MotoGP Tingkatkan Popularitas di AS, Terkendala Lintasan Safety

Penulis: Budi

Ilustrasi - Sirkuit Catalunya, (Foto: MotoGP).

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID – MotoGP terus memperkuat upayanya untuk meningkatkan popularitas di pasar Amerika Serikat (AS).

Kepala Komersial Dorna Sports, Dan Rossomondo, mengungkapkan, meskipun tantangan tetap ada, perkembangan signifikan telah terlihat dalam beberapa tahun terakhir.

MotoGP saat ini hanya menggelar satu balapan tahunan di AS, yaitu di Circuit of the Americas (COTA), Texas. Namun, diskusi untuk menghadirkan balapan kedua di negara tersebut terus dilakukan.

“Jumlah orang yang mengatakan mereka belum pernah mendengar olahraga kami 12 bulan yang lalu, dan sekarang mereka menontonnya, terus meningkat. Ini adalah bukti bahwa kami membuat kemajuan,” kata Rossomondo kepada Sports Business Journal, dikutip Sabtu (11/1/2024)

Rossomondo, yang bergabung dengan Dorna Sports pada 2022 setelah menjabat sebagai kepala pemasaran dan media global di NBA, menyadari bahwa ekspansi MotoGP di AS bukanlah tugas yang mudah.

“Saya tahu ini akan sulit. Namun, ini menjadi tanggung jawab saya dan tim untuk memprioritaskan langkah-langkah strategis ke depan,” ujarnya.

Berbeda dengan Formula 1, yang saat ini menggelar tiga balapan tahunan di AS, MotoGP menghadapi kendala terkait kebutuhan lintasan.

BACA JUGA: Jorge Martin Ungkap Perjuangan Berat Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2024

Lintasan yang digunakan untuk balapan MotoGP harus memenuhi standar keselamatan khusus, sehingga memperluas jumlah balapan di AS memerlukan waktu dan upaya ekstra.

“Kami tidak dapat dengan cepat menambah jumlah balapan di AS karena pertimbangan keselamatan khusus pada lintasan. Namun, kami terus mencari cara lain untuk meningkatkan eksistensi MotoGP di sini,” jelas Rossomondo.

Dalam upaya memperluas jangkauan, akuisisi Dorna Sports oleh Liberty Media  yang juga merupakan pemilik Formula 1 diharapkan dapat memberikan dorongan lebih besar bagi MotoGP di pasar AS.

Namun, akuisisi tersebut masih tertunda akibat penyelidikan dari Uni Eropa.

Meski demikian, Rossomondo tetap optimistis.

“Saya benar-benar merasa kami membuat kemajuan, 100%. Saya yakin tahun ini kita akan melihat hasil dari kerja keras tersebut,” ujarnya.

MotoGP memprioritaskan pendekatan pemasaran yang lebih strategis untuk menarik perhatian penonton di AS. Upaya tersebut mencakup promosi yang lebih intens, peningkatan keterlibatan dengan komunitas lokal, dan kerja sama dengan mitra strategis.

 

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Prestasi mahasiswa USK
Tim Rimueng Nanggroe USK Harumkan Aceh di Ajang Siginjai Mining Competition 2025
Cirebon menjadi sentra ikan nila
Kabupaten Cirebon Menuju Sentra Ikan Nila Nasional
Inovasi LAJUR PESAT
Kasus HIV/AIDS Meningkat, Dinkes Kabupaten Majalengka Luncurkan Inovasi 'LAJUR PESAT'
Ular Tanah Teror Badui, 28 Warga Digigit 2 Meninggal
salon parkir sembarangan
Parkir Sembarangan di Depan Salon Orang, Pemobil Malah Balik Ngamuk
Berita Lainnya

1

Link Live Streaming Persib vs PS. Barito Putera Selain Yalla Shoot

2

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Adu Kuat 5 Kandidat Wakil Ketua LPS
Headline
Perahu Tradisional Pengangkut Sembako Meledak di Pelembang
Perahu Tradisional Pengangkut Sembako Meledak di Pelembang, Empat Orang Hilang, Tiga Luka-luka
Kemenangan Barito Putera Atas Persib Harus Sirna Akibat Ulah Yuswanto Aditya
Kemenangan Barito Putera Atas Persib Harus Sirna Akibat Ulah Yuswanto Aditya
ibu bawang (2)
Polisi Seret Pelaku Hajar Ibu-Ibu Pencuri Bawang di Pasar Boyolali
hasto kpk
Sidang Hasto Tegang, Pengacara Keberatan pada KPK!

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.