BANDUNG,TM.ID: Kota Bandung sangat erat kaitannya dengan sepak bola dan dunia fesyen. Bagaimana jadinya jika dua ikon tersebut dikolaborasikan dan menciptakan prodak?
Persib Bandung sebagai tim sepak bola yang lahir dan besar di Kota Bandung kembali menjalin kerjasama dengan dua brand lokal ternama Bandung, yakni Cosmic dan Hammerstouth.
Kerjasama ini merupakan bentuk kelanjutan program Persib bernama KolaboraSIB. Program ini berupaya memberikan dampak positif bagi lingkungannya, termasuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Persib menggandeng Cosmic dan Hammerstouth, dimana kedua brand lokal ini dinilai telah mewakili gaya berpakaian para suporter Persib saat ini.
Selain itu, berbagai produk dari kedua brand tersebut pun selalu up to date dan kerap digunakan kaula muda khususnya di Bandung.
BACA JUGA: Diskon Tiket Persib vs Persita di Stadion GBLA, Ini Daftar Harganya
Peluncuran program KolaboraSIB dengan pelaku UMKM fesyen tersebut ditandai dengan adanya corner khusus bagi para UMKM yang telah berkolaborasi dengan Persib, termasuk yang terbaru saat ini adalah brand lokal, Cosmic dan Hammerstouth, yang berada di Persib Store, Lantai 2 Graha Persib, Jalan Sulanjana No. 17, Bandung, pada hari ini, Senin (25/9).
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki menyambut positif dan mendukung program kolaborasi yang digagas Persib dengan pelaku UMKM.
Sebab, menurut Teten, UMKM fesyen merupakan salah satu pilar utama ekonomi nasional karena besarnya nilai kontribusi industri fesyen mencapai 61,5% dari total ekspor ekonomi kreatif Indonesia.
“Saya harap, seluruh pelaku UMKM di bidang fesyen tersebut dapat terus meningkatkan kapasitas diri, baik kualitas maupun produksi, hingga manajemen bisnisnya, termasuk memperluas pangsa pasar hingga ke tingkat global” jelas Teten dalam keterangan tertulisnya.
Untuk Persib, program ini bukan pertama kali dilakukan dan sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pelaku UMKM lainnya, salah satunya melalui program kerjasama dengan para reseller.
Berkat program tersebut Persib bisa terus bersinergi dengan para pedagang asongan melalui penjualan Jersey, hingga kolaborasi kreatif dengan beberapa band lokal, seniman atau tokoh kreatif dan event-event UMKM berskala lokal di kota Bandung.
“Kami sebagai klub sepakbola asal Jawa Barat, khususnya kota Bandung tentunya ingin selalu memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat yang bergelut di industri UMKM melalui program KolaboraSIB ini,” kata Direktur Komersial PT Persib Bandung Bermartabat, Gabriel Witdarmono.
BACA JUGA: Pelatih Bhayangkara FC Bicara Jujur, Timnya Kalah Kualitas dari Persib
Gaby -sapaan Gabriel- mengatakan, tujuan program KolaboraSIB kali ini adalah untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung agar terus bergairah.
Setelah brand lokal seperti Cosmic dan Hammerstouth, Gaby juga memastikan kedepannya bakal menggandeng para pelaku UMKM kreatif lainnya untuk dapat melakukan kolaborasi.
Gaby berharap, kolaborasi seperti ini dapat menjadi program yang berkelanjutan, bermanfaat dan juga dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Jawa Barat, khususnya di kota Bandung.
“Semoga dukungan positif dari Bapak Teten melalui program KolaboraSIB ini, dapat menjaga agar program kolaborasi dengan para pelaku UMKM ini dapat terus berjalan, berkelanjutan dan tentunya dapat memberikan banyak maanfaat bagi masyarakat,” katanya.
(RF/Aak)