BANDUNG,TM.ID: Motor unggulan dari Honda, Honda CBR 1000 varian RR-R, memiliki varian terbaru pada tahun 2024 ini. varian ini hadir dengan pembaruan yang signifikan pada bagian mesinnya dan dijual di Jepang.
Berbeda dari kebanyakan varian lain yang seringkali hanya mengubah warna eksterior, Honda kali ini fokus pada peningkatan performa akselerasi di rentang kecepatan menengah pada super bike mereka ini.
Peningkatan Mesin Honda CBR 1000 2024
BACA JUGA: Spesifikasi Honda CB250R 2024, Tangki Gemuk Harga Rp58,8 Jutaan!
Masih menggunakan konfigurasi mesin 4 silinder berkapasitas 999cc, CBR 1000 2024 mendapatkan peningkatan dengan penambahan sistem throttle motor ganda (TBW). Hal ini sebagai penguat dari Honda untuk meningkatkan performa akselerasi pada kecepatan menengah.
Masih mampu digeber hingga 218 hp dan torsi maksimum 112 Nm. Namun, Honda melakukan penyesuaian dengan mengurangi jumlah putaran mesin dari 12.500 rpm menjadi 12.000 rpm. Selain itu, perubahan pada waktu dan angkat katup dari camshaft serta rasio kompresi yang ditingkatkan dari 13.4 menjadi 13.6, semuanya diarahkan untuk meningkatkan performa akselerasi di rentang kecepatan menengah.
Penting untuk dicatat bahwa perubahan besar lainnya adalah adanya penambahan sistem TBW. dengan adanya TBW memungkinkan kontrol mandiri pada tiap silinder dengan membuka dan menutup katup throttle melalui dua motor. Langkah ini membawa keunggulan dalam mengoptimalkan bukaan throttle rendah saat akselerasi dan efek engine braking yang lebih besar saat deselerasi.
Bobot Lebih Ringan
Selain dari sektor mesin, Honda juga memberikan perhatian khusus pada handling dan peningkatan aerodinamika CBR 1000RR-R 2024.
Desain ulang komponen bodi dan rangka membuat bobot motor lebih ringan. Pemangkasan bobot ini untuk meningkatkan manuver saat menikung dan pengendalian lebih, serta memberikan kebebasan lebih dalam handling. Honda berhasil meredesain winglets, fairing tengah, dan fairing bawah untuk lebih meningkatkan performa aerodinamika, menciptakan pengalaman berkendara yang lebih stabil.
Selain itu, dalam motor ini pada komponben kontrol elektronik juga tidak luput dari perubahan. Konfigurasi ulang dilakukan untuk menyesuaikan karakteristik output dan engine braking akibat penggunaan sistem throttle 2-motor TBW. Selain itu, tiap parameter mode pengendaraan juga diatur ulang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.
Harga
Versi premium, “CBR1000RR-R SP,” tidak hanya hadir dengan performa tinggi, tetapi juga menawarkan fungsi tambahan. Rekomendasi preload suspensi depan dan belakang dapat disesuaikan berdasarkan berat pengendara, memberikan pengalaman berkendara yang lebih personal.
Menarik untuk dicatat bahwa Honda CBR1000RR-R 2024 telah resmi rilis di pasar Jepang mulai 1 Maret 2024. Harga yang ditawarkan adalah 2,486 juta Yen (sekitar Rp 260 juta) untuk CBR1000RR-R FIREBLADE dan 2,849 juta Yen (sekitar Rp 298 juta) untuk CBR1000RR-R SP (termasuk pajak).
(Saepul/Aak)