Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Luhut: Teringat Kejadian 1989

paus fransiskus ke indonesia-6
(KEMENKO)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, membagikan pengalamannya saat mengawal Paus Yohanes Paulus II pada 9 Oktober tahun 1989.

Kala itu, Paus Yohanes Paulus II datang ke Indonesia dan memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pengalaman itu dibagikan Luhut di akun Instagramnya pada Selasa (3/9/2024). Momen ini juga berkaitan dengan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia mulai hari ini hingga Kamis (5/9).

“Setelah selesai memimpin misa, Paus Yohanes Paulus II melambaikan tangan ke arah 130 an ribu orang yang hadir di Istora Senayan (sekarang Stadion Utama Gelora Bung Karno), pada 9 Oktober 1989. Dari barisan depan, saya bergerak cepat, mengawal kendaraan yang membawa beliau,” kata Luhut.

Luhut bercerita saat itu pangkatnya masih Kolonel. Dia ditunjuk menjadi komandan Pasukan Pengamanan Khusus untuk mengawal kunjungan Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia.

“Pangkat saya masih Kolonel kala Pak Try Sutrisno yang menjabat sebagai Panglima ABRI, menunjuk saya waktu itu menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Khusus untuk mengawal kunjungan Paus ke Indonesia,” tuturnya.

Menurut Luhut, momen yang paling dia ingat ketika mengawal perjalanan Paus Yohanes Paulus II dari Tasitolu, Timor Leste, menuju Medan. Kata dia, saat di pesawat, dia duduk berhadap-hadapan dengan Paus. Semua pasukan pengamanan mulai kelelahan karena padatnya jadwal kunjungan waktu.

“Dengan mata yang agak sedikit berat karena mengantuk juga, saya melihat Paus tetap terjaga, duduk tenang dengan rosario di tangannya, menggerakkan jemarinya dalam doa. Melihat hal itu, saya berpikir, inikah yang disebut laku Bapa Suci? Ketika tiada hal duniawi yang ia dambakan, hanya hanya keinginan tulus untuk mendoakan seluruh umatnya,” kata Luhut.

Kunjungan ke Vatikan

Luhut juga membagikan pengalamannya saat diberi tugas Presiden Jokowi untuk ke Vatikan. Saat itu, Luhut mengaku menyerahkan langsung surat yang ditulis oleh Jokowi kepada Paus Fransiskus.

“Dan hari ini, lebih dari 3 dekade setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II, Paus Fransiskus melangkahkan kakinya di tanah Indonesia,” ujarnya.

“Kedatangan Paus Fransiskus ke tanah air ini tidak hanya menjadi momen penting bagi umat Katolik, tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia, yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan saling menghormati. Terlebih lagi kita, sangat bangga karena Paus melihat nilai-nilai teladan dalam harmoni kehidupan antarumat beragama di Indonesia,” sambungnya.

BACA JUGA: Jadi Teladan, Paus Fransiskus Pilih Menginap di Kedubes Vatikan daripada di Hotel Mewah

Luhut menyebut kedatangan Paus Fransiskus akan semakin memperkuat semangat kebersamaan dalam keberagaman, serta menginspirasi untuk terus hidup damai dan rukun.

“Semoga kehadiran beliau menjadi berkat dan membawa harapan baru bagi Indonesia yang damai, sejahtera, dan bersatu. Selamat datang di Indonesia, Paus Fransiskus. Negeri yang penuh kedamaian dalam keberagaman,” katanya.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
kpk ingatkan janji prabowo-gibran
KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran Soal Pemberantasan Korupsi
Manfaat Silent Walking
Apa Itu Silent Walking? Rasakan Manfaatnya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Ini Bahayanya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Walhi Ungkap Bahaya Ini!
mq2 (4)
Insiden di PON 2024: Wasit Pingsan Usai Dihantam Pemain
tottenham hotspurs
Link Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal Selain Yalla Shoot
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

3

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan

4

Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat, Wajib Tahu!

5

Didukung Brader, Kang Erwan Makin Semangat Maju di Pilgub Jabar 2024
Headline
Kebakaran RS Naripan Bandung
Kebakaran Melanda RS Murni Teguh Naripan Bandung, Penghuni Rumah Sakit Dievakuasi
Gempa Sukabumi
Gempa 5,3 Magnitudo Terjadi di Sukabumi, Terasa Hingga Bandung
Yalla Shoot
Jadwal dan Link Streaming Persib vs PSIS, Live Indosiar dan Vidio Selain Yalla Shoot
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan