Bisa Libas Jalur Offroad, Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

kelebihan kekurangan ban dual purpose
foto (Wahana Honda)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Ban motor jenis dual purpose banyak diburu rider, karena mampu melibas trek offroad ringan maupun di jalan raya.

Tak ayal ban dual purpose membuat banyak motor berjenis adventure menggunakan ban ini, lantaran bisa berjalan pada segala medan.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

Kendati begitu, ban jenis ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Melansir beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangannya:

BACA JUGA: Dilarang Keras Lakukan Hal Ini Saat Ban Motor Masih Baru

1. Nyaman digunakan di Berbagai Medan

Salah satu kelebihan utama ban dual purpose adalah kemampuannya untuk digunakan di berbagai medan. Alur ban yang menyerupai alur ban off-road memungkinkan kendaraan untuk menghadapi tantangan medan berat.

Namun, material dan pola telapak yang lebih halus juga membuatnya nyaman digunakan di jalan raya. Selain itu, ban dual purpose dapat menerjang jalan yang rusak dengan baik. Ini membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk pengemudi yang suka menjelajah.

2. Tidak Mudah Aus

Selain kemampuannya di berbagai medan, ban dual purpose juga dikenal karena ketahanannya. Ban ini tidak mudah aus seperti ban biasa. Material yang digunakan dalam pembuatan ban dual purpose memiliki kualitas yang baik, sehingga usia dan durabilitasnya panjang.

Dengan ban ini, anda tidak perlu khawatir tentang ban cepat gundul. Kelebihan ini memberikan nilai tambah yang signifikan.

3. Cengkeraman Kurang Maksimal

Namun, ada juga kekurangan dalam penggunaan ban dual purpose. Kekurangan utamanya adalah cengkeraman ban yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan ban on-road lainnya. Minesnya ini dapat menjadi masalah jika anda hanya menggunakannya di jalan raya tanpa pernah menjajal medan yang lebih ekstrem. Pilihannya mungkin kurang cocok untuk pengemudi yang mengutamakan cengkeraman yang kuat.

4. Tidak Cocok untuk Motor Sport

Terakhir, ban dual purpose tidak cocok digunakan pada motor sport. Kendaraan motor yang memiliki manuver yang tinggi dan biasanya digunakan untuk balap di lintasan memiliki kebutuhan khusus akan ban.

Desain ban dual purpose yang cenderung lebih tebal dan kasar mungkin tidak sesuai dengan gaya motor sport yang lebih ramping. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari menggunakannya pada motor sport.

Ban dual purpose adalah pilihan yang baik untuk rider yang menginginkan fleksibilitas dalam menjelajahi berbagai medan, tanpa perlu khawatir tentang ausnya ban.

 

 

(Saepul/Usamah)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Tips Nonton Konser
5 Tips Nonton Konser Sendiri Biar Tetap Seru!
Ukuran koper
Menilik Beragam Jenis Ukuran Koper, Sebelum Bepergian Jauh
Babat Sapi
3 Resep Olahan Babat Sapi yang Enak!
Penyebab muka tidak simestris
Wow, 8 Penyebab Muka Tidak Simetris!
Aplikasi Keuangan
5 Aplikasi Keuangan, Jadikan Finansial Lebih Stabil!
Berita Lainnya

1

Ketua DPRD Jawa Barat Buky Wibawa Bahas Masalah Penahanan Ijazah

2

Kebijakan LPG 3 Kg: Kunto Aji Kritik Mental Pejabat, Bahlil Salahkan Warga

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Ciawi, 8 Orang Tewas, 11 Luka

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran Gubernur Rp2,1 Miliar, Dialihkan Buat Bangun Rumah Rakyat Miskin
Daftar pemain Timnas U20 Indonesia Piala Asia U20 2025
Piala Asia U20 2025: Daftar 23 Pemain Timnas U20 Indonesia, 3 di Antaranya Pemain Debutan
santunan korban kecelakaan tol ciawi 2
Segini Besaran Santunan Para Korban Tabrakan Beruntun Tol Ciawi 2
Gunung Gamalama Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik
Waspada! Gunung Gamalama Maluku Utara Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.