Isi Token Listrik Gagal Karena Tulisan ‘PERIKSA’, Cek Solusinya!

Penulis: Anisa

token listrik-2
(Dodix Tekno)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Pelanggan listrik prabayar sering mengalami kendala ketika isi token listrik gagal dan muncul tulisan “Periksa”. Kendala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu segera diatasi. Mari kita bahas penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Penyebab Isi Token Listrik Gagal

1. Gangguan pada Instalasi Rumah Pelanggan

Ketika muncul tulisan “Periksa”, bisa jadi ada gangguan pada instalasi rumah pelanggan. Hal ini dapat melibatkan kabel-kabel yang tidak terhubung dengan baik atau masalah teknis lainnya.

2. Kebocoran Arus Listrik

Kebocoran arus listrik juga dapat menjadi penyebab munculnya pesan “Periksa”. PLN mencatat bahwa kebocoran ini dapat menghambat pengisian token listrik.

3. Gangguan Teknis Lainnya

Ada berbagai gangguan teknis lainnya yang dapat menyebabkan pengisian gagal. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu penyebab spesifiknya.

BACA JUGA: Cek, Cara Mengatasi Pengisian Token Listrik yang Gagal Terus

Cara Mengatasi

Jika mengalami kendala ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi pengisian yang gagal dengan tulisan “Periksa”:

Melalui Layanan Pengaduan Call Center PLN

  • Lakukan panggilan ke Call Center PLN di nomor 123 dengan menambahkan kode area tempat tinggal.
  • Pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan.
  • Sampaikan kendala dan sebutkan nomor ID pelanggan yang tertera pada meteran listrik.
  • Operator akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti perekaman di database PLN.
  • Tunggu beberapa waktu sampai petugas PLN memproses aduan dan memberikan kode reset berupa 20 digit angka.
  • Catat kode reset tersebut dan masukkan ke meteran seperti memasukkan token listrik.

Melalui Layanan Pengaduan PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel.
  • Masukkan ID pelanggan dan pilih menu “Profile” lalu klik “Layanan Saya”.
  • Jika belum memasukkan ID pelanggan, tambahkan ID pelanggan.
  • Pilih menu “Pengaduan” dan klik “kWh meter saya menunjukkan periksa”.
  • Ajukan pengaduan dan ikuti instruksi.
  • Sertakan foto angka pada meteran listrik.
  • Tunggu petugas PLN menghubungi dan berikan kode untuk clear temper.
  • Matikan meteran, masukkan kode clear temper, dan nyalakan kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, semoga masalah isi token listrik yang gagal dengan tulisan “Periksa” dapat teratasi dengan baik.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Ekspor Pasir Laut
MA Putuskan Larang Kegiatan Ekspor Pasir Laut
Pangandaran
Hajat Laut Pangandaran 2025: Perpaduan Sakral Satu Suro dan Jumat Kliwon yang Terjadi 21 Tahun Sekali
Sam_Altman_TechCrunch_SF_2019_Day_2_Oct_3_(cropped)
Sam Altman: Jangan Terlalu Percaya pada ChatGPT, AI Bisa ‘Halu’ dan Menyesatkan
Chery C5
Chery Luncurkan Omoda C5 dan E5, Harga Tak Sampai Rp 400 Juta
PM Israel
CEK FAKTA: PM Israel Netanyahu Umumkan Akan Hancurkan Indonesia Setelah Iran
Berita Lainnya

1

Ida Fauziyah: PKB Lahir dari Rahimnya NU

2

Remu Suzumori Masuk Daftar 7 Aktris Paling Sukses di Jepang

3

Mau Liburan? Cek Cuaca Hari Ini, Mayoritas Wilayah Indonesia Hujan dan Berawan Tebal

4

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!

5

Cristiano Ronaldo Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Al Nassr Hingga 2027
Headline
Sumatera Selatan Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla
Sumatera Selatan Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla
Persib Tolak Uang Kadedeuh dari Sekda Jawa Barat
Persib Tolak Uang Kadedeuh dari Sekda Jawa Barat
Disnaker Kota Bandung Genjot 800 Pelatihan Gratis untuk Warga, Langkah Strategis Turunkan Pengangguran
Disnaker Kota Bandung Genjot 800 Pelatihan Gratis untuk Warga, Langkah Strategis Turunkan Pengangguran
Farhan Akui Bandung Masih Gelap, Segera Perbaiki PJU
Farhan Akui Bandung Masih Gelap, Segera Perbaiki PJU

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.