke departemen keuangan perusahaan.

Thejo Kote menyampaikan kepada TechCrunch bahwa meskipun keputusan ini sulit, pada akhirnya merupakan langkah yang masuk akal.

“Airbase memiliki landasan pacu selama bertahun-tahun dan jalur yang jelas menuju profitabilitas, tetapi saya akhirnya yakin dengan peluang fantastis untuk menciptakan platform HCM dan Keuangan terpadu untuk pasar menengah — memanfaatkan ukuran dan skala Paylocity untuk membawa Airbase ke khalayak yang jauh lebih besar.” mengutip TechCrunch, Kamis (5/9/2024).

Seorang sumber yang memahami kesepakatan ini dan memilih untuk merahasiakan identitasnya, mengatakan kepada TechCrunch struktur kesepakatan tersebut tidak mencakup seluruh uang tunai di neraca Airbase, yang kemudian dikembalikan kepada perusahaan, pemegang saham, dan karyawan.

“Sedikit di bawah $400 juta,” ujar sumber tersebut.

BACA JUGA: 7 Alasan Pentingnya Rutin Mencadangkan Data di Perangkat Laptop

Airbase mempunyai lebih dari 300 karyawan, tapi belum tahu berapa banyak yang bergabung dengan Paylocity. Selama bertahun-tahun, Airbase telah bersaing dengan perusahaan seperti Ramp dan Brex, dengan fokus pada penjualan perangkat lunak sejak awal berdirinya.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
kpk ingatkan janji prabowo-gibran
KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran Soal Pemberantasan Korupsi
Manfaat Silent Walking
Apa Itu Silent Walking? Rasakan Manfaatnya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Ini Bahayanya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Walhi Ungkap Bahaya Ini!
mq2 (4)
Insiden di PON 2024: Wasit Pingsan Usai Dihantam Pemain
tottenham hotspurs
Link Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal Selain Yalla Shoot
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

3

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan

4

Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat, Wajib Tahu!

5

Didukung Brader, Kang Erwan Makin Semangat Maju di Pilgub Jabar 2024
Headline
Kebakaran RS Naripan Bandung
Kebakaran Melanda RS Murni Teguh Naripan Bandung, Penghuni Rumah Sakit Dievakuasi
Gempa Sukabumi
Gempa 5,3 Magnitudo Terjadi di Sukabumi, Terasa Hingga Bandung
Yalla Shoot
Jadwal dan Link Streaming Persib vs PSIS, Live Indosiar dan Vidio Selain Yalla Shoot
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan