Antisipasi Bencana di Akhir Tahun, BPBD Lombok Tengah Siapkan Posko Pengaduan

Foto - Web -

Bagikan

NTB,TM.id : Sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat membentuk posko pengaduan bencana.

“Untuk periode Natal dan Tahun Baru kita telah menyiapkan posko pengaduan bencana dampak cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi di akhir 20222,” kata Kepala BPBD Lombok Tengah, H Ridwan Maruf, melansir Antara Jumat(23/12/2022).

Ia mengatakan, beberapa bencana alam rentan terjadi saat curah hujan tinggi yang disertai angin kencang seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan petugas untuk siaga membantu masyarakat ketika terjadi bencana alam.

“Petugas dan peralatan juga telah kita siapkan,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa tidak keluar rumah atau ke tempat keramaian seperti pantai atau wisata alam saat terjadi cuaca ekstrem, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terlebih saat ini musim liburan anak sekolah, sehingga tempat wisata bakal ramai dan orang tua diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap anaknya.

“Saat terjadi cuaca ekstrem, warga kita imbau tidak pergi liburan dulu,” katanya.

BACA JUGA : Saat Nataru, BPBD DKI Siagakan TRC 24 Jam Pantau Cuaca Ekstrim

Sebelumnya, BMKG juga memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023. Peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 diakibatkan sejumlah dinamika atmosfer.

“Berdasarkan kondisi tersebut potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencan untuk periode 25 Desember 2022 hingga 01 Januari 2023 di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Sri Aprilia.

Sementara itu untuk periode tanggal 22-24 Desember 2022 juga perlu diwaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

“Pemerintah daerah diharapkan melakukan peningkatan antisipasi dampak cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” kata Sri Aprila.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Ketika orang meninggal
6 Jenis Bunga Lambang Kematian di Berbagai Negara
Desa Wisata Cemaga Tengah
Bangga, Desa Wisata Cemaga Tengah Kepri Lolos 50 Besar ADWI!
Auto Liker TikTok
Auto Liker TikTok, Jurus Tingkatkan Jumlah Likes Gratis
bp tapera
Gaji ASN dan Swasta Dipotong 3% untuk BP Tapera, Apa Manfaatnya?
Rembug Bedas, program prioritas bupati bandung
Bupati Bandung Paparkan 13 Program Prioritas, di Antaranya BPJS Kesehatan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?

3

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

4

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
nembak SIM (1)
Bakal Tak Ada Celah Nembak SIM Lagi, Ini Strategi dari Polisi
SIM C1
Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Pengendara Motor 250-500cc
Tolak RUU Penyiaran
Ratusan Jurnalis Bandung Demo di DPRD Jabar, Tolak RUU Penyiaran
UKT PTN 2024
Kenaikan UKT Dibatalkan! PTN Harus Kembalikan Kelebihan Pembayaran