BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Jangjawokan merupakan bagian penting dari budaya Sunda Buhun yang teroakai dalam berbagai kegiatan sehari-hari seperti nyepah, digerenteskeun, atau terucapkan dalam hati.
Jangjawokan menjadi bagian dari tatanan hidup masyarakat Sunda Buhun, mencerminkan harmonisasi dengan alam. Puisi ini terpakai dalam berbagai konteks, mulai dari bergaul, bekerja, hingga berdoa.
Dalam tradisi Sunda, Jangjawokan terpakai sebagai bentuk puisi dan memiliki nilai magis. Sastrawan Sunda seperti Wahyu Wibisana, Rus Rusyana, dan Ajip Rosidi menggolongkan sebagai bentuk puisi Sunda.
Jangjawokan diyakini memiliki kekuatan magis untuk memulangkan kuasa-kuasa imajiner yang dianggap melanggar wewenangnya.
Ada jangjawokan untuk menanam bibit, ngaseuk, tandur, panen, nyiuk beas, nyangu, mawa beas ticai, ngisikan, seperti salah satu contoh dibawah ini :
Jangjawokan sunda
Seureuh seuri
Pinang nanggeng
Apuna galugaet angen
Gambirna pamuket angen
Bakona galuge sari
Coh nyay, parupat nyay, loeko lenyay
Cucunduking aing taruk harendong
Cucunduking aing taruk paku hurang
Keuna asihan awaking
Asihan si leuget teureup
Jampe Nyimpen Beas
Mangga Nyi Pohaci
Nyimas Alame Nyimas Mulane
Geura ngalih ka gedong manik ratna inten
Abdi ngiringan
Ashadu sahadat panata, panetep gama
Iku kang jumeneng lohelapi
Kang ana teleking ati
Kang ana lojering Allah
Kang ana madep maring Allah
Iku wuju salamaet ing dunya
Salamet ing akherat
Asahadu anla ila haileloh
Wa ashadu anna Muhammaddarrasolullah
Abdi seja babakti kanu sakti, agung tapa
Nyanggakeun sangu putih sapulukan
Kukus kuning purba herang
Tuduh kang seseda tuhu
Datang ka sang seda herang
Tepi ka kang seda sakti
Nu sakti neda kasakten
Neda deugdeugan tanjeuran
Jampe Ngisikan (mencuci beras) :
Mangga Nyimas Alene Nyimas Maulene
Geura siram dibanyu mu’min
Di Talaga Kalkaosar
Abdi ngiringan
Nyi Pohaci Budugul Wulung
Ulang jail babawaan kaula
Heug
Nyi Pohaci Barengan Jati
Ulah jail kaniaya
Ka Nyi Pohaci Sukma Jati
heug
BACA JUGA : Jangjawokan, Puisi Magis dalam Kebudayaan Sunda
Jangjawokan juga mencakup doa-do a untuk berbagai keperluan, seperti belajar atau mendapatkan petunjuk. Pemahaman tentang Jangjawokan menunjukkan hubungan yang erat antara masyarakat Sunda dengan nilai-nilai spiritual dan kepercayaan pada kekuatan gaib.
Dengan demikian, Jangjawokan menjadi bagian integral dari warisan budaya dan spiritualitas masyarakat Sunda.
(Hafidah Rismayanti/Budis)