Prioritas Antara Kemanusiaan dan Ibadah Kurban, Mana yang Utama?

ibadah kurban
(Ilustrasi.Dinas Peternakan Bogor)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Dalam ajaran Agama Islam terbagi dua kategori, yakni ibadah wajib dan ibadah sunah. Dua peristiwa yang menggambarkan adalah bencana alam dan kurban.

Kehidupan manusia merupakan salah satu dari lima kemaslahatan dlarury yang harus dijaga dan dipertahankan dengan segala kemampuan. Dalam Islam, menjaga kehidupan seseorang dianggap sangat penting, bahkan lebih utama dibandingkan beberapa bentuk ibadah lainnya. Ketika seseorang tidak mampu mempertahankan hidupnya, maka menjadi kewajiban bagi orang lain untuk membantu mempertahankan hidup orang tersebut.

Keutamaan Antara Kemanusiaan dan Ibadah Kurban

BACA JUGA: Keutamaan Idul Adha, Hewan Kurban Apa yang Paling Afdhal?

Tindakan menyelamatkan jiwa orang lain, terutama dalam situasi bencana alam seperti tsunami atau gempa bumi, mendapatkan penghargaan besar dari Allah SWT. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam QS. Al-Maidah (5): 32 yang menyatakan bahwa menyelamatkan satu nyawa seolah-olah menyelamatkan seluruh manusia. Ayat ini menegaskan betapa besarnya nilai dari tindakan kemanusiaan ini dalam pandangan Islam.

Melansir laman Muhammadiyah, Ibadah kurban termasuk dalam kategori ibadah yang dihukumi sunah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Jabir ra., disebutkan bahwa Rasulullah SAW melaksanakan shalat ‘Idul Adlha dan kemudian menyembelih seekor gibasy sambil berdoa: “Bismillahi wallahu akbar, Allahumma hadza ‘anniy wa ‘an man lam yudlahhi min ummatiy” (Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Wahai Allah, ini dariku dan dari orang yang tidak berkurban dari umatku). Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan At-Turmudzi.

Dengan datangnya hari raya Adha setiap tahun, umat Islam yang mampu disunahkan untuk menyembelih hewan kurban. Ibadah ini merupakan bentuk ketaatan dan pengorbanan kepada Allah serta sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Solusi Tanggapan

Dalam menghadapi dua macam ibadah ini, yaitu membantu korban bencana dan berkurban, beberapa panduan dapat diikuti:

1. Melakukan Kedua Ibadah

Bagi yang mampu memberikan bantuan kepada mereka yang terkena musibah gempa bumi atau tsunami secara memadai sekaligus dapat melaksanakan ibadah kurban, kedua ibadah ini dapat dilakukan bersama-sama. Dengan demikian, seseorang dapat meraih pahala dari kedua ibadah tersebut tanpa harus mengorbankan salah satunya.

2. Memprioritaskan Menyelamatkan Nyawa

Bagi yang harus memilih salah satu di antara dua ibadah tersebut, disarankan untuk mendahulukan memberikan bantuan dalam rangka menyelamatkan kehidupan mereka yang tertimpa musibah. Hal ini karena menyelamatkan nyawa dianggap lebih mendesak dan penting dalam Islam. Menolong orang yang sedang dalam kondisi darurat menunjukkan kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama manusia.

3. Fleksibilitas dalam Dana Kurban

Jika dana telah diserahkan kepada Panitia Kurban, panitia hendaknya meminta kerelaan calon orang yang berkurban (shahibulkurban) untuk mengalihkan dananya kepada bantuan penyelamatan korban bencana. Namun, jika calon shahibulkurban tidak merelakan, dana tersebut tetap digunakan untuk ibadah kurban. Dengan cara ini, niat baik untuk membantu korban bencana dapat tetap diwujudkan tanpa mengurangi makna ibadah kurban.

Dalam Islam, keseimbangan antara kewajiban dan sunah sangat penting. Menyelamatkan nyawa adalah prioritas utama karena kehidupan manusia harus dijaga. Di sisi lain, ibadah kurban juga penting sebagai bentuk ketaatan dan pengorbanan kepada Allah.

Dengan memahami prioritas ini, umat Islam dapat menjalankan kedua ibadah tersebut dengan bijak, memastikan bahwa mereka membantu sesama yang membutuhkan sambil tetap melaksanakan ajaran agama mereka.

 

(Saepul/Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Pot Keenam, Calon Lawan Berat?
Jorge Martin
Bos Ducati Sedih Harus Kehilangan Jorge Martin dan Enea Bastianini di MotoGP 2025
Persib Akan Maksimalkan Waktu Pramusim
Persib Akan Maksimalkan Waktu Pramusim
Manchester United Pertahankan Erik Ten Hag
Manchester United Pertahankan Erik Ten Hag Musim Depan, Ini Alasanya
hujan angin
Waspada! Hujan Disertai Angin Kencang Berpotensi Melanda Wilayah Jakarta
Berita Lainnya

1

Indonesia Dapat Status Darurat Pornografi Anak dalam Tiga Tahun Terakhir

2

Kadis ESDM Malut Ikut Berpartisipasi Penanaman Pohon Bersama di Area Reklamasi PT Tekindo Energi

3

Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Filipina Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selain Yalla Shoot

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Dahsyat! Plt Wakil Otorita IKN Raja Juli Minta Tambah Anggaran Rp29 Triliun
Headline
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia
Media Vietnam Sorot Timnas Indonesia Lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Gempa Bumi Magnitudo Guncang Melonguane Pantai Barat Kepulauan Talaud
Gempa Bumi M 6,0 Guncang Melonguane Pantai Barat Kepulauan Talaud, Tak Berpotensi Tsunami
Jembatan Babakan Sapaan Penuh Sampah Viral
Jembatan Babakan Sapaan Penuh Sampah Viral, Bey Cek Citarum, Buat Apa?
Hengky Kurniawan: KBB Darurat Sampah
Kondisi Sampah di Bawah Jembatan BBS Dipantau Pandawara Group, Hengky Kurniawan: KBB Darurat Sampah!