BANDUNG,TM.ID: Di usianya yang genap 122 tahun, PT Pegadaian sukses menorehkan kinerja positif dengan mencatatkan pertumbukan aset sebesar 16,33 persen yoy (year on year) dari Rp69,4 triliun naik menjadi Rp80,7 triliun, hingga kuartal ketiga 2023.
Pegadaian merupakan perusahaan Jasa Keuangan Non Perbankan yang bersinar dalam Holding Ultra Mikro BRI Group.
Penyumbang pertumbuhan aset Pegadaian terbesar dari Outstanding Loan (OSL) Gross sebesar 17,28% yoy dari Rp 55,9 triliun menjadi Rp65,6 triliun. Sedangkan, Laba Bersih tumbuh sebesar 35,52 persen dari Rp2,4 triliun menjadi Rp3,2 triliun.
Selain itu, pertumbuhan kinerja tersebut ditopang juga oleh kenaikan nasabah pegadaian, sebesar 10,88 persen dari 21,2 juta nasabah di september 2022 menjadi 23,5 juta nasabah di September 2023, dengan penyaluran pinjaman pembiayaan yang tumbuh 14,8 persen, dari Rp130,6 triliun menajdi Rp150 triliun.
“Dengan holding BUMN Ultra Mikro, Pegadaian sukses menjalankan bisnis pembiayaan mikro lewat produk gadai maupun investasi lewat produk non-gadai. Bersama BRI dan PNM, Pegadaian bersatu untuk memajukan UMKM, dengan menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah dan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) BRI untuk mendukung UMKM Indonesia naik kelas”, kata Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan.
BACA JUGA: Cek Update Harga Emas di Pegadaian Hari Ini, 18 Desember 2023
Pegadaian, dalam menetapkan budaya AKHLAK (Amanah, Kreatif, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kollaboratif), membuktikan komitmennya pada visi perusahaan: “Menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat.” Transformasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis berkelanjutan dan mendukung visi inklusif Pegadaian.
Peran vital generasi Millenial dan Gen-Z tidak hanya sebagai pekerja, tetapi sebagai motor utama dalam menciptakan atmosfer kerja positif, terutama dalam bidang teknologi. Pengakuan sebagai “Best Company to Work in Asia” selama 5 tahun berturut-turut dari HR Asia Media menandakan bahwa Pegadaian berhasil menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi dan mendukung pertumbuhan karyawan.
Melalui ekosistem emas, Pegadaian melampaui sekadar bisnis keuangan. Mereka hadir di tengah masyarakat dengan komitmen untuk memberikan kontribusi positif. Dalam konteks ini, ekosistem emas menjadi wadah untuk menyampaikan nilai-nilai positif, memperkuat keterlibatan masyarakat, dan merangkul inklusi keuangan.
Pegadaian tidak hanya memberikan layanan keuangan konvensional. Mereka aktif memberikan literasi terkait investasi, mengedukasi masyarakat tentang produk seperti Cicil Emas dan Tabungan Emas yang tidak hanya memberikan solusi keuangan tetapi juga tahan inflasi.
Pegadaian memahami kebutuhan beragam masyarakat. Selain memfasilitasi pembiayaan produktif, mereka juga menawarkan pinjaman konsumtif seperti Pembiayaan Wisata Religi, Multiguna Wisata, dan pembiayaan kendaraan listrik. Inisiatif ini membuktikan bahwa Pegadaian tidak hanya fokus pada layanan konvensional tetapi terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang.
Pegadaian berkomitmen untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan ibadah Haji. Produk pembiayaan porsi Haji adalah langkah inovatif yang membantu mewujudkan niat masyarakat untuk menunaikan rukun Islam ke-5. Pemberian kemudahan dan kepastian tahun keberangkatan haji pada awal pengajuan menjadi bukti nyata kepedulian Pegadaian.***