BANDUNG.TM.ID Agar mempermudah untuk membuat skripsi atau karya tulis lain, kamu harus tahu pengoperasian Microsoft Word sebagai tools menulis. Salah satunya adalah membuat daftar pustaka otomatis. Hack satu ini sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu pengerjaan.
Tanpa harus mengetik satu persatu dan menghafal format penulisan, daftar pustaka bisa jadi dalam sekali. Simak cara membuat daftar pustaka otomatis ini supaya daftar pustaka kamu bisa cepat selesai.
Membuat Daftar Pustaka Otomatis Tanpa Aplikasi
Daftar pustaka adalah salah satu struktur penting di sebuah karya tulis. Halaman tersebut berisi referensi yang nantinya menguatkan validitas dan rujukan tambahan untuk pembaca karya. Sebelum kamu akan membuat daftar pustaka, sebaiknya input identitas rujukanmu pada tools yang ada.
Setelah rujukan kamu selesai di input, langkah selanjutnya adalah membuat daftar pustaka. tanpa harus mengetik ulang. Berikut cara membuatnya:
- Letakkan kursor pada halaman yang ingin kamu tambahkan daftar pustaka, biasanya di halaman terakhir
- Di menu bar atas, buka menu “References” atau referensi
- Lalu, di grup menu “Citations & Bibliography” pilih Bibliography
- Kemudian, sesuaikan style daftar pustaka yang akan kamu gunakan, seperti Chicago, APA, dan sebagainya.
- Saat terbuka menu dropdown, gulirlah ke bawah dan buka “Insert Bibliography”
Word secara otomatis akan membuat daftar pustaka dari kumpulan referensi yang sudah kamu masukkan. Kamu akan menemukan style daftar pustaka sesuai pilihan atau urutan abjad. Jika kamu ingin menambah referensi, ulangi langkah input indentitas rujukan.
Pada bagian opsi Bibliografi klik Perbarui Kutipan dan Bibliografi. Microsoft word akan memperbarui daftar pustaka sesuai dnegan informasi nama rujukan yang sudah kamu tambahkan.
Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley
Mendeley merupakan program komputer dan web yang ditujukan untuk mengelola dan berbagi karya tulis secara online. Program ini bisa mendeteksi rujukan dan mengenali identitasnya. Kamu perlu mengunduh dan memasangnya di laptop terlebih dahulu untuk menggunakannya.
Setelah itu kamu harus menghubungkan dengan Microsoft Word sebagai plug-in. Apabila sudah terpasang ikuti langkah ini:
- Pertama buka Mendeley
- Kedua, input jurnal, buku, atau file apapun yang akan kamu masukkan daftar pustaka. Pada bagian kiri atas klik + lalu pilih file. Jika kamu ingin memasukkan lebih dari satu file, kamu bisa input dalam bentuk folder
- Kemudian, setelah semua rujukan masuk di Mendeley, buka Microsoft Word
- Lalu kamu harus memilih gaya penulisan daftar pustaka, seperti Chicago, APA, dan yang lainnya.
- Klik Insert Bibliography untuk memasukkan semua rujukan yang sudah kamu input di Mendeley sebelumya.
Lalu, Mendeley akan menyesuaikan bentuk daftar pustaka sesuai style yang kamu pilih tersebut.
BACA JUGA: Cara Download Video di Twitter Tanpa Aplikasi
(Kaje)