BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Yamaha kembali mengebrak pasar otomotif tanah air dengan merilis Yamaha Nmax Turbo. Skutik matic ini hadir membawa inovasi yang menggugah rasa penasaran banyak orang.
Meskipun menggunakan nama “Turbo”, Yamaha tidak menyematkan komponen turbo pada mesin berkapasitas 155 cc ini. Sebaliknya, pabrikan menggunakan sistem CVT (Continuously Variable Transmission) baru yang lebih canggih.
Sistem ini tidak lagi mengandalkan gaya sentrifugal roller di puli untuk mengatur tenaga mesin ke roda, melainkan menggunakan mekanisme yang dikontrol oleh sensor khusus.
Spesifikasi Nmax Turbo
BACA JUGA: Skema Kredit Terendah Honda BeAT 2024, Cicilan Ringan!
Secara visual, Yamaha Nmax Turbo mempertahankan ciri khas skuter Maxi, namun dengan beberapa pembaruan signifikan pada bagian depan dan belakang.
Lampu depan kini menggunakan LED Proyektor yang memberikan tampilan lebih modern dan sporty. Sedangkan sein LED mempertegas kesan futuristik motor ini. Bagian belakangnya juga mengalami perubahan, dengan desain yang lebih ramping dan aerodinamis.
Dimensi Yamaha Nmax Turbo sedikit berubah dari versi pendahulunya. Motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm.
Tinggi joknya kini 770 mm, bertambah 5 mm dari versi sebelumnya, sedangkan jarak terendah ke tanah meningkat menjadi 135 mm.
Yamaha Nmax Turbo menggendong mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang terkenal andal dan kuat. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Dengan sentuhan teknologi baru, mesin ini menawarkan akselerasi gesit serta efisien.
Salah satu nilai jual Nmax Turbo adalah penggunaan inovasi Yamaha Electric CVT (YECVT). Teknologi ini menggantikan sistem CVT konvensional dengan mekanisme yang lebih canggih, yang memungkinkan pengendara mengatur tenaga mesin dengan lebih presisi.
Nmax Turbo menwarkan fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan dan S-Mode (Sport Touring) untuk perjalanan jauh atau medan yang lebih menantang. Mode ini dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada stang kemudi kiri.
Fitur Y-Shift pada Nmax Turbo memberikan sensasi berkendara layaknya menggunakan turbo. Dengan tiga tingkatan, yaitu Low, Medium, dan High, Y-Shift membantu pengendara dalam akselerasi cepat serta deselerasi saat menghadapi jalan menurun atau tikungan tajam.
Hasil pengujian internal Yamaha, klaimnnya mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik, lebih cepat dari versi sebelumnya yang membutuhkan 7,43 detik.
Dalam pengetesan jarak 200 meter, Nmax Turbo memiliki keunggulan jarak 9,2 meter lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Dalam pengujian di medan menanjak dengan kemiringan 10 derajat dan jarak 150 meter, Nmax Turbo mampu mencapai waktu 11,73 detik, sedangkan versi sebelumnya membutuhkan 12,33 detik.
Hal ini menunjukkan peningkatan performa yang signifikan berkat teknologi baru yang disematkan.
Varian dan Harga
Melansir laman Yamaha, tersedia dalam beberapa varian dengan fitur yang berbeda:
- Varian Neo: Dilengkapi dengan Y-Connect dan Electric Power Outlet.
- Varian Neo S: Menambahkan fitur Smart Key System.
- Varian Nmax Turbo: Dilengkapi dengan YECVT selain fitur di atas.
- Varian Turbo Tech Max: Menambahkan Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, dan Spesial TechMax Seat.
Adapun pilihan warna, variasinya:
- Neo dan Neo S: Black, Red, Dull Blue, dan White.
- Turbo: Black Magma dan Elixir Dark Silver.
- Turbo Tech Max: Magma Black.
Harga untuk setiap varian adalah sebagai berikut:
- Varian Neo: Rp 32.700.000
- Varian Neo S: Rp 33.700.000
- Varian Turbo: Rp 37.750.000
- Varian Turbo Tech Max: Rp 43.250.000
- Varian Turbo Tech Max Ultimate: Rp 45.250.000
Dengan segala keunggulan dan inovasinya, Nmax Turbo siap menjadi pilihan utama bagi penggemar skuter matik di Indonesia. Teknologi canggih dan desain yang menawan membuatnya unggul di kelasnya.
(Saepul/Aak)