BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Sebagai permaianan yang paling populer di dunia, rubik 3×3 sebagai permainan untuk mengasah otak, karena banyak pemain terutama pemula yang terjebak pada tahap First Two Layers (F2L).
Tahap First Two Layers (F2L) yaitu menggabungkan penyelesaian lapisan pertama dan kedua secara bersamaan, sehingga membuat proses lebih efisien.
Jika dilakukan dengan tepat, F2L dapat memangkas waktu penyelesaian rubik secara signifikan.
Artikel ini akan membahas berbagai kasus F2L dan algoritma sederhana yang dapat membantu pemain meningkatkan kecepatan dalam menyelesaikan Rubik 3×3.
Namun sebelum itu, penting untuk memahami istilah-istilah dasar yang digunakan dalam rumus rubik.
Memahami Istilah dalam Rubik 3×3
Beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam rumus Rubik 3×3 adalah:
- U dan U’: Memutar bagian atas rubik, U searah jarum jam, U’ kebalikan.
- D dan D’: Memutar bagian bawah rubik, D searah jarum jam, D’ kebalikan.
- R dan R’: Memutar bagian kanan rubik, R searah jarum jam, R’ kebalikan.
- L dan L’: Memutar bagian kiri rubik, L searah jarum jam, L’ kebalikan.
- F dan F’: Memutar bagian depan rubik, F searah jarum jam, F’ kebalikan.
- B dan B’: Memutar bagian belakang rubik, B searah jarum jam, B’ kebalikan.
- Rw dan Rw’: Memutar baris kanan bersama baris tengah rubik searah jarum jam, Rw’ kebalikannya.
- Lw dan Lw’: Memutar baris kiri bersama baris tengah rubik searah jarum jam, Lw’ kebalikannya.
Istilah lain yang perlu diketahui:
- Center: Bagian tengah rubik yang tidak bisa dipindahkan.
- Corner: Bagian ujung rubik (ada 8 corner).
- Edge: Bagian tengah antara corner (ada 12 edge).
- Layer: Tingkatan pada setiap sisi rubik (layer 1, layer 2, dan layer 3).
Kasus F2L yang Sering Ditemui
Berikut ini beberapa kasus F2L yang sering ditemui, beserta algoritma yang digunakan untuk menyelesaikannya:
1. Posisi Warna Putih Corner di Atas dan Warna Edge Cocok
Algoritma: U-R-U’-R’-U’-R-U’-R’-U-R-U’-R
Untuk sisi kiri: U’-L’-U-L-U-L’-U-L-U’-L’-U-L
2. Posisi Warna Putih Corner di Samping Edge dengan Warna Atas Sama
Algoritma: R’-D’-R-U’-R’-D-R-U-R-U’-R’
3. Edge Sudah Masuk Namun Warna Berlawanan dan Corner Putih di Kanan
Algoritma: Rw-U’-Rw’-U2-Rw-U-Rw’
4. Corner Putih di Atas Namun Warna Edge dan Corner Berbeda
Algoritma: R-U-R’-U’-R-U-R’-U’-U’-F’-U-F
Tips Teknik F2L
Agar lebih efisien dalam menyelesaikan F2L, berikut adalah beberapa teknik yang bisa kamu terapkan:
Look Ahead Look ahead adalah teknik untuk mempercepat proses F2L dengan cara melihat kemungkinan langkah selanjutnya sebelum eksekusi. Kebanyakan pemain pemula melakukan F2L satu slot warna demi satu slot, yang memperlambat proses.
Dengan look ahead, pemain dapat menganalisis beberapa slot sekaligus, sehingga begitu satu slot selesai, langkah berikutnya sudah siap dieksekusi tanpa perlu berhenti untuk mencari.
Contoh perbandingan look ahead:
- Tanpa look ahead: Mencari edge, corner & slot → Eksekusi → Mencari lagi → Eksekusi (berulang 4 kali).
- Dengan look ahead: Mencari edge, corner & slot → Eksekusi → Langsung eksekusi tanpa perlu mencari lagi.
Dengan teknik look ahead, pemain hanya perlu mencari dua kali untuk empat slot F2L, sehingga mempercepat penyelesaian rubik.
BACA JUGA: Baterai MG4 EV Berteknologi Rubik’s Cube, Intip Keunggulannya
Menguasai teknik F2L merupakan kunci bagi pemain pemula untuk meningkatkan kecepatan dalam menyelesaikan Rubik 3×3. Memahami berbagai kasus F2L dan menerapkan algoritma yang tepat, serta menggunakan teknik seperti look ahead, Anda dapat memangkas waktu penyelesaian dengan cepat dan menjadi lebih mahir dalam permainan ini.
(Virdiya/Budis)