BANDUNG,TM.ID: Kop surat atau bisa disebut juga header surat memiliki peran penting, hal ini dapat dengan mudah membuat kop surat menggunakan bantuan Google Docs. Proses pembuatan kop surat di Google Docs sangatlah sederhana.
Google Docs adalah perangkat lunak pengolah kata yang memiliki fungsi serupa dengan Microsoft Word. Salah satu fitur yang ada pada Google Docs yaitu kemampuan untuk membuat header.
Header biasanya tampil di bagian atas surat dan berisi nama perusahaan atau afiliasi, serta informasi kontak yang relevan. Menggunakan kop surat yang berkualitas akan memberikan kesan profesional bagi organisasi tersebut.
Mengutip dari berbagai sumber artikel ini akan memberikan cara mudah untuk membuat header di Google Docs.
Cara Membuat Kop Surat dengan Google Docs:
- Buka Google Docs.
- Pilih “Blank” untuk membuat dokumen baru.
- Klik menu “Insert” dan pilih “Header” untuk melihat area header dokumen.
- Untuk menambahkan logo atau ikon perusahaan, klik “Insert” dan pilih “Gambar”.
- Pilih sumber gambar (komputer, URL, atau Google Drive) dan sesuaikan ukuran gambar di dalam margin dokumen.
- Masukkan informasi perusahaan seperti nama, kontak, dan alamat.
- Tambahkan footer jika diinginkan.
BACA JUGA : Cara Mudah Mengatur Spasi di Google Docs dan Microsoft Word
Cara Membuat Kop Surat dengan Template Google Docs:
- Buka Google Docs dan cek template yang tersedia di Galeri Template.
- Klik “Galeri Template” untuk melihat template Surat di tab Umum.
- Pilih template yang sesuai dan buka untuk mulai mengedit desain kop surat.
Menggunakan template memudahkan anggota organisasi, lembaga, atau perusahaan untuk membuat kop surat tanpa harus melakukannya secara manual.
(Hafidah/Usk)