BALI,TM.ID : Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun merespon keluhan 17 wisatawan mancanegara (wisman) yang mengeluhkan suara kokok ayam di pagi hari saat mereka menginap di penginapan Anumaya Bay View Jimbaran di Badung.
Dispar Bali telah bertindak cepat dan mempertemukan pemilik ayam dan penginapan untuk mencari solusi terbaik untuk masalah tersebut.
“Wisatawan harus memahami kearifan lokal saat memilih tinggal di daerah pemukiman warga. Suara kokok ayam adalah hal yang umum terdengar di Bali dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat,” Ujar Tjok di Karangasem, Senin (7/3/2023).
Tjok Bagus juga menawarkan solusi kepada para wisatawan yang ingin menghindari masalah tersebut dengan tinggal di hotel.
BACA JUGA: Pariwisata Bali Butuh Dukungan Keamanan Standar Internasional
Pada saat yang sama, Tjok Bagus menekankan bahwa pihaknya akan menata kembali agar pariwisata lebih tertib dan memastikan wisatawan memahami kearifan lokal di Bali.
Hal ini penting untuk memastikan pengalaman wisatawan yang lebih baik dan untuk menjaga keberlangsungan pariwisata di Bali.
Dengan Dispar Bali yang cepat bertindak dan memberikan solusi yang tepat, diharapkan para wisatawan mancanegara akan lebih memahami kehidupan lokal dan menghargai kebudayaan setempat.
(Budis)