Luncurkan 2 Inovasi, Pemda Majalengka Bakal Berantas Percaloan Tenaga Kerja!

pemda majalengka
(dok. Pemda Kab. Majalengka)

Bagikan

MAJALENGKA,TM.ID: Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Majalengka meluncurkan dua inovasi. Salah satunya bertujuan untuk mengantisipasi praktik percaloan dalam perekrutan tenaga kerja.

Inovasi bernama Sistem Rekrutmen Tenaga Kerja yang Transparan dan Gratis (Sidirut Gaya Artis) digagas DK2UKM Kabupaten Majalengka.

Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Dedi Supandi, secara simbolis meluncurkan dua inovasi tersebut di PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Plant Majalengka, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, pada Selasa (6/2/2024).

Dedi mengatakan, dalam sistem tersebut proses perekrutan tenaga kerja bakal melibatkan Balai Pelatihan Kerja (BLK) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang telah bekerja sama dengan DK2UKM Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Targetkan Rencana Kerja FOLU Net Sink 2030 Segera Rampung

Sistem tersebut baru diterapkan untuk perekrutan tenaga kerja di PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Plant Majalengka.

“Sistem ini baru diterapkan di PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Plant Majalengka, dan menjadi pilot project Sidirut Gaya Artis. Kami berharap, ke depannya akan diikuti perusahaan lainnya di Kabupaten Majalengka, sehingga mereka juga diundang dalam launching hari ini,” katanya.

Ia mengatakan, Sidirut Gaya Artis diluncurkan menindaklanjuti aduan masyarakat terkait praktik pungli dalam perekrutan tenaga kerja di perusahaan di Kabupaten Majalengka.

“Soal percaloan ini dikarenakan ada pertemuan dengan oknum dan terjadi kesepakatan, sehingga DK2UKM membuat sistem untuk memfasilitasi pencari kerja tanpa perlu bertemu melalui BLK maupun LPK, dan Nabati siap menjadi pilot project sistem ini. Kami berharap langkah ini diikuti perusahaan lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan final dari inovasi tersebut juga untuk mengubah budaya warga Majalengka menjadi lebih baik dan naik kelas melalui berbagai cara termasuk pemberantasan praktik percaloan.

“Melalui dua terobosan ini, kami juga meminta setiap OPD di lingkungan Pemkab Majalengka untuk berinovasi. Mininalnya, satu OPD satu inovasi, karena inovasi ini untuk mempercepat waktu untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang harusnya membutuhkan tiga tahun dengan inovasi bisa selesai dalam satu tahun,” ungkapnya.

Sementara Kepala DK2UKM Kabupaten Majalengka, Arif Daryana menyampaikan, secara umum Sidirut Gaya Artis merupakan aplikasi sederhana yang menggunakan barcode dan terkoneksi langung dengan laman perusahaan.

“Nantinya, kami menyiapkan barcode saat PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Plant Majalengka membutuhkan karyawan yang bisa diakses pencari kerja untuk masuk ke website LPK Darma Wangsa Nusantara yang telah ditunjuk dalam perekrutan karyawannya. Kemudian akan diseleksi kualifikasi sesuai kebutuhan, dan diserahkan ke perusahaan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Head of Corporate Human Capital PT KSNI Bani Utomo mengungkapkan, langkah strategis jajarannya menjadi pilot project Sidirut Gaya Artis selaras dengan upaya DK2UKM Kabupaten Majalengka dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan LPK Darma Wangsa yang memiliki alur kerja dan sistem yang terintegrasi dengan Disnaker Kabupaten Majalengka. Melalui manufaktur kami, yang merupakan manufaktur wafer terbesar di dunia dengan luas lahan lebih dari 15 hektare, kami berharap dapat memberdayakan talenta lokal yang unggul serta memberikan kontribusi dalam mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Majalengka yang mencapai 5,71 persen,” katanya.

Di tahap awal, pihaknya dan LPK Darma Wangsa akan menggelar program pelatihan penunjang produksi (helper) di lingkungan manufaktur Majalengka.

Selain itu, langkah strategis ini juga merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah atas implementasi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor PER 22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri.

“Pelatihan PT KSNI melalui LPK Darma Wangsa akan dilaksanakan mulai bulan Maret 2024. Untuk menjadi peserta pelatihan, seorang kandidat wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh PT KSNI. Jika memenuhi persyaratan, maka kandidat dapat mendaftarkan diri melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Majalengka,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, PJ Bupati Majalengka Dedi Supandi pun meluncurkan Majalengka Berbicara (Mabar) yang diinisiasi Diskominfo Kabupaten Majalengka. Kegiatan Mabar tersebut bakal digelar rutin setiap bulannya dengan tema yang berbeda-beda.

Inovasi tersebut dihadirkan sebagai literasi digital yang membahas isu-isu strategis, program dan inovasi maupun sosialisasi Pemkab Majalengka.

(Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Berhenti Berlangganan Gmail
Ingin Berhenti Berlangganan di Gmail? Begini Caranya
Membuat Password
Tips Melindungi Akun dari Serangan Siber, Hindari Password Ini!
vespa primavera batik
Vespa Primavera Batik Sentuhan Ekslusif, Rilis Mendekati 17 Agustus
Persebaya Surabaya Slavko Damjanovic
Persebaya Surabaya Diperkuat Bek Tengah Asal Montenegro
Smelter zink
Pemberdayaan Lahan untuk Smelter Zinc PT KPC Kalteng Harus Dapatkan Status PSN
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba

4

Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Longsor Tambang Emas Gorotalo
Longsor Tambang Emas Gorotalo, 8 Tewas dan 20 Orang Hilang
Mark Up Impor Beras Bulog Penggiringan Opini
Soal Laporan Mark Up Impor Beras, Bulog: Penggiringan Opini
PBSI Tunggu Keputusan Keluarga Zhang Zhi Jie
Soal Jenazah Zhang Zhi Jie, PBSI Masih Tunggu Keputusan Keluarga
Bukayo Saka Melejit Euro 2024
Nama Bukayo Saka Melejit Di Antara Deretan Pemain Berkelas Euro 2024