Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka

Editor: usamah

Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka
Meledaknya Cireng Borojol: Peran TikTok dalam Promosi UMKM Loka(Instagram @cireng_borojol_)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Cireng Borojol, jajanan berbahan dasar aci dengan beragam varian dan isian menarik, mendadak menjadi fenomena viral di media sosial, khususnya TikTok. Popularitasnya yang meroket ini tak lepas dari peran penting platform video pendek tersebut dalam meningkatkan minat pembeli.

Banyak konsumen kini berbondong-bondong mendatangi outlet Cireng Borojol setelah melihat promosinya di TikTok.

Fenomena menarik ini menjadi sorotan tim mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Membangun (INABA) yang terdiri dari Najla Muthia, Anasya Mahadewi, Lania Arum, dan Meira Azahra.

Dalam wawancara mereka bersama Ibu Erna, selaku penjual Cireng Borojol cabang Batununggal, pada 15 Mei 2025, terungkap bahwa TikTok adalah kunci utama strategi pemasaran mereka.

“Pemasaran utama kita melalui media sosial TikTok,” tutur Ibu Erna.

Baca Juga:

Universitas INABA Sambut Meriah Roadshow Suar Mahasiswa Awards 2025

Teropong Media dan INABA Sepakati Kerja Sama Melalui Penandatanganan MoU

Ia menjelaskan, Karena di TikTok itu mudah dikenal banyak orang dan mudah disebarluaskan juga.” Efeknya pun luar biasa. Ibu Erna menegaskan bahwa TikTok.

“berpengaruh besar, jadi orang-orang lebih tahu, sehingga datang langsung ke outlet.” ungkapnya.

Meski begitu, beberapa tantangan juga pernah dihadapioleh ibu Erna. Ibu Erna mengakui pernah mendapatkan komentar negatif di TikTok.

“Seperti pernyataan bahwa cireng yang digoreng belum cukup matang, cirengnya kurang kering.” Namun, masukan tersebut justru menjadi pemicu perbaikan diri. ” katanya.

Ia menambahkan jadi kita menanggapinya lebih dalam lagi, dari cara menggorengnya,” Ucap Ibu Erna, menunjukkan komitmennya terhadap kualitas produk.

Memanfaatkan kekuatan media sosial, khususnya TikTok, sebagai strategi pemasaran yang efektif dan berbiaya rendah. Lebih dari sekadar ajang promosi, TikTok juga berfungsi sebagai kanal umpan balik langsung dari konsumen, memungkinkan pelaku usaha untuk terus beradaptasi dan meningkatkan kualitas produk demi kepuasan pelanggan.

Dengan demikian, Cireng Borojol tidak hanya menjual jajanan, tetapi juga membangun loyalitas konsumen melalui interaksi aktif di platform digital.

Penulis:

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia Membangun (INABA)

Meira Azahra Salsabila

Lania Arum Putranti

Najla Muthia

Anasya Mahadewi Chauzar

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
hyundai mobil baru
Hyundai Bakal Rilis Mobil Baru di GIIAS 2025, Bocoran di NJKB!
byd yangwang u9
BYD akan Bawang Yangwang U9 ke GIIAS 2025, Sekalian Dijual?
apple suntik mati iphone xs
Apple Suntik Mati iPhone XS, Layak Dipakai di 2025?
Penjualan Dua Pulau
CEK FAKTA: Geger Kabar Penjualan 2 Pulau di Anambas
realme c71
Realme C71 Rilis di Indonesia, Baterai Badak dan Bodi Kuat!
Berita Lainnya

1

DPW Asperindo Jabar 2025–2029 Resmi Dilantik, Siap Jawab Tantangan Digital

2

Usai Dikukuhkan PWI Pusat, Plt Ketua PWI Kabupaten Bandung Kang Awing Bikin Gebrakan Gelar OKK

3

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!

4

Wakil Wali Kota Bandung Lantik Pejabat Fungsional, Pilar Profesional untuk Bandung Lebih Baik

5

Wujud Kontribusi ke Negara, PLN Setor Rp65,59 Triliun Lewat Dividen, Pajak, dan PNBP
Headline
iklan whatsapp di status
Duh, WhatsApp Bakal Tampilkan Iklan di Status
Korupsi Petrogas - Instagram Kejari Karawang
Mantan Dirut PD Petrogas Karawang Ditangkap Kasus Korupsi Rp7,1 M
Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Bandung
Link Live Streaming Timnas Voli Putra Indonesia vs Bahrain AVC Nations Cup 2025 Selain Yalla Shoot
gunung lewotobi laki-laki-4
3 Bandara di NTT Tutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.