BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Di era digital yang terus berkembang pesat, pesan yang di sampaikan lewat visual menjadi semakin banyak digunakan dalam menyampaikan informasi karena efektif dan menarik perhatian.
Hal tersebut dapat di pengaruhi karena pesan yang di sampaikan menggunakan element-element visual yang menarik seperti gambar, tipografi, warna dan tata letak.
Pesan visual atau bisa kita sebut Design Grafis hadir memungkinkan penyampaian pesan yang lebih efesien, memiliki ciri khas dan yang paling penting memiliki daya tarik tersendiri.
Design Grafis bukan sekedar pesan yang menghadirkan visual yang menarik lebih dari itu Design Grafis memungkinkan komunikasi yang lebih luas dan juga efektif bagi setiap orang karena terdapat element visual sebagai pendukung yang dapat kita lihat.
Pesan visual menjadi sarana yang efektif digunakan dalam penyampaian pesan secara cepat dan juga emosional. Element-element visual seperti gambar, tipografi, warna dan tata letak yang tepat dapat meningkatkan pemahaman serta daya ingat audiens terhadap pesan visual yang disamapaikan.
Pada dasarnya manusia memiliki respon yang cepat terhadap apa yang ia lihat. Ini memungkinkan pesan visual dapat diterima dengan cepat dibandingkan pesan tertulis sehingga pesan visual memiliki keunggulan untuk menyampaikan makna yang kompleks dalam waktu singkat.
Pesan visual juga mampu menciptakan perasaan emosial yang lebih kuat dibandingkan pesan secara teks. Pemilihan warna yang tepat mampu membangkitkan hubungan emosional dengan audiens, gambar yang jelas dapat membuat audiens lebih mengerti dengan pesan yang ingin di sampaikan, dan komposisi yang tepat dapat membangkitkan persepsi serta respon audiens terhadap suatu pesan.
Dengan pengunaan elemen visual yang tepat, Design Grafis tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai alat untuk membangun identitas secara personal maupun brand ini dapat memperkuat hubungan dengan audiens di berbagai platform digital maupun konvensional
Peran Desain Grafis dalam Era Digital
Design grafis memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi digital karena kelebihan nya dalam menyampaikan pesan secara efektif dan menarik perhatian.
“_Graphic design is the business of making or choosing marks and arranging them on a surface to convey an idea_” (Hollis, 1986).
Pesan visual atau design grafis yang baik ialah mampu menyampaikan pesan secara jelas dan dapat di pahami semua orang selain itu design grafis juga memastikan pesan yang disampaikan harus bisa di ingat oleh para audiens nya.
Design garfis juga memiliki peran penting dari pembentukan suatu identias merek di era digital seperti saat ini, dengan design grafis konsumen bisa dapat dengan mudah mengenali suatu produk atau brand dengan kompetitor.
Design grafis juga membuat audiens dapat lebih percaya terhadap suatu produk atau brand ini bisa di buktikan dengan penggunaan design produk dalam kemasan kita biasanya akan membeli suatu produk yang memiliki deisgn grafis nya di bandingan yang tidak karena dalam design grafis tersebut terdapat informasi yang penting terkait produk yang dijual.
Selain itu, design grafis juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna (UX) di berbagai macam platform digital. Pengunaan tata letak yang tepat, navigasi yang jelas serta elemen visual yang menarik dapat menciptakan pengalaman yang nyaman sekaligus menyenangkan bagi penggunanya.
Deisgn yang baik tidak hanya membuat penggunanya dapat betah berlama-lama di situs web atau aplikasi, tetapi juga memudahkan mereka dalam menemukan informasi yang di sampaikan.
UX yang optimal tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna, tetapi juga melibatkan, mendorong serta membangun loyalitas pelanggan untuk jangka waktu yang panjang.
Peran Komunikasi dalam Desain Grafis
Seorang designer grafis tidak hanya bertugas untuk membuat pesan visual yang menarik tetapi juga harus bisa memahami target audiens, informasi yang ingin disampaikan, serta paham bagaimana design tersebut akan di
gunakan.
Design grafis yang bagus tercipta dari komunikasi yang baik antara designer, klien dan juga audiens, memastikan bahwa setiap elemen visual yang digunakan memilki makna dan tujuan yang jelas.
Proses pembuatan pesan visual atau design grafis dimulai dari riset yang mendalam tentang target audiens yang di tuju. Mengetahui demografi, preferensi, perilaku dan kebutuhan audiens memungkinkan designer untuk
menciptakan pesan visual yang tidak hanya bagus tetapi juga relevan dan memiliki dampak yang besar
Selain itu, pesan visual yang efektif juga harus memiliki tujuan dan makna yang jelas. Setiap elemen dalam deisgn harus berhubungan dengan pesan yang ingin di sampaikan mulai dari pemilihan warna, tipografi dan juga tata letak.
Itu harus memiliki hubungan dengan pesan yang ingin disampaikan agar audiens bisa lebih paham dan bisa mendapatkan respon sesuai dengan apa yang di harapkan dari audiens. Dengan memahami tujuan ini designer dapat membuat keputusan yang lebih strategis dan juga memastikan pesan tersampaikan secara efektif.
Baca Juga:
Canda Presiden Saat Apresiasi Inovasi Pertanian IPB
Pemandian Air Panas Cikundul, Destinasi Wisata Akhir Pekan Terbaik Untuk Keluarga
Tak kalah peting, designer grafis juga harus bisa mempertimbangkan aspek-aspek yang ada pada pesan visual nya. Mulai dari komposisi, bentuk dan juga ukuran memiliki pengaruh besar terhadap emosi serta pandangan
audiens.
Pemilihan elemen-elemen visual yang tepat dapat meningkatkan daya tarik tersendiri dalam deisgn yang dibuat dan juga mendorong keterlibatan audiens.
Deisgn grafis tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tetapi lebih dari itu dapat menjadi alat komunikasi yang kuat, mampu menyampaikan pesan secara efektif dan dapat membangun koneksi yang mendalam dengan para audiens nya.
Penulis:
Muhammad Fathin Imaddudin/Komunikasi Digital dan Media angkatan 60 Sekolah Vokasi IPB University