Roy Suryo: Rekaman Suara Jokowi yang Ditunjukkan Hasto Itu Asli

rekaman suara jokowi-1
(Fajar)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Rekaman suara Presiden Jokowi terkait kemampuan mengintimidasi lewat aparat penegak hukum (APH) yang ditunjukkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, disebut rekaman asli. Namun, rekaman itu berasal dari suara video pidato Jokowi pada 2019.

Menurut pemerhati telematika Roy Suryo, suara itu merupakan pidato Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakornas Forkominda) di Sentul Internasional Conventuon Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu, 13 November 2019 silam.

“Faktanya, suara yang rekaman yang aslinya berupa video itu memang asli 100 persen berasal dari suara Joko Widodo,” kata Roy Suryo melalui keterangan tertulis, Minggu,(18/08/2024).

Pada saat menunjukkan rekaman suara tersebut Hasto tidak menunjukkan visualnya. Rekaman suara itu diperdengarkan di hadapan wartawan.

Roy mengatakan potongan kalimat tersebut asli karena tidak ada unsur editing. Pidato Jokowi itu diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden dengan durasi sepanjang 38 menit 53 detik.

“Potongan asli kalimat sepanjang sekitar 40 detik itu memang faktanya terdapat pada timecode reader (TCR) 37’34” hingga 38’20” alias sesaat sebelum Joko Widodo mengakhiri sambutannya,” kata Roy.

Eks Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu menambahkan masih banyak masyarakat awam yang tidak bisa membedakan antara proses cut-to-cut, inserting, dan dubbing.

Inserting merupakan sisipan suara lain alias tambahan, sedangkan dubbing adalah penggantian suara dari yang asli menjadi suara lain.

“Jadi selama potongan tersebut hanya dicuplik dari rekaman aslinya saja tanpa disisipi atau ditambah unsur suara lain di depan, di tengah maupun di belakangnya, maka meski sependek apapun rekaman tersebut tetap masih memenuhi syarat teknis sebagai suara asli,” jelasnya.

Sebelumnya, Hasto menilai ada andil Presiden Jokowi terkait arah penegakan hukum. Hasto mencurigai KPK, Kejagung, dan Polri dibisiki Jokowi. Dia mengklaim memiliki rekaman perintah Kepala Negara itu.

“Tadi kan beredar video (rekaman) kan bagaimana Pak Jokowi mengatakan akan menggunakan hukum dan melakukan pembisikan kepada ketua KPK, kepada Jaksa Agung, Kapolri itu tadi video yang saya terima,” kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Sabtu, (17/08/2024).

BACA JUGA: Hasto PDIP Putar Rekaman Suara Mirip Jokowi, Bernada Ancaman?

Dalam pernyataan itu, Hasto memperlihatkan rekaman yang disebutnya perintah Jokowi. Berikut bunyinya:

“Jangan main-main … , yang bikin saya sendiri, lewat cara saya. Bisa lewat KPK, bisa. Bisa lewat Polri, bisa lewat Kejaksaan akan saya bisikin aja, di sana ada yang main-main. Ya masa saya mau ngintip sendiri kan ndak mungkin,” ujar orang dalam rekaman Hasto yang diklaim sebagai Jokowi.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Marc Marquez MotoGP Austria
Tampil Garang di MotoGP Austria 2024, Marc Marquez Bangkit dari Posisi 13 Finis di Empat Besar
Brentford
Hasil Pertandingan: Brentford vs Crystal Palace Berakhir 2-1
BMW CE 02
BMW CE 02 Siap Mengaspal, Punya Fitur Unik Mirip Mobil!
Kuliner Malam Jombang
6 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Jombang
Candi Rimbi Jombang
Lokasi, Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Rimbi Jombang
Berita Lainnya

1

Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Ciri-ciri Kucing Pemburu Tikus yang Baik

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United, Bojan Hodak: Ini Akan Menjadi Laga Yang Sulit
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Mohamed Salah Gol Liverpool
300 Kontribusi Gol untuk Liverpool Ditorehkan Mohamed Salah
Timnas Voli Putra Indonesia
Raih Dua Kemenangan Timnas Voli Putra Indonesia Tempati Posisi Klasemen Rawan