Alasan Hutama Karya Ambil Alih Proyek Tol Bocimi Seksi 3, PT Waskita Dililit Masalah

Penulis: Masnur

5 Proyek Infrastruktur
Ilustrasi pembangunan jalan Tol Bocimi. (Foto: Kementerian PUPR)

Bagikan

JAKARTA, TM.ID: Soal kabar PT Hutama Karya (Persero) berencana mengambil alih proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 3 dari tangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terungkap.

Kabar yang berhembus itu, usai PT Waskita Karya (Persero) dikabarkan memiliki masalah rumit terkait dengan kondisi keuangannya.

Menurut Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, terkait dengan rencana ambil alih proyek Tol Bocimi seksi 3 adalah wacana dari pemerintah. Menurutnya, Waskita saat ini sedang melakukan restrukturisasi.

“Ada wacana program pemerintah PMN-nya karena Waskita, tengah sibuk dengan restrukturisasinya. Maka PMN-nya akan digunakan Hutama Karya dan Rp12,5 Triliun itu nanti, rencana semula, ya Hutama Karya diminta menyelesaikan Bocimi tahap (seksi) 3 dan Jalan Tol Kapalbetung-Palembang itu,” kata Budi Harto di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Secara tegas Budi mengpatakan kalau Hutama Karya tidak mau mengambil alih dari tangan Waskita. Hanya sebagai langkah untuk melanjutkan proyek yang telah dikerjakan mereka.

Budi juga turut membantah soal kabar adanya rencana pengambilan saham dari Waskita Karya.

BACA JUGA: Dirut Waskita Karya Terkait Kasus Korupsi!

“Konsepnya memang banyak, ambil alih saham tetapi kita masuk, join. Kalau dia bangun 50 persen mungkin fifty-fifty, bukan kita beli sepenuhnya,” tegasnya.

Budi melanjutkan, bukan hanya Hutama Karya yang memiliki rencana untuk melanjutkan proyek Tol Bocimi. Namun ada juga PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) SMI) yang turut berminat masuk sebagai investor.

“Bocimi ini jalur bagus. SMI berminat masuk juga, mudah-mudahan nanti SMI jadi masuk Bocimi, HK untuk yang jalur Sumatera,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan solusi dalam penyelesaian proyek Tol Bocimi, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawidjaja

Mengungkapkan ada dua opsi agar hal itu bisa tetap berjalan hingga tuntas.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi, Tarif Mulai Rp14 Ribu

Solusi pertama pembangunan tetap dikerjakan Waskita, namun ada investor lain yang turut memberikan bantuan. Lalu yang kedua adanya penyertaan modal negara (PMN) untuk menggarap proyek Tol Bocimi.

“Tapi ada juga opsi lewat yang lain itu lewat PMN,” kata dia.

Endra menerangkan jika PMN tidak langsung diberikan kepada Waskita Karya. Namun dananya dititipkan ke PT Hutama Karya (Persero), sehingga mereka yang akan mengambil alih pembangunan sampai seksi empat.

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Prestasi mahasiswa USK
Tim Rimueng Nanggroe USK Harumkan Aceh di Ajang Siginjai Mining Competition 2025
Cirebon menjadi sentra ikan nila
Kabupaten Cirebon Menuju Sentra Ikan Nila Nasional
Inovasi LAJUR PESAT
Kasus HIV/AIDS Meningkat, Dinkes Kabupaten Majalengka Luncurkan Inovasi 'LAJUR PESAT'
Ular Tanah Teror Badui, 28 Warga Digigit 2 Meninggal
salon parkir sembarangan
Parkir Sembarangan di Depan Salon Orang, Pemobil Malah Balik Ngamuk
Berita Lainnya

1

Link Live Streaming Persib vs PS. Barito Putera Selain Yalla Shoot

2

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Adu Kuat 5 Kandidat Wakil Ketua LPS
Headline
Perahu Tradisional Pengangkut Sembako Meledak di Pelembang
Perahu Tradisional Pengangkut Sembako Meledak di Pelembang, Empat Orang Hilang, Tiga Luka-luka
Kemenangan Barito Putera Atas Persib Harus Sirna Akibat Ulah Yuswanto Aditya
Kemenangan Barito Putera Atas Persib Harus Sirna Akibat Ulah Yuswanto Aditya
ibu bawang (2)
Polisi Seret Pelaku Hajar Ibu-Ibu Pencuri Bawang di Pasar Boyolali
hasto kpk
Sidang Hasto Tegang, Pengacara Keberatan pada KPK!

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.