Alasan Hutama Karya Ambil Alih Proyek Tol Bocimi Seksi 3, PT Waskita Dililit Masalah

5 Proyek Infrastruktur
Ilustrasi pembangunan jalan Tol Bocimi. (Foto: Kementerian PUPR)

Bagikan

JAKARTA, TM.ID: Soal kabar PT Hutama Karya (Persero) berencana mengambil alih proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 3 dari tangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terungkap.

Kabar yang berhembus itu, usai PT Waskita Karya (Persero) dikabarkan memiliki masalah rumit terkait dengan kondisi keuangannya.

Menurut Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, terkait dengan rencana ambil alih proyek Tol Bocimi seksi 3 adalah wacana dari pemerintah. Menurutnya, Waskita saat ini sedang melakukan restrukturisasi.

“Ada wacana program pemerintah PMN-nya karena Waskita, tengah sibuk dengan restrukturisasinya. Maka PMN-nya akan digunakan Hutama Karya dan Rp12,5 Triliun itu nanti, rencana semula, ya Hutama Karya diminta menyelesaikan Bocimi tahap (seksi) 3 dan Jalan Tol Kapalbetung-Palembang itu,” kata Budi Harto di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Secara tegas Budi mengpatakan kalau Hutama Karya tidak mau mengambil alih dari tangan Waskita. Hanya sebagai langkah untuk melanjutkan proyek yang telah dikerjakan mereka.

Budi juga turut membantah soal kabar adanya rencana pengambilan saham dari Waskita Karya.

BACA JUGA: Dirut Waskita Karya Terkait Kasus Korupsi!

“Konsepnya memang banyak, ambil alih saham tetapi kita masuk, join. Kalau dia bangun 50 persen mungkin fifty-fifty, bukan kita beli sepenuhnya,” tegasnya.

Budi melanjutkan, bukan hanya Hutama Karya yang memiliki rencana untuk melanjutkan proyek Tol Bocimi. Namun ada juga PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) SMI) yang turut berminat masuk sebagai investor.

“Bocimi ini jalur bagus. SMI berminat masuk juga, mudah-mudahan nanti SMI jadi masuk Bocimi, HK untuk yang jalur Sumatera,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan solusi dalam penyelesaian proyek Tol Bocimi, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawidjaja

Mengungkapkan ada dua opsi agar hal itu bisa tetap berjalan hingga tuntas.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi, Tarif Mulai Rp14 Ribu

Solusi pertama pembangunan tetap dikerjakan Waskita, namun ada investor lain yang turut memberikan bantuan. Lalu yang kedua adanya penyertaan modal negara (PMN) untuk menggarap proyek Tol Bocimi.

“Tapi ada juga opsi lewat yang lain itu lewat PMN,” kata dia.

Endra menerangkan jika PMN tidak langsung diberikan kepada Waskita Karya. Namun dananya dititipkan ke PT Hutama Karya (Persero), sehingga mereka yang akan mengambil alih pembangunan sampai seksi empat.

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
penyebab kecelakaan pesawat jeju air
Jeju Air Diduga Tabrakan dengan Burung, Saksi Mata Mendengar Ledakan Disertai Api di Mesin Jet
hasto tersangka KPK-1
Mensesneg Ragu Hasto Punya Video Korupsi Pejabat Negara
1_Newcastle-United-v-ACF-Fiorentina-Sela-Cup-St-James-Park
Matt Targett Siap Hapus Kenangan Buruk di Old Trafford
perayaan tahun baru
Negara Pertama dan Terakhir yang Merayakan Tahun Baru 2025!
euro 2024 jerman
Joachim Low Puji Ambisi Julian Nagelsmann untuk Piala Dunia 2026
Berita Lainnya

1

Kewajiban Masyarakat Tahun 2025, Mobil dan Motor Wajib Asuransi!

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Karyawan dan Dosen Universitas Bandung Tak Menerima Gaji Selama 7 Bulan Hingga Saat Ini

4

Hampir Mirip, Ini Perbedaan Gejala Herpes dan Gigitan Tomcat

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Korban kecelakaan pesawat Jeju Air
Korban Tewas Kecelakaan Pesawat Jeju Air Bertambah Jadi 122 Orang
David da Silva Tetap Bangga
Link Live Streaming Persib vs Persis Solo Selain Yalla Shoot
pesawat-jeju-air-jatuh
Pesawat Jeju Air Jatuh di Bandara Muan, 29 Penumpang Tewas!
Harga pangan Minggu
Harga Pangan Minggu, Cabai Rawit Makin Pedas Rp55.480/kg

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.