21 Orang dari 19 Provinsi di Kemah Tari Sasikirana Tampilkan Tubuh dan Tanah

Kemah Tari Sasikirana. (Foto: Dok Instagram)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Sebanyak 21 orang penari terpilih dari 19 provinsi tergabung menjadi peserta Kemah Tari yang dilakukan Sasikirana KoreoLAB & Dance Camp.

Mereka menjadi peserta Kemah Tari dengan judul Tubuh dan Tanah. Kegiatan itu digelar di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Agenda itu dilakukan dari tanggal 12 sampai 18 November 2023.

“Ini merupakan program inkubasi seni tari, berupa pelatihan intensif selama tujuh hari bagi seniman tari muda terpilih dari berbagai penjuru Indonesia,” ucap Direktur Program Kemah Tari, Keni Soeriaatmadja, Sabtu (18/11/2023).

Kolaborasi Sasikiran ini dilakukan bersama Jatiwangi Art Factory dan Yayasan Seni Tari Indonesia. Didukung juga Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

BACA JUGA: Indonesian Humanitarian Alliance Kirimkan Bantuan 6,6 Ton Logistik ke Palestina

Adapun pendaftar program Kemah Tari 2023 sebanyak 90 penari dari 23 provinsi di Indonesia. Mereka diseleksi dan lolos berjumlah 21 orang.

Keni menjelaskan selama sepekan mereka dilatih melakukan olah tubuh, diskusi dan latihan koreografi.

“Kuliah khusus bersama narasumber, riset kebudayaan masyarakat Majalengka. Pelatihan itu melibatkan mentor pemateri Hartati sebagai koreografer, Adinda Luthvianti sebagai dramaturg, Hanafi seorang pelukis, Rianto sebagai penari dan koreografer, dan kolektif seni Ligna dari Jerman,” katanya.

Dia melanjutkan, lokasi latihan tersebar di Jatiwangi Art Factory, pabrik genteng, Kampung Wates, dan  Posyandu Terracotta.

Pertunjukan hasil dari latihan dilaksanakan pada hari terakhir, Sabtu (18/11/2023). Area yang dipilih berada di salah satu pabrik genteng yang ada di area Kecamatan Jatiwangi.

Keni mengatakan, Kemah Tari sudah berdiri sejak 2015 sebagai acara tahunan. Dalam program ity mempertemukan sekitar 20 sampai 25 seniman tari muda potensial. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas diri dan wawasan artistik.

“Membanguna jejaring seniman tari kontemporer muda Indonesia dan membuka akses bagi penguatan ekosistem seni tari kontemporer yang lebih merata di Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA: Ribuan Seniman Meriahkan Helaran Senin di The Lodge Maribaya

Adapun tujuan lainnya untuk melakukan pemetaan talenta tari muda potensial dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk memberikan kesempatan seniman tari Indonesia, untuk berkontribusi pada pengembangan seni tari daerah Jatiwangi dan sekitarnya, serta memproduksi pengetahuan tari Indonesia.

Pesertanya adalah Ahmad Farhan (Luwu), Bade Kurniawan Arrasyid (Aceh), Bella Asmanabillah (Belitung), Deki Darmawan (Kendari), Devi Nur Savitri (Purwodadi), Fachry Matlawa (Jayapura), Fauhid Sudarsono (Majalengka), Hasna Fitriyah (Jakarta), Mashalina Anugraheni (Tenggarong), Muh. Emi Syafriliandi (Deli Serdang), dan Ni Putu Aristadewi (Bali).

Kemudian Nur Aidilla Safitri (Siak), Nurrachma Dinda Chairani (Tanjung Selor), Puji Rahayu S (Jambi), Rezaldi Pipii (Gorontalo), Rines Onyx Tampubolon (Tanjung Pinang), Sulhan Jamil (Lampung), Theodora Melsasail (Maluku), Tirta Nopa Tarani (Barito Timur), Wahyuddin Lahang (Makassar), serta Yogi Afria M. Yusuf (Solok).

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
ufc 299
Cara Nonton Ulang UFC 299 Menggunakan VPN, Simak Sampai Beres
TPA
Mengintip 4 TPA Terbesar di Dunia, Solusi atau Masalah Baru?
Belanda vs Austria EURO 2024
Belanda Vs Austria Grup D EURO 2024, Ronald Koeman Akui Kekuatan Das Team
Lafaz doa menghilangkan jerawat
Lafaz dan Arti Doa Menghilangkan Jerawat
kita ke sana
Lirik Lagu KITA KE SANA - Hindia
Berita Lainnya

1

Kalahkan Italia 1-0 Spanyol Lolos Babak Knockout Euro 2024

2

Travis Scott Ditangkap Lantaran Mabuk Berat dan Masuk Tanpa Izin

3

Resesi Seks China Makin Parah, Pemuda Rela Bayar AI Demi Dapat Pasangan

4

Fakta Baru Kematian Scott Weiland Diungkap Mantan Istri, Bukan Overdosis!

5

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo
Headline
Tamayo Perry Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas
Tamayo Perry, Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas Diserang Hiu di Hawaii
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota bandung
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bandung Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos Rp664 Juta
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate, Tolak Pemberlakuan Tarif Murah
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024 Imbas Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik