BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mendorong Bandung Week Market sebagai ajang naik kelas bagi pelaku usaha di Kota Bandung.
Menurutnya, kegiatan ini merupakan misi dagang bagi produk ekspor unggulan Kota Bandung yang ada di bawah naungan Pemkot Bandung
Sebelumnya seperti diketahui, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) bersama Dekranasda Kota Bandung menginisiasi kegiatan Bandung Week Market 2024 di Beachwalk Shopping Center, Bali, 7-12 Mei 2024.
Pada gelaran kali ini, Bandung Week Market menghadirkan 20 pelaku usaha dari Kota Bandung dengan berbagai kategori produk antara lain Fashion, Fashion Aksesoris, Kuliner (Makanan dan Minuman dalam kemasan) dan Home Décor Product. Selain itu, ada juga 2 tenan UMKM Kabupaten Badung yang mengikuti acara ini.
“Kami meyakini Bandung Week Market merupakan pilihan kebijakan yang jitu guna mengantarkan produk-produk lokal UMKM, naik kelas ke skala nasional dan akhirnya diekspor ke negara lain,” kata Hikmat Ginanjar
Selain itu, Hikmat menyebut Beachwalk Shopping Center yang terletak di Kabupaten Badung, Bali, dijadikan tempat untuk unjuk gigi para pelaku usaha UMKM Kota Bandung karena kerja sama antar pemerintah daerah yang baik, dengan modal kreativitas yang sama-sama dimiliki.
“Kabupaten Badung dipilih sebagai tempat showcase produk lokal kami karena memang sejak lama Pemkot Bandung dan Pemkab Badung sudah menjalin kerja sama yang baik. Badung adalah hub ekspor bagi Kota Bandung,” ucapnya
BACA JUGA: Produk UMKM Kota Bandung Jadi Primadona di Beachwalk Shopping Center Bali
Hikmat berharap, Bandung Week Market dapat membuka peluang lebih luas bagi para pelaku usaha lokal Kota Bandung untuk memasarkan produk-produknya hingga pasar internasional.
“Kami mengajak kepada semua warga Kabupaten Badung khususnya dan masyarakat Bali, untuk datang mengunjungi Bandung Week Market 2024. Sebelum berwisata ke Kota Bandung, tidak ada salahnya warga di sini berkenalan dulu dengan produk lokal Kota Bandung,” ujarnya
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandung yang telah memilih wilayah Bali untuk destinasi gelaran Bandung Week Market edisi 2024. Ia berharap, kegiatan ini bisa berlanjut.
Selain itu, Widiana menyebut tahun depan pihaknya berencana menggelar acara yang sama di Kota Bandung.
“Kami sudah mengagendakan 20 UMKM (untuk menggelar acata serupa). Semoga dapat membalas buka event di Kota Bandung,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, Eko yang merupakan salah seorang pemilik UMKM peserta Bandung Week Market merasa sangat senang dapat terpilih mewakili Kota Bandung di acara ini. Pemilik jenama Cikopi Mang Eko yang menjual produk kopi khas Kota Bandung ini juga mengaku optimis, produknya dapat digemari oleh masyarakat di sekitar Bali.
“Di sini pecinta kopinya juga banyak. Harapannya, ini bisa jadi momen produk kami naik kelas,” ujarnya.
(Rizky Iman/Usk)