Biar Dilirik HRD, Harusnya Begini Cara Pelamar Membuat CV

Cara Membuat CV
ilustrasi (web)

Bagikan

Jakarta, TM.ID: Langkah pertama saat melamar pekerjaan impian biasanya dimulai dengan mengirimkan CV (curriculum vitae) Anda ke HRD (Human Resources Development) di perusahaan yang Anda tuju. Cara Membuat CV yang menarik di bawah ini akan membantu Anda melangkah lebih jauh dalam proses perekrutan.

Cara Pelamar Menyusun Curriculum Vitae

Profil, skill, pengalaman, prestasi dan data pribadi biasanya terangkum dalam Curriculum Vitae. Sehingga menjadi tolok ukur utama pertimbangan HRD dalam meloloskan pelamar ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, banyak kandidat yang mendesain Curriculum Vitae yang menarik dan atraktif dengan harapan CV mereka dilihat oleh HRD. Berikut langkah-langkahnya.

Prioritas Membuat CV Konten atau Desain?

Saat melamar pekerjaan, secara tidak langsung Anda adalah produk yang menjual diri Anda di perusahaan tersebut. Langkah awal dalam proses rekrutmen adalah HRD melihat Curriculum Vitae. Selain CV yang dirancang dengan baik, HRD juga fokus pada konten yang berisi pengalaman hidup, kompetensi dan prestasi yang terkandung di dalamnya..

Tips Membuat CV: Satu Halaman atau Lebih

Pertanyaan selanjutnya, apakah Curriculum Vitae harus satu halaman atau lebih? Dalam hal ini sebenarnya disesuaikan dengan pedoman atau petunjuk dari pihak perekrut. Namun, akan lebih baik mengisi CV dengan ringkasan yang padat dan memiliki bobot yang maksimal. 

Disarankan lebih dari satu halaman. Sering ditemukan bahwa banyak CV saat ini hanya berisi satu halaman. Begitu juga dengan masalah konten yang isinya sangat singkat. Ditambah desain yang terlalu all-out, dan sebagainya. Bisa dibilang, CV yang baik adalah CV yang memenuhi kebutuhan perekrut atau perusahaan. Misalnya saat melamar sebagai Desain Grafis, wajar jika Curriculum Vitae didesain dengan maksimal. 

CV Harus Memenuhi Standar ATS (ATS Friendly).

Saat ini, dunia terus mengalami perkembangan zaman. Hal ini berdampak pada proses rekrutmen di suatu perusahaan. Nah, teknologi yang biasa mereka gunakan ini memiliki istilah yang disebut dengan ATS Friendly. 

Apa itu? ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah alat yang membantu memfilter kata kunci atau algoritma yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan untuk memudahkan pencarian CV yang memenuhi persyaratan. Dengan adanya algoritma ATS, HR akan lebih mudah menentukan Curriculum Vitae pelamar yang dibutuhkan perusahaan. Hasilnya, pekerjaan SDM menjadi lebih efektif.

Panduan Membuat CV Terbaca ATS 

Berikut ini tips pembuatan CV terbaca ATS dengan baik dan benar:

Hindari Menggunakan Desain Mencolok

Usahakan menggunakan warna dan desain polos agar sistem dapat membacanya dengan mudah. Karena ATS tidak bisa membaca desain yang terlalu ramai dan juga nyentrik. 

 

BACA JUGA:  Para “Kalong” Harus Tau! Ternyata Begini Cara Mengatasi Insomnia

 

Gunakan Ukuran Font Dan Jenis Huruf Normal

Perhatikan ukuran dan jenis font, biasanya Standarnya yaitu menggunakan Times New Roman atau Calibri. Tetapkan ukuran font normal ke 11 atau 12. ATS tidak dapat membaca font ganjil. Jadi, kedua font di atas sangat direkomendasikan.

Gunakan Kata Kunci Dalam Resume Anda

Sistem ATS menggunakan fitur pencarian atau kata kunci. Contoh; Jadi anda harus memasukkan kata kunci dan keterampilan admin yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar,  jika ekerjaan yang Anda lamar bersifat admin.

Jangan Gunakan Objek Yang Belum Dibaca

Jangan gunakan benda aneh di resume Anda. Pastikan hanya ada teks dengan bobot yang baik. Ini karena ATS tidak dapat membaca jenis konten seperti tabel, buku teks, dan sebagainya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan poin atau angka dalam menulis prestasi, pengalaman, dan sebagainya.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Membuat Cv, semoga bermanfaat.

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Aplikasi DIGI bank bjb
Hadirkan Inovasi Digital, bank bjb Perkenalkan Pembaruan Aplikasi DIGI bank bjb
DP3A Klaim Angka Kekerasan pada Perempuan Menurun
DP3A Klaim Angka Kekerasan pada Perempuan dan Anak di Kota Bandung Menurun
kepulangan jemaah haji
Kloter Jemaah Haji Kertajati Menandakan Akhir Fase Kepulangan
profil Joe Biden
Profil Perjalanan Politik Joe Biden yang Mundur dari Kandidat Capres!
Plus Minus Padatnya Jadwal Turnamen Piala Presiden
Plus Minus Padatnya Jadwal Turnamen Piala Presiden 2024 Menurut Marc Klok
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Update E-Faktur 4.0 dan Website e-Nofa Resmi Dirilis, Apa Saja yang Baru?

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Jakarta Bhayangkara Presisi Juara Putra Proliga 2024 Setelah Kalahkan LavAni

5

WNI di Jepang Rampok dan Siksa Wanita di Fukuoka, Begini Kronologinya
Headline
tiket sheila on 7
Luar Biasa, Tiket Tambahan Konser Sheila On 7 Ludes Terjual!
Yalla Shoot
Link Streaming Persib Bandung vs Borneo FC Piala Presiden 2024, Selain Yalla Shoot
Harvey Moeis
Harta Harvey Moeis Disita, Ada Uang Rp13,58 M Hingga 88 Tas Branded
simbara
Mengenal SIMBARA yang Diklaim Mampu Mencegah Pemain Nakal Komoditas Nikel