BI Punya 3 Jurus Menumbuhkan Pariwisata Bali

(foto: web)

Bagikan

DENPASAR, TM.ID : Bali butuh strategi khusus untuk menumbuhkan serta menguatkan sektor pariwisata.

Menurut Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali, ada tiga strategi yang perlu dipertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Bali ke depan.

Kepala KPwBI Bali Trisno Nugroho mengatakan, Bali memang memiliki potensi daya tarik pariwisata yang luar biasa baik dari sisi alam, budaya, laut, akomodasi dan lainnya.

“Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan,” kata Kepala KPwBI Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Jumat (6/1/2023).

Kettiga strategi yang perlu dipertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Bali tersebut yakni aksesibelitas, atraksi, dan promosi.

Dari sisi aksesibilitas, lanjut dia, Bali dapat dikembangkan sebagai “super hub tourism” yang mencakup Bali, NTB (Mandalika) dan NTT (Bajo) baik melalui jalur udara maupun laut.

“Perubahan tren wisata yang lebih dekat ke alam dan local experience (pengalaman lokal), serta penambahan daya tarik wisata dari NTB dan NTT akan meningkatkan minat wisatawan yang datang ke Bali,” ujarnya.

Selanjutnya transportasi umum antar destinasi wisata di Bali juga perlu mendapat perhatian untuk mempermudah mobilitas wisatawan.

“Sebagai contoh, minat wisman yang sangat tinggi ke Canggu, namun sarana pendukung transportasinya belum siap, sehingga sering terjadi kemacetan,” ucapnya.

Kemudian dari sisi atraksi. Selain wisata alam, pengembangan Bali sebagai medical & wellness tourism (wisata medis dan kebugaran) serta tempat favorit bagi digital nomad masih sangat besar.

“Pengembangan atraksi tersebut dapat menarik minat wisatawan dan memperpanjang lama tinggal wisman di Bali,” katanya.

Selanjutnya terkait promosi, meski Bali sudah terkenal, namun jumlah wisman Eropa dan Amerika lebih banyak yang datang ke Thailand. Oleh karena itu perlu meningkatkan promosi ke negara-negara yang menjadi kantong wisman.

“Yang tidak kalah penting, perlu kolaborasi yang lebih baik antara kementerian, Pemprov Bali dan seluruh pemkab/pemkot, serta pelaku usaha di Bali dalam melakukan peningkatan promosi di luar negeri,” ucapnya.

Di sisi lain, Trisno mengatakan apabila dilihat hasil survei UNWTO pada November 2022, prospek pariwisata pada tahun 2023 akan lebih baik dibandingkan tahun 2022.

BACA JUGA: Bali Maritime Tourism Hub: Ada Ikon Baru di Pelabuhan Benoa, Patung Lion Fish Setinggi 32 Meter

Minat masyarakat global, ujar dia, untuk melakukan pariwisata masih sangat tinggi. Pemantauan Bank Indonesia, jumlah maskapai dan frekuensi penerbangan domestik dan internasional yang datang ke Bali trennya semakin meningkat.

“Proyeksi kami, jumlah wisman pada tahun 2023 akan mencapai sekitar 3 juta orang. Kami optimistis di tengah tantangan risiko perlambatan ekonomi global, ekonomi Bali tahun 2023 akan tumbuh pada range 4,40 – 5,20 persen,” katanya.

Berdasarkan data BPS, pada Triwulan III 2022, ekonomi Bali tumbuh sebesar 8,09 persen(yoy), menguat dari 3,05 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya.

“Pertumbuhan ekonomi Bali pada 2022 ditopang oleh kinerja lapangan usaha penyediaan akomodasi makan dan minum, kemudian transportasi, dan perdagangan seiring dengan peningkatan jumlah wisatawan,” kata Trisno.

Selain itu, banyaknya proyek pembangunan dalam rangka persiapan pelaksanaan Presidensi G20 juga menjadi pendorong kinerja konstruksi Bali tahun 2022.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Timnas Indonesia U19, Semifinal Piala AFF U19 2024
Persiapan Timnas Indonesia U19 Menuju Semifinal Piala AFF U19 2024
Arena berkuda
Ingin Berkuda? Ini 5 Arena Berkuda di Jabodetabek
Resep buah Gandaria
Segarnya, Mengolah Buah Gandaria Dengan 3 Resep Ini
Kepala Rahwana
Makna 10 Perwujudan Kepala Rahwana
Kampung Batik Jogja
Asyiknya, Mengenal Batik di 4 Wisata Kampung Batik Jogja!
Berita Lainnya

1

Buah Batu Corps Dukung Kang Arfi Rafnialdi Maju Pilwalkot Bandung 2024

2

PT. Tekindo Energi dan PT. GMG, Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Halteng

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Viral Mobil Menag Yaqut Terabas Jalur Busway, Kemenag: Nggak Tiap Hari Kan

5

Kukuhkan Pengurus PPM Kota Bandung 2023-2028, Robby Gumelar: Bersatu untuk Bangun Bandung Lebih Baik
Headline
Persib Bandung
Persis Solo Taklukkan Persib Bandung, Lolos Semifinal Piala Presiden 2024
Diskar PB Kota Bandung Catat 163 Kasus Kebakaran
Diskar PB Kota Bandung Catat 163 Kasus Kebakaran
Bill Crook Mantan Bassis Spiritbox Meninggal Dunia
Bill Crook Mantan Bassis Spiritbox Meninggal Dunia
Golden Visa Shin Tae-yong
Presiden Jokowi Berikan Golden Visa untuk Shin Tae-yong