PDIP Siap Beri Kejutan di Detik-detik Terakhir, Usung Anies Baswedan – Susi Pudjiastuti di Pilgub Jabar?

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono, Anies Baswedan, Susi Pudjiastuti, Pilgub Jabar 2024
Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono (Instagram Ono Surono)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Menjelang penutupan pendaftaran bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur (Cagub – Cawagub) Pilkada 2024, PDIP Jabar siap memberi kejutan terkait figur kadidat calon yang akan diusung. Akankah PDIP Jabar mengusung pasangan Anies Baswedan – Susi Pudjiastuti di Pilgub Jabar 2024?

Baik DPP maupun DPD PDI Perjuangan Jawa Barat belum menyebut nama figur yang akan diusung. Namun dedua pihak menyatakan akan memberi “surprise” pada detik-detik terakhir pendaftaran bakal Cagub – Cawagub Jabar, hingga malam nanti, Kamis (29/8/2054).

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, tak menampik peluang Anies Baswedan yang tak lain adalah eks Gubernur Jakarta itu akan diusung partainya dijagokan di Pilkada Jawa Barat.

“Kita lihat sampai nanti sore, kan waktu pendaftarannya masih sampai sore,” ujar Puan Maharani di Jakarta, Kamis (29/8).

Begitupun Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, yang menyebutkan bahwa partainya akan memberi kejutan pada Kamis malam ini mengenai sosok bakal Cagub dan Cawagub yang akan diusung.

Ono pun terkesan memberi sinyal mengenai Anies Baswedan yang akan diusung, atas statemennya yang menyebut bahwa bisa jadi figur yang diusung bukanlah kader PDI Perjuangan.

“PDI Perjuangan akan mengusung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang Penuh Kejutan,” demikian unggahan akun Instagram  pribadi Ono Surono, Kamis (29/8).

Dalam unggahan videonya, Ono mengatakan bahwa PDIP Jabar akan mengusung Calon Gubernur yang bisa saja bukan dari kader PDIP. Bahkan Calon Wakil Gubernurnya pun bisa jadi dari kader partai lain.

“Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh, Baraya Jawa Barat saya sedang di DPW partai, dipastikan PDI Perjuangan akan menusjng calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan menjadi kejutan di Jawa Barat. Siapa itu? pastinya kita tunggu,” kata Ono.

Namun, tegas dia, dipastikan pihaknya akan mengkaji secara cermat dan berhati-hati mengenai siapa yang akan dipercaya untuk menjadi tampuk pimpinan rakyat Jawa Barat, karena Jawa Barat ini merupakan wilayah besar dengan kompleksitas masalah yang besar dan jumlah pemilih yang besar.

“Sehingga bisa saja nanti nanti calon gubernunya bukan kader PDIP, yang juga bisa saja nanti bisa dipasangkan dengan kader partai lain. Siapa itu? Kita tunggu saja dan mohon doanya,” ungkap Ono.

Seperti diketahui, Anies Baswedan batal diusung PDIP di Pilgub Jakarta meski sebelumnya cukup santer isu Anies akan dipasangkan dengan kader PDIP Rano Karno.

Partai berlambang banteng moncong putih ini lebih memilih Pramono Anung sebagai calon gubernur bersama Rano Karno sebagai calon wakil gubernur Jakarta.

BACA JUGA: Jagoan PDIP di Pilkada Jakarta 2024 Masih Tanda Tanya

Pada pertengahan Juni 2024 lalu, Ono Surono sempat melontarkan pernyataan bahwa DPD PDIP Jabar mempertimbangkan untuk mengusung Susi Pudjiastuti yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2024.

Ono menyebut Susi telah mengeluarkan pernyataan siap maju dalam Pilkada Jabar jika diminta oleh masyarakat. Selain itu, PDIP juga sempat melirik calon yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie.

Namun Ilham Habibie yang tak lain adalah putra dari mantan Presiden RI ketiga BJ Habibie itu, kini sudah mengunci diri, menambatkan hatinya untuk mendampingi cagub Jabar usungan PKS Ahmad Syaikhu, yang diusung oleh dua partai besar, yaitu PKS dan NasDem.

“Menurut saya ya cukup menarik figur Susi Pudjiastuti,” ujar Ono.

Sebagaimana diketahui, di Pilkada Jabara 2024 sudah muncul dua pasangan dan sudah mendaftarkan diri ke KPUD Jabar, yakni Dedi Mulyadi – Erwan Setiawan yang diusung Partai Gerindra dan Golkar.

Dedi Mulyadi _Erwan Setiawan diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, dan sembilan partai non parlemen.

Adapun, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga saat ini belum menentukan figur yang akan diusungnya di Pilgub Jabar 2024.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Driver Ojol di Jogja Protes BBM Naik Dua Kali Lip-Cover
Driver Ojol di Jogja Protes: BBM Naik Dua Kali Lipat ,Tapi Tarif Tetap
Kakang Rudianto Akui Emosi
Kakang Rudianto Akui Emosinya Sempat Terpancing Usai Pemain Persib Diintimidasi
Puspa Karima Lokovasia 2024
Mengangkat Tema Perempuan dan Pangan, Puspa Karima Siap Tampil di Lokovasia 2024
Prediksi Skor Timnas U-19 Indonesia vs Thailand
Bikin Lawan Ketar-ketir! Prediksi Skor Tim U20 Indonesia vs Thailand di Seoul Earth On Us Cup 2024
Jembatan Citanduy
Diinisiasi di Jembatan Citanduy, Presiden Jokowi Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Jabar
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

OJK Dorong Pengembangan Potensi Sektor Unggulan Daerah di Jabar

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

24 Selebritis Siap Melenggang ke Senayan, Siapa Saja Mereka?

5

Erick Thohir Sebut Kemenangan Indonesia U-20 atas Argentina Bersejarah
Headline
Petugas Pengamanan Kunjungan Presiden Keracunan
Petugas Pengamanan Kunjungan Presiden Keracunan Makanan, Istana Beri Penjelasan
Kualifikasi Piala Dunia 2026
Maarten Paes dan 25 Pemain Timnas Dipanggil Shin Tae-yong, Lakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026
Paslon Arfi-Yena Keterwakilan Perempuan
Paslon Arfi-Yena Jadi Paslon Satu-satunya yang Memiliki Keterwakilan Perempuan
Puluhan Kendaraan Taktis TNI Disiapkan
Puluhan Kendaraan Taktis TNI Disiapkan, Pengamanan VVIP IAF