JAKARTA,TM.ID: TikTok Shop dipastikan akan kembali ke Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh perwakilan GoTo yang menyebutkan GoTo dan Tiktok telah sepakat untuk berkolaborasi, Senin, (22/12/2023).
“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” ujar perwakilan GoTo dalam keterangan tertulisnya, Senin, (11/12/2023).
TikTok mengumumkan, bakal berinvestasi sekitar Rp23,3 triliun ke GoTo sebagai bentuk komitmen jangka panjang dalam mendukung operasionalnya.
Kolaborasi antar kedua aplikasi e-commerce tersebut sebagai bentuk dukungan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital dan memperluas pasar UMKM.
BACA JUGA: Kerjasama dengan TikTok, Peluang Tokopedia Ungguli Shopee?
Selain itu, kerjasama tersebut akan menggarap sektor keuangan digital melalui goTo financial dan on-demand services dari Gojek.
Kerjasama anta dua raksasa starup itu akan dimulai pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023.
Semua kegiatan yang dilakukan keduanya diawasi langsung pihak kementrian, terkait prodok-produk yang ada di Tokopedia dan TikTok, khususnya produk Indonesia.
“Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” tukas GoTo.
(Budis)