Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka

Editor: usamah

Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka
Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka(Instagram @cireng_borojol_)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Cireng Borojol, jajanan berbahan dasar aci dengan beragam varian dan isian menarik, mendadak menjadi fenomena viral di media sosial, khususnya TikTok. Popularitasnya yang meroket ini tak lepas dari peran penting platform video pendek tersebut dalam meningkatkan minat pembeli.

Banyak konsumen kini berbondong-bondong mendatangi outlet Cireng Borojol setelah melihat promosinya di TikTok.

Fenomena menarik ini menjadi sorotan tim mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Membangun (INABA) yang terdiri dari Najla Muthia, Anasya Mahadewi, Lania Arum, dan Meira Azahra.

Dalam wawancara mereka bersama Ibu Erna, selaku penjual Cireng Borojol cabang Batununggal, pada 15 Mei 2025, terungkap bahwa TikTok adalah kunci utama strategi pemasaran mereka.

“Pemasaran utama kita melalui media sosial TikTok,” tutur Ibu Erna.

Baca Juga:

Universitas INABA Sambut Meriah Roadshow Suar Mahasiswa Awards 2025

Teropong Media dan INABA Sepakati Kerja Sama Melalui Penandatanganan MoU

Ia menjelaskan, Karena di TikTok itu mudah dikenal banyak orang dan mudah disebarluaskan juga.” Efeknya pun luar biasa. Ibu Erna menegaskan bahwa TikTok.

“berpengaruh besar, jadi orang-orang lebih tahu, sehingga datang langsung ke outlet.” ungkapnya.

Meski begitu, beberapa tantangan juga pernah dihadapioleh ibu Erna. Ibu Erna mengakui pernah mendapatkan komentar negatif di TikTok.

“Seperti pernyataan bahwa cireng yang digoreng belum cukup matang, cirengnya kurang kering.” Namun, masukan tersebut justru menjadi pemicu perbaikan diri. ” katanya.

Ia menambahkan jadi kita menanggapinya lebih dalam lagi, dari cara menggorengnya,” Ucap Ibu Erna, menunjukkan komitmennya terhadap kualitas produk.

Memanfaatkan kekuatan media sosial, khususnya TikTok, sebagai strategi pemasaran yang efektif dan berbiaya rendah. Lebih dari sekadar ajang promosi, TikTok juga berfungsi sebagai kanal umpan balik langsung dari konsumen, memungkinkan pelaku usaha untuk terus beradaptasi dan meningkatkan kualitas produk demi kepuasan pelanggan.

Dengan demikian, Cireng Borojol tidak hanya menjual jajanan, tetapi juga membangun loyalitas konsumen melalui interaksi aktif di platform digital.

Penulis:

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia Membangun (INABA)

Meira Azahra Salsabila

Lania Arum Putranti

Najla Muthia

Anasya Mahadewi Chauzar

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Taman Safari Bogor
Taman Safari Bogor Luncurkan Konsep Baru, Safari Malam Glowtopia
Amanda Rawles
Resmi Jadi Istri Pengusaha! Momen Pernikahan Amanda Rawles di Australia
Prabowo Israel
Prabowo Buka Peluang Diplomatik dengan Israel, MUI Desak Hukum Netanyahu!
Ariel Tatum
Ariel Tatum Istigfar Nonton Dirinya Sendiri di Trailer La Tahzan
Bryan Domani
Turun 7 Kg Demi Peran Kanker, Bryan Domani: 'Terbawa Jalan Cerita!’
Berita Lainnya

1

Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Aturan Jam Malam Bagi Siswa Disahkan KDM 

2

Tingkatkan Bauran EBT hingga 2034, PLN Siap Jalankan RUPTL Terhijau Sepanjang Sejarah

3

Cek, Diskon Tarif Listrik 50% akan Diberlakukan Lagi Bulan Depan

4

Orang Tua Murid Sambut Positif Putusan MK Gratiskan SD hingga SMP

5

Tok! Tidak Hanya SD-SMP Negeri, MK Perintahkan Negara Gratiskan Sekolah Swasta
Headline
Lahan TPU Kota Bandung Terbatas, Pemkot Bandung Bakal Gunakan Sistem Tumpang
Lahan TPU Kota Bandung Terbatas, Pemkot Bandung Bakal Gunakan Sistem Tumpang
Pemkot Bandung Bakal Razia Miras dan Obat-obatan Terlarang Setiap Minggu
Pemkot Bandung Bakal Razia Miras dan Obat-obatan Terlarang Setiap Minggu
WNA Wajib Datangi Kantor Imigrasi
Aturan Baru Izin Tinggal, WNA Wajib Datangi Kantor Imigrasi
Chelsea
Bantai Real Betis 4-1, Chelsea Juarai UEFA Conference League 2024/2025

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.