JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Isuzu menghadirkan mobil legdndaris yang mendapatkan sentuhan “Restomod”, Dragon Max.
Dragon Max adalah pikap yang diadaptasi dari era 1980-an, tetapi dibekali dengan teknologi dan komponen mumpuni. Konsep Restomod dari jenama asal Jepang itu, memunculkan keindahan kendaraan klasik dengan kenyamanan dan performa masa kini.
Isuzu dalam Proyek Restomod
Isuzu Dragon Max membawa basis dari Isuzu TFR tahun 1988, model pikap yang dikenal luas dengan berbagai nama di pasar global, seperti Faster, Rodeo, Pickup, Invader, bahkan Honda Ippon.
Model ini juga pernah dipasarkan di bawah merek Opel, Vauxhall, Holden, dan Chevrolet. Meski telah melalui perubahan, aura panther pikap dari desain TFR masih terasa kental pada Dragon Max, terutama terlihat dari bentuk bodi yang serba kotak dan minim lekukan.
BACA JUGA:
Isuzu Panther Reborn 2025, Kebangkitan Sang Raja Mesin Diesel di Era Modern
Penantang L300 dan Isuzu Traga, Seirit Apa BBM Toyota Hilux Rangga?
Proses modifikasi pada Dragon Max ini memadukan unsur nostalgia dengan modernisasi yang berani. Bodi asli TFR dipertahankan, tetapi dengan penyempurnaan tampilan yang lebih segar.
Mereka mengaplikasikan warna abu-abu untuk memunculkan kesan elegan, dan suspensinya terancang ceper, memberikan kesan seperti truk drag yang sporty.
Fitur Modern yang Menambah Gaya
Perombakan besar pada mobil ini mengarah pada bagian eksterior dan interiornya. Lampu depan dan belakang sudah berteknologi LED yang lebih terang dan efisien.
Kaki-kaki mobil terlihat lebih dinamis dengan penggunaan velg hitam 17 inci yang dipadukan dengan ban Yokohama Advan Fleva ukuran 225/50. Spoiler di bagian bak truk semakin menambah kesan agresif dan sporty pada tampilan keseluruhan.
Ke bagian kabin, terlihat kesan klasik semakin mengkombinasi dengan teknologi modern. Dasbor yang semula bersudut kini telah berubah dengan kluster instrumen digital, layar sentuh infotainment bergaya potret, serta sistem start-stop dan stopkontak USB.
Material interior menggunakan trim Alcantara, aksen serat karbon, jahitan kontras, kursi baru, dan roda kemudi yang dibungkus kulit dan suede, memberikan nuansa mewah dan futuristik.
Mesin dan Performa
Pada bagian performa, Isuzu pada proyek restomod ini membekali dengan mesin turbodiesel MaxForce 2.2-liter yang sama seperti yang digunakan pada D-Max dan Mu-X terbaru.
Mesin ini dapat meledakan tenaga sebesar 217 hp (162 kW / 220 PS) dan torsi 550 Nm. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan tenaga TFR asli, yang hanya sekitar setengahnya.
Tenaga tersebut menyalur ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan kecepatan modern yang memberikan kenyamanan dalam berkendara serta respons yang lebih baik.
Melalui modifikasi Restomod ini, Isuzu berhasil menghidupkan kembali TFR sebagai sebuah legenda yang layak dibayangkan kembali untuk dunia modern.
(Saepul)