15 Daftar Jurusan Kuliah di Masa Mendatang, Ada Jurusan AI?

Jurusan Kuliah
Jurusan Kuliah. (istockphoto)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Perkembangan teknologi informasi mendorong perguruan tinggi untuk membuka kuliah jurusan AI atau artificial intelligence.

Jurusan kuliah sangat memengaruhi karier masa depan seseorang. Perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan industri juga mepengaruhi keberadaan jurusan kuliah di masa yang akan datang.

Melansir Politeknik SC, berikut ini merupakan 15 daftar jurusan kuliah yang diprediksi akan dibutuhkan di masa depan.

Daftar Jurusan Kuliah Masa Depan

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI)

AI adalah bidang yang terus berkembang dengan banyak peluang karier di masa depan. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang pengembangan sistem yang dapat meniru kecerdasan manusia, membuka berbagai peluang di sektor teknologi.

2. Keamanan Siber

Dengan meningkatnya ancaman siber, kebutuhan akan ahli keamanan siber semakin tinggi. Jurusan Keamanan Siber akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan untuk melindungi data dan sistem dari ancaman digital.

3. Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi tetap menjadi pilihan utama di masa depan karena perkembangan teknologi yang pesat. Lulusan jurusan ini untuk mengembangkan, memelihara, dan mengamankan sistem teknologi informasi.

4. Teknik Robotika

Teknik Robotika adalah bidang yang akan semakin relevan karena banyak profesi yang tergantikan oleh mesin atau robot. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di bidang robotika dan otomatisasi, yang merupakan kunci dalam industri masa depan.

5. Bioteknologi

Bioteknologi menawarkan solusi inovatif di bidang kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Kebutuhan ahli teknologi akan terus berkelanjutan untuk mengembangkan teknologi yang dapat memecahkan masalah global.

6. Energi Terbarukan

Jurusan ini mempelajari teknologi energi terbarukan untuk masa depan yang berkelanjutan. Ahli di bidang ini akan memainkan peran penting dalam mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang tidak terbarukan.

7. Data Science

Jurusan Data Science menjadi semakin penting dengan meningkatnya hasil jumlah data setiap hari. Lulusan jurusan ini untuk menganalisis data dan memberikan wawasan yang berharga bagi berbagai industri.

8. Ilmu Lingkungan

Meski zaman makin maju, memperhatikan tempat tinggal merupakan yang wajib. Lulusan Jurusan Ilmu Lingkungan untuk mengatasi masalah lingkungan global, di masa depan.

9. Desain UX/UI

Dengan perkembangan aplikasi dan situs web, kebutuhan akan desainer UX/UI terus meningkat. Jurusan ini fokus pada pembuatan antarmuka pengguna yang efisien dan menarik, yang sangat penting untuk produk digital.

10. Psikologi Klinis

Di masa depan, masyarakat akan semakin memperhatikan kesehatan mental. Lulusan Psikologi Klinis dapat menyediakan layanan kesehatan mental yang kompeten dan mendukung kesejahteraan psikologis.

11. Ilmu Material

Jurusan Ilmu Material akan terus dibutuhkan untuk pengembangan material baru yang inovatif. Material baru ini akan penting dalam berbagai industri, dari teknologi hingga kesehatan.

12. Agrikultur Modern

Teknologi pertanian modern sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan global. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk mengembangkan teknologi pertanian yang efisien dan berkelanjutan.

13. Teknik Biomedis

Jurusan Teknik Biomedis mempelajari teknologi medis inovatif untuk diagnosis dan perawatan. Lulusan jurusan ini akan dibutuhkan di industri kesehatan untuk mengembangkan solusi medis baru.

14. Ekonomi Digital

Jurusan Ekonomi Digital mempelajari ekonomi yang didorong oleh teknologi digital. Lulusan jurusan ini akan dibutuhkan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

15. Manajemen Bencana

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di masa depan dan langkah mitigasinya, kebutuhan akan ahli manajemen bencana juga akan semakin tinggi. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menangani dan mengurangi dampak bencana.

BACA JUGA: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi Jalur Mandiri 2024 Unpad, UGM dan Unair!

Calon mahasiswa dapat mempertimbangakan sejumlah jurusan di atas untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Untuk mendapatkan karier yang stabil dan berkembang di masa depan, perlu untuk menganalisa jurusan yang tepat dan memiliki prospek yang tinggi.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kafe korea Bandung
5 Kafe ala Korea di Bandung, K-Popers Wajib Tahu!
Pantai Lembeng Papa Dali
Mengenal Pantai Lembeng Tempat Abunya Papa Dali
Dede saksi palsu kasus vina cirebon
Akui Jadi Saksi Palsu Kasus Vina Cirebon, Dede: 'Saya Siap Gantikan 7 Terpidana di Penjara'
Artis DPR DPD
Artis yang Lolos sebagai Anggota DPR dan DPD
Baju Nathalie Holscher
Nathalie Holscher Nge-DJ Kenakan Pakaian Sopan Jadi Sorotan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Link Nonton Film Bad Boys: Ride or Die Sub Indo Anti Ngantri!

3

PT Tekindo Energi Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Weda Tengah

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Link Streaming Indonesia U19 Vs Timor Leste Piala AFF U19 2024, Selain Yalla Shoot
Headline
Indonesia U19 vs Timor Leste U19 Piala AFF U19 2024
Banjir Gol Indonesia U19 Vs Timor Leste, 6-2 Grup A Piala AFF U19 2024
Dede kasus vina
Aep dan Dede Jadi Target Pertama Bareskrim Polri untuk Bongkar Kasus Vina Cirebon
Surat Bebas dari Kasus Korupsi Untuk Bakal Cabup Jember KPK judi online
KPK Ngotot Tagih Rp1,8 T ke Corpus di Kasus LNG, Kontrak dengan Pertamina Terancam Putus!
Isu Struktur Kementrian kabinet prabowo
Pengamat Sebut Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Diakomodasi Kepentingan