BANDUNG,TM.ID: Tidak sedikit orang yang tak mengetahui bahwa Isuzu Panther matic pernah hadir di Indonesia, Meskipun populasi mobil ini tidak begitu banyak.
Generasi Panther kapsul dan Touring merupakan varian Isuzu Panther yang paling umum ditemui di tanah air. Namun, jangan remehkan keunggulan yang dimiliki oleh Panther matic.
Bicara soal harga, saat ini Isuzu Panther matic dapat ditemukan dengan harga sekitar Rp80 juta untuk mobil keluaran tahun 2001. Sementara itu, harga pasar Isuzu Panther keluaran 2005 masih cukup tinggi, mencapai angka Rp150 jutaan.
Berikut Kelebihan Isuzu Panther Matic
Performa mesin lebih bertenaga karena mudah dimodifikasi
Secara spesifikasi mesin, Isuzu Panther masih menggunakan mesin konvensional dengan teknologi OHV 8 katup. Torsi pada versi otomatis (AT) maupun manual (MT) sama-sama mencapai 190Nm.
Meskipun dilengkapi dengan turbo, kode mesinnya adalah 4JA-1L bukan 4JA-1T, yang berarti turbo hanya berfungsi untuk memperbaiki emisi gas buang. Banyak yang mengakui bahwa tarikan pada Panther matic terasa lambat. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengaturan TPS (Throttle Position Sensor) yang tidak tepat.
Pada sistem transmisi konvensional Isuzu Panther, perpindahan gigi dikendalikan oleh TPS ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup menggunakan avometer digital untuk mengatur TPS. Dengan melonggarkan soket kabel TPS dari soket, kemudian menghubungkannya ke kutub positif tengah soket dan menghubungkan kutub negatifnya ke bodi atau aki, dapat mengendurkan baut pengaturan TPS sesuai dengan voltase yang diinginkan.
Untuk meningkatkan tarikan mobil, bisa dilakukan modifikasi pada pompa bosch dengan mengganti rotor head yang lebih besar. Selain itu, dapat menggunakan custom lever arm agar pembukaan throttle pada pompa bosch lebih besar pada putaran awal.
Cocok digunakan dengan solar subsidi dan lebih irit
Keunggulan kedua yang sangat diinginkan adalah kemampuan Isuzu Panther matic untuk menggunakan solar subsidi dengan baik. Dengan teknologi mesin yang sederhana, Panther matic tetap dapat beroperasi secara aman dan efisien dengan menggunakan solar subsidi.
Pada varian matic ini, konsumsi solar dapat mencapai tingkat irit yang sama dengan versi manual. Transmisi matic Isuzu Panther ini memberikan kenyamanan dan kelancaran dalam penggunaannya, dengan lock up converter yang aktif pada gigi ketiga. Hal ini menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan.
Panther matic dilengkapi dengan fitur OD/OFF yang memudahkan saat melakukan overtaking atau melewati tanjakan panjang dengan kemiringan yang curam dan membutuhkan perlawanan pada gigi ketiga. Sistem perpindahan gigi otomatis pada Isuzu Panther sudah menggunakan sistem full electrical, sehingga perpindahan gigi menjadi lebih tepat waktu dan presisi.
Transmisi matic yang handal
Perbedaan utama pada varian ini terletak pada transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang digunakan. Isuzu menggunakan transmisi Aisin AW03-72 4-speed yang merupakan produk dari anak perusahaan Toyota, yaitu Aisin.
Transmisi ini sangat populer di banyak mobil, termasuk di Indonesia, dan digunakan pada beberapa model seperti Suzuki APV, Kijang Kapsul, Suzuki Vitara, Mitsubishi Kuda, dan Volvo 960.
Perawatan rutin transmisi matic pada Isuzu Panther juga tidak sulit, hanya memerlukan penggantian oli transmisi setiap 20 ribu kilometer. Jumlah oli yang dibutuhkan sebanyak 3 liter. Selain itu, pemilik Isuzu Panther matic perlu membersihkan strainer atau filter oli secara rutin.
BACA JUGA:Â Harga Isuzu Panther 2000 Bekas Bikin Ngiler
(Dist)