BANDUNG,TM.ID: Beberapa bagian sepeda motor terbuat dari besi, yang mudah berkarat jika tidak dirawat dan diperhatikan secara rutin.
Melakukan perawatan terhadap beberapa bagian motor ini sebagai menjaga kualitas dan fungsi. Dengan begitu, Anda dipastikan aman dan nyaman.
Bagian Motor yang Mudah Berkarat
Melansir situs Suzuki, Adapun beberapa bagian motor yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut;
- Swingarm
Swingarm adalah salah satu komponen krusial pada kendaraan bermotor, terutama pada motor. Fungsinya sebagai garpu ayun memberikan kontribusi signifikan terhadap sistem suspensi yang mempengaruhi kenyamanan dan stabilitas perjalanan.
Dengan posisinya yang terletak di bawah motor, swingarm memiliki risiko terkena cipratan air, lumpur, dan pasir yang dapat memicu timbulnya masalah karat. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya merawat swingarm motor untuk memastikan performa dan umur panjang komponen ini.
Untuk menghindari masalah karat dan menjaga kondisi swingarm dalam kondisi optimal, perawatan rutin sangat diperlukan.
Setelah mengendarai motor dalam kondisi hujan atau berkendara di medan yang kotor, penting untuk membersihkan swingarm dengan cermat.
Gunakan air bersih dan sikat lembut untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Setelah membersihkan, keringkan swingarm secara menyeluruh untuk mencegah kelembaban yang dapat memicu karat.
- Shockbreaker
Shockbreaker memiliki posisi yang dekat dengan roda motor, membuatnya mudah terkena air hujan, lumpur, dan pasir. Kondisi ini dapat memicu timbulnya karat pada bagian tabung shockbreaker. Karat yang tidak diatasi dengan baik bisa merusak karet dan menyebabkan kebocoran oli kendaraan. Jika tidak segera ditangani, masalah ini dapat mengancam keselamatan pengendara saat berkendara.
Lakukan perawatan rutin pada shockbreaker dengan membersihkannya dari kotoran dan debu. Oleskan pelumas pada bagian-bagian yang rentan terkena karat untuk melindungi permukaan dan mencegah kebocoran oli. Periksa juga keadaan karet shockbreaker secara berkala.
- Knalpot
Knalpot adalah komponen penting yang berfungsi sebagai alat pembuang gas hasil pembakaran. Meskipun dilapisi dengan lapisan krom, knalpot tetap rentan terkena karat jika terpapar air hujan secara berlebihan. Karat pada knalpot dapat memengaruhi kinerja mesin dan mengurangi performa kendaraan.
Solusi: Rajin membersihkan knalpot setelah digunakan dalam kondisi hujan. Hindari menyimpan motor dalam keadaan basah untuk mengurangi risiko karat. Gunakan produk pembersih yang aman untuk material knalpot dan lakukan perlindungan tambahan dengan produk anti-karat.
- Rantai
Rantai merupakan komponen penggerak mesin pada sepeda motor. Perawatan yang baik pada rantai sangat penting untuk menjaga stabilitas perjalanan. Rantai yang terkena air hujan harus diperiksa dengan cermat karena kondisi basah dapat mempercepat timbulnya karat.
Bersihkan dan lumasi rantai secara teratur. Gunakan pelumas rantai yang direkomendasikan oleh produsen untuk melindungi rantai dari karat dan gesekan berlebihan. Periksa daya tarik rantai serta dengarkan hasil suara yang dihasilkan saat motor bergerak.
- Rangka atau Sasis
Rangka atau sasis motor dapat menjadi korban selanjutnya dari masalah karat. Terlalu lama terkena air hujan dapat membuat lapisan rangka menipis dan bahkan berkarat. Kondisi ini dapat mengancam integritas struktur motor.
Selalu bersihkan dan keringkan rangka motor setelah terkena air hujan atau basah. Gunakan produk pelindung yang mampu mencegah karat dan korosi pada rangka. Lakukan pemeriksaan berkala pada lapisan rangka untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan.
Merawat sepeda motor dari masalah karat merupakan langkah penting dalam menjaga performa, keamanan, dan umur panjang kendaraan Anda. Dengan perawatan yang rutin dan penggunaan produk perlindungan yang tepat, Anda dapat menghindari risiko kerusakan akibat karat pada komponen-komponen motor.
(Saepul/Usamah)