Muhadjir Kunjungi Lokasi Program Makan Gratis di Brazil

program makan gratis
(Kemenko PMK)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi kota Rio de Janeiro, Brazil untuk mempelajari makan siang gratis lewat program pemenuhan gizi yang telah dilakukan pemerintah Brazil.

“Kunjungan ini akan menjadi salah satu benchmark untuk kebijakan yang akan diterapkan di negara kami dalam program makan bergizi gratis yang akan dilakukan pemerintah Indonesia,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengunjungi dua lokasi penyelenggara program makan gratis di Kota Rio de Janeiro yaitu Restaurante Do Povo Herbert de Souza dan Sekolah Negeri Tingkat Atas Colegio Estadual Souza Augiar (CESA).

Restaurante Do Povo Herbert de Souza merupakan restoran komunitas yang menyediakan makan murah dan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu di Brasil.

Di Restaurante do Povo, Muhadjir mendapat penjelasan, warga umum yang datang cukup membayar R$ 3. Sedangkan untuk lansia dan difabel cukup $ 1. Pemerintah melakukan subsidi per porsi sebanyak R$ 2.

“Kami menutup biaya dengan donasi dari berbagai kalangan, termasuk kalangan pengusaha,” kata pimpinan Restaurante do Povo Felipe Carvalho.

Warga yang datang ke Restorante do Povo adalah kalangan miskin, difabel, dan lansia dari lingkungan sekitar. Saat makan siang ketika kunjungan warga antre panjang ratusan orang.

Mereka dilayani untuk mendapatkan sepiring makanan dalam nampan. Menunya nasi, ayam berkuah, sayuran, serta segelas jus jeruk. Mereka lalu duduk makan di aula yang luas dan bersih dengan kapasitas 600 tempat duduk.

Selanjutnya, Muhadjir melihat pelaksanaan program makan siang gratis di Sekolah Menengah Atas CESA. Program makan gratis di sekolah ini merupakan program dari Pemerintah Brasil untuk memenuhi gizi murid-murid di sekolah.

Dalam kunjungan ke Colegio Estadual Souza Aguiar, Muhadjir disambut Kepala Sekolah Andrea Montalvao dan para siswa. Muhadjir melakukan dialog dan meninjau dapur, serta ruang kelas di sekolah tiga lantai ini.

Di papan pengumuman dekat dapur sekolah, tertulis maklumat transparansi biaya makan gratis dari anggaran pemerintah pusat dan negara bagian:

“Informasi penting. Biaya makanan dari negara 13,765.20. Pemerintah federal 9,415.24. Total anggaran yang diterima: 23.180,44. Jumlah Siswa: 769. Nilai per kapita per siswa: R$1,5”

Nilai kurs 1 Real Brazil (R$1) setara Rp2.906. Artinya, biaya makanan gratis di sekolah ini setara Rp4.400.

Muhadjir berbincang langsung dengan para siswa soal makanan yang disediakan dapur sekolah. Mereka mengatakan mendapat makanan variasi, dengan menu pokok nasi, telor, daging, sayuran, serta buah-buahan. Mereka juga mengaku, makanan gratis itu sangat membantu. Jam sekolah siswa di sana sekitar 6 jam.

Muhadjir juga berbincang dengan koki sekolah bernama Rosa di dapur sekolah. Dapur itu berukuran sekitar 4 x 4 meter. Alat-alatnya sederhana, seperti dapur kebanyakan. Namun, kebersihan sangat dijaga. Saat memasuki dapur, wajib mengenakan penutup kepala, menjaga dapur tetap steril.

BACA JUGA: Uji Coba Program Makan Gratis Berjalan, Gibran Minta Masukan!

Kunjungan yang dilakukan Muhadjir ini dilakukan di sela-sela menghadiri agenda Ministeral Meeting Establishment of Global Alliance Against Hunger and Poverty dalam rangkaian pertemuan G20 di bawah Presidensi Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil, pada 23-24 Juli 2024.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Olimpiade Paris 2024-4
Prabowo Hadiri Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024
Pengaliran Gas Bumi Pertama di Kawasan Industri Terpadu Batang
Menteri ESDM Resmikan Pengaliran Gas Bumi Pertama di Kawasan Industri Terpadu Batang
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
Menjajal Kekuatan NMAX TURBO
Menjajal Kekuatan NMAX TURBO saat Touring Jarak jauh NTBT di Jalanan Jawa Barat
Perumda Tirtawening Tandatangani Nota Kesepahaman dengan DPC IKADIN
Perumda Tirtawening Tandatangani Nota Kesepahaman dengan DPC IKADIN Bandung
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Buah Batu Corps Dukung Kang Arfi Rafnialdi Maju Pilwalkot Bandung 2024

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Prospek Bisnis PWB Sebagai Perusahaan Jasa Pengangkut Pertambangan di Indonesia Tahun 2024

5

PT. Tekindo Energi dan Holding Grup PT. GMG Kembali Menyalurkan Bantuan di Lukulamo
Headline
Potensi Kebakaran di Musim Kemarau Meningkat
Potensi Kebakaran di Musim Kemarau Meningkat
Si Jago Merah Kembali Melahap Dua Bangunan
Si Jago Merah Kembali Melahap Dua Bangunan di Kota Bandung
kebakaran pasar caringin
BREAKING NEWS! Pasar Caringin Kota Bandung Kebakaran
Mailson Lima Sudah Tiba di Indonesia
Mailson Lima Sudah Tiba di Indonesia, Persib Bandung Dikabarkan Jadi Tujuan