Pemprov Jabar Luncurkan Layanan Aduan dan Hotline Terintegrasi

Penulis: Budi

Layanan Aduan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah.(Foto: Dok.Pemprov Jabar).
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) baru saja meluncurkan Layanan Aduan dan Hotline Terintegrasi. Layanan ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan masukan, keluhan, dan saran terkait pelayanan publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan, masih terdapat kebingungan di kalangan warga mengenai bagaimana mendapatkan informasi atau solusi terkait layanan publik.

“Kami bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan dan efektivitas sistem pengaduan kami untuk mengatasi dan merespons isu-isu yang dialami oleh warga,” kata Ika, Rabu (13/3/2024)

Terdapat 3 fitur utama dalam layanan terintegrasi ini yaitu Aduan Warga, Hotline Jabar, dan Nomor Darurat. Setiap fiturnya memiliki fungsi yang berbeda yang sudah bisa dimanfaatkan oleh warga Jawa Barat via Sapawarga Jabar Super App.

Fitur Aduan Warga berfungsi untuk menindaklanjuti aduan publik yang bersifat non-darurat kategori infrastruktur, permasalahan sampah, dan pengaduan layanan pemerintah.

Fitur ini atau bisa disebut Sistem Pengaduan Elektronik Terintegrasi sudah terintegrasi dengan aplikasi TRK (Tunjangan Remunerasi Kinerja) ASN sehingga aduan dapat ditindaklanjut secara langsung dan cepat oleh perangkat daerah terkait. Selanjutnya, warga bisa melihat status aduan dan riwayat penindaklanjutan aduan secara real-time di Sapawarga.

BACA JUGA: Bey Pastikan Stok Beras Jabar Aman Hingga Lebaran

Terdapat juga fitur Hotline Jabar yang menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah kota/kabupaten melalui penyediaan informasi yang meliputi layanan kedaruratan, layanan informasi, dan aduan warga dalam bidang prioritas pada kategori layanan kesehatan, kependudukan, ketenagakerjaan, infrastruktur, dan lain-lain.

Kehadiran layanan terintegrasi ini diharapkan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Responsivitas dan transparansi pemerintah terhadap aduan warga juga menjadi salah satu faktor penting terutama dalam membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat.

Partisipasi warga juga diharapkan untuk terlibat secara aktif dalam proses pengawasan dan peningkatan kualitas layanan publik serta kebijakan pemerintah.

 

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Inter Milan
Cristian Chivu Resmi Jadi Pelatih Baru Inter Milan
Garnacho
Arsenal Tertarik Rekrut Alejandro Garnacho dari Manchester United
Timnas Indonesia
Jelang Lawan Jepang, Patrick Kluivert Akui Tantangan Berat bagi Timnas Indonesia
Festival Desa Wisata
Festival Desa Wisata 2025 Nostalgia Bareng Budaya dan Kuliner Asli Bogor
mengatasi iCloud penuh
Smartphone Rasa Penjara! Begini Cara Korea Utara Kendalikan Pikiran Lewat Teknologi
Berita Lainnya

1

Kelola Dana Otsus Kabupaten Mimika, DPRP Papua Tengah Minta Bentuk OPD Khusus

2

Penumpang Garuda Indonesia Kehilangan iPhone, Diduga Dicuri Kru Pesawat

3

BMKG Ingatkan Nelayan Waspadai Tinggi Gelombang Selatan Banten Bisa Capai 4 Meter

4

Pengawasan Dilakukan, Kemenhut Siapkan Langkah Hukum Terkait Aktivitas Tambang di Raja Ampat

5

Kisah Epik Fajar Nugraha yang Sukses Membangun Bisnis Sepatu Wanita
Headline
Timnas Indonesia
Link Live Streaming Jepang vs Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selain Yalla Shoot
Remaja Brebes temui KDM - Instagram Infipop ID
Remaja Asal Brebes Ngayuh Sepeda Ratusan Kilometer Demi Temui KDM
Fajar Nugraha Founder Adorable Project - YouTube JNE ID
Kisah Epik Fajar Nugraha yang Sukses Membangun Bisnis Sepatu Wanita
iphone penumpang garuda hilang
Penumpang Garuda Kehilangan iPhone, Seluruh Awak Kabin Dibebastugaskan!

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.