KABUPATEN BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Akademi Pelayanan Teknik (Yantek) ini merupakan program yang digelar oleh PLN UP3 Majalaya bagi petugas Yantek yang tersebar di 6 Unit Layanan Pelanggan (ULP) yakni, ULP Majalaya Kota, ULP Soreang, ULP Rancaekek, ULP Banjaran, ULP Baleendah dan ULP Prima Majalaya.
Manager PLN UP3 Majalaya Hafazah menuturkan, Akademi Yantek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas Yantek seputar teknik pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) dan Instruksi Kerja (IK), alat kerja dan alat ukur pada pekerjaan Yantek, serta budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Dia berharap, para petugas Yantek di setiap ULP dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari instruktur PLN yang kompeten pada bidangnya selama pelatihan tersebut.
Hafazah menyampaikan, pentingnya penyegaran kembali terkait pelayanan petugas dan pentingnya budaya K3 untuk seluruh petugas Yantek yang ada di wilayah kerja PLN UP3 Majalaya.
Salah satu tujuan diadakannya kegiatan Akademi Yantek adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan teknik PLN kepada seluruh pelanggan baik secara teori maupun praktek lapangan.
“Dengan kegiatan ini, kami berharap para petugas mendapat penyegaran kembali akan pengetahuan yang sudah pernah didapat serta memahami dan menguasai teknik-teknik terbaru dalam pekerjaan mereka,” ujar Hafazah.
BACA JUGA: PLN Dorong Pengembangan Sektor UMKM Lewat Kemudahan Layanan
Adapun materi yang diperoleh selama masa pelatihan terdiri dari Hearty Service, Refreshing OMYO, Aplikasi EAM Maximo, serta Implementasi Budaya K3.
Sedangkan untuk praktek lapangan petugas dibekali materi seperti: Pemeliharaan dan pengoperasian SUTR, Pemeliharaan dan pengoperasian SUTM, Pemeliharaan dan pengoperasian Gardu Distribusi, dan PS4.
Kegiatan Akademi Yantek pada kesempatan ini diikuti oleh 171 petugas yang terbagi menjadi 4 batch.
“Harapan kami dengan adanya akademi yantek ini dapat meningkatkan softskill maupun hardskill dari seluruh petugas pelayanan teknik, sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik, tepat dan cepat, tanpa mengesampingkan pentingnya K3 di setiap pekerjaan. Dengan pelayanan yang PLN berikan ini diharapkan dapat menghasilkan respon yg positif juga dari masyarakat,” urainya.
Sementara itu Susiana Mutia General Manager menyambut dengan baik kegiatan Akademi pelayanan teknik ini.
“Melalui kegiatan ini saya sangat berharap pemahaman dan pelayanan petugas pelayanan teknik semakin baik, dan tentu saja ini akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.” tutup Susi.
(Budis)