Bangga, 11 Siswa Indonesia Juara Ajang Internasional WSC 2022

Sebanyak 11 siswa Indonesia raih prestasi dalam ajang WSC 2022. (web)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Sebanyak 11 siswa SMP IPEKA Integratee Christian School (IICS) berhasil meraih prestasi tingkat internasional dalam ajang kompetisi kemampuan siswa atau World Scholar’s Cup (WSC) 2022.

Tim IICS meraih juara pertama di babak final WSC 2022 bertajuk Tournament of Champions di Yale University, Amerika Serikat.

Pencapaian itu sekaligus berhasil membuat Tim IICS menyingkirkan pesaing berat dari Amerika Serikat, Kanada, Uni Emirat Arab, serta Malaysia dalam ajang yang diikuti oleh sekitar 1.800 pelajar dari 60 negara.

BACA JUGA: OTT di Surabaya, KPK Amankan Wakil Ketua DPRD Jatim

“Tm IICS yang terdiri dari sebelas siswa tingkat SMP terdiri dari murid kelas tujuh, delapan, dan sembilan dengan kisaran usia 12-14 tahun,” ujar Kepala Sekolah SMP dan SMP IICS, Engelina Sutantio, Kamis (15/12/2022).

Pada babak penyisihan WSC Global Round di Bangkok, September 2022, tim IICS berhasil meraih total 21 trofi, 80 medali emas, dan 21 medali perak.

Sedangkan di babak final atau WSC Tournament of Champions yang diselenggarakan di Yale University pada November 2022, tim IICS meraih total enam trofi, 39 medali emas, dan 32 medali perak.

Pada tahun 2022, tim Indonesia melalui IICS berhasil meraih juara pertama sebagai First Place Overall Champion Team untuk kategori Junior Division.

Tim peraih juara pertama ini merupakan tim hybrid dari sekolah IICS dan ACS International Singapore, yaitu Audrey Effendi (IICS), Caitlin Valencia Yong (IICS), serta Jayden Christian Budiman (ACS International Singapore).

“Kami tentu saja sangat bersyukur pada Tuhan, dan sangat bangga dengan prestasi anak-anak didik. Sungguh merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Kami percaya pengalaman di ajang WSC mengasah mereka di berbagai kecakapan interaksi dan teamwork antara satu sama lain, serta kegigihan untuk berusaha yang terbaik dalam mempersiapkan apa yang menjadi end goal mereka. Kami juga sangat mengapresiasi orang tua murid kami yang begitu supportive sampai saat ini,” kata Engelina.

Salah satu peraih juara pertama kategori Junior Division WSC 2022 dari IICS, Audrey Effendi, mengatakan banyak pengalaman berharga dan membanggakan yang didapat dari ajang ini.

“Di kompetisi ini kami tidak hanya mempelajari hal baru dari kurikulum WSC, tetapi kami juga bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Momen yang paling tak terlupakan dan membanggakan adalah ketika melihat bendera Merah Putih berkibar di panggung Yale University,” kata Audrey.

WSC merupakan kompetisi internasional bergengsi yang tidak hanya menguji kemampuan akademik siswa, namun juga memberikan kesempatan untuk bertemu dan bersosialisasi dengan siswa-siswa lain dari benua dan negara yang berbeda. Pada kompetisi itu, siswa tidak hanya diajak untuk mengenal lebih dalam berbagai isu di dunia, tetapi juga dilatih kekompakannya dalam satu tim.

WSC digelar sejak tahun 2007, kemudian mulai tahun 2012, babak final dari kompetisi WSC atau Tournament of Champions dilaksanakan di Yale University yang merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Amerika Serikat.

Kompetisi WSC dimulai dengan seleksi pada regional round, yang memungkinkan peserta atau siswa mengikuti kompetisi ini di negaranya masing-masing. Setelah lolos seleksi ini, peserta berhak mengikuti kompetisi WSC di ajang global.

Pada tahun 2022, kompetisi WSC diselenggarakan secara langsung atau offline. WSC Global Round diselenggarakan di lima kota dunia yaitu, Dubai, Praha, Bangkok, Nha Trang, serta Cape Town. Jika lolos di babak Global Round, peserta akan diundang untuk mengikuti babak final yaitu WSC Tournament of Champions di Yale University.

(Agung)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, B-Cover
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, Bebas dari Penjara Inggris
Link streaming selain yalla shoot
Jangan Yalla Shoot, Ini Link Streaming Belanda Vs Australia Group D Euro 2024
JAM HONDA PCX 160 (2)
Setting Jam Honda PCX 160 Cara Simpel, Waktu Tetap Akurat
Playground murah di bandung
Sambut Liburan, Ini 3 Playground Murah di Bandung
Pengembangbiakan Nyamuk Wolbachia
Dinkes Kota Bandung: Pembiakan Nyamuk Wolbachia Terkendala
Berita Lainnya

1

Kalahkan Italia 1-0 Spanyol Lolos Babak Knockout Euro 2024

2

Travis Scott Ditangkap Lantaran Mabuk Berat dan Masuk Tanpa Izin

3

Resesi Seks China Makin Parah, Pemuda Rela Bayar AI Demi Dapat Pasangan

4

Fakta Baru Kematian Scott Weiland Diungkap Mantan Istri, Bukan Overdosis!

5

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo
Headline
Tamayo Perry Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas
Tamayo Perry, Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas Diserang Hiu di Hawaii
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota bandung
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bandung Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos Rp664 Juta
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate, Tolak Pemberlakuan Tarif Murah
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024 Imbas Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik