Bisa Libas Jalur Offroad, Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

kelebihan kekurangan ban dual purpose
foto (Wahana Honda)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Ban motor jenis dual purpose banyak diburu rider, karena mampu melibas trek offroad ringan maupun di jalan raya.

Tak ayal ban dual purpose membuat banyak motor berjenis adventure menggunakan ban ini, lantaran bisa berjalan pada segala medan.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

Kendati begitu, ban jenis ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Melansir beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangannya:

BACA JUGA: Dilarang Keras Lakukan Hal Ini Saat Ban Motor Masih Baru

1. Nyaman digunakan di Berbagai Medan

Salah satu kelebihan utama ban dual purpose adalah kemampuannya untuk digunakan di berbagai medan. Alur ban yang menyerupai alur ban off-road memungkinkan kendaraan untuk menghadapi tantangan medan berat.

Namun, material dan pola telapak yang lebih halus juga membuatnya nyaman digunakan di jalan raya. Selain itu, ban dual purpose dapat menerjang jalan yang rusak dengan baik. Ini membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk pengemudi yang suka menjelajah.

2. Tidak Mudah Aus

Selain kemampuannya di berbagai medan, ban dual purpose juga dikenal karena ketahanannya. Ban ini tidak mudah aus seperti ban biasa. Material yang digunakan dalam pembuatan ban dual purpose memiliki kualitas yang baik, sehingga usia dan durabilitasnya panjang.

Dengan ban ini, anda tidak perlu khawatir tentang ban cepat gundul. Kelebihan ini memberikan nilai tambah yang signifikan.

3. Cengkeraman Kurang Maksimal

Namun, ada juga kekurangan dalam penggunaan ban dual purpose. Kekurangan utamanya adalah cengkeraman ban yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan ban on-road lainnya. Minesnya ini dapat menjadi masalah jika anda hanya menggunakannya di jalan raya tanpa pernah menjajal medan yang lebih ekstrem. Pilihannya mungkin kurang cocok untuk pengemudi yang mengutamakan cengkeraman yang kuat.

4. Tidak Cocok untuk Motor Sport

Terakhir, ban dual purpose tidak cocok digunakan pada motor sport. Kendaraan motor yang memiliki manuver yang tinggi dan biasanya digunakan untuk balap di lintasan memiliki kebutuhan khusus akan ban.

Desain ban dual purpose yang cenderung lebih tebal dan kasar mungkin tidak sesuai dengan gaya motor sport yang lebih ramping. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari menggunakannya pada motor sport.

Ban dual purpose adalah pilihan yang baik untuk rider yang menginginkan fleksibilitas dalam menjelajahi berbagai medan, tanpa perlu khawatir tentang ausnya ban.

 

 

(Saepul/Usamah)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Mahalini Sakit
Mahalini Dilarikan ke Rumah Sakit, Rizky Febian Ungkap Kondisi Istri Tercinta
truk tabrak kendaraan di slipi
Supir Truk Tabrak 8 Kendaraan di Slipi 1 Orang Tewas!
Asila Maisa Campus Ambassador UI
Asila Maisa Jadi Campus Ambassador UI, Buktikan Prestasi Usai Dituduh Masuk Lewat Ordal
petinggi yayasan bunbin bandung ditaangkap
Kejati Tangkap 2 Tersangka Kasus Korupsi Lahan Kebun Binatang Bandung
Nissa Ayus Menikah
Nissa Sabyan Unggah Video Sehari Sebelum Menikah dengan Ayus
Berita Lainnya

1

7 Fakta Penting Pernikahan Nissa Sabyan dan Ayus yang Menghebohkan Publik

2

BRIN Ubah Minyak Kelapa Menjadi Bio-jet Fuel

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Dikabarkan Dekat dengan Paula, Calon Gubernur Banten Andra Soni Pernah Jadi Kuli Sebelum Sukses

5

Password Wifi MCD Terbaru 2024!
Headline
Piala AFF 2024, Timnas Indonesia, Timnas Vietnam, PSSI, ASEAN Championship Mitsubishi Electric Cup 2024
Timnas Indonesia Prioritaskan Regenerasi di ASEAN Cup 2024, Target Tetap Final
Fransesco Bagnaia
Francesco Bagnaia: Radio Tim di MotoGP Belum Siap, Apa Manfaatnya?
Brace Cristiano Ronaldo
Brace Cristiano Ronaldo Warnai Kemenangan Al Nassr atas Al Gharafa di Liga Champions Asia
arkhan kaka
Arkhan Kaka Jadi Pemain Paling Bontot Masuk Skuat Piala AFF 2024