5 Langkah Monetisasi TikTok dan Jenisnya

Monetisasi TikTok
Ilustrasi (pinterest)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: TikTok, platform media sosial yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi magnet bagi berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Kini TikTok bisa manjadi cuan dengan melakukan monetisasi.

Diluncurkan pada tahun 2017, TikTok kini memiliki lebih dari 500 juta yang mendownload. Popularitas yang meroket menjadikan TikTok tidak hanya sebagai wadah kreativitas, tetapi juga sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Ada beberapa skema monetisasi yang dapat digunakan pengguna untuk menghasilkan uang dari konten yang diunggah di TikTok. Untuk dapat mengaktifkan monetisasi pada akun TikTok, pengguna harus memenuhi beberapa syarat.

Mereka harus berusia minimal 18 tah un, memiliki akun yang berusia lebih dari 30 hari, dan memiliki pengikut antara 1.000 hingga 10.000. Selain itu, konten yang terunggah harus memiliki minimal 1.000 hingga 10.000 views dalam 30 hari terakhir.

Langkah-langkah Monetisasi TikTok

Jika syarat-syarat telah terpenuhi, pengguna dapat mengaktifkan monetisasi TikTok melalui aplikasi dengan langkah-langkah berikut.

  1. Buka Aplikasi TikTok di Ponsel
  2. Pilih Menu “Profil” dan Klik Tiga Garis di Pojok Kanan Atas
  3. Pilih Menu “Creator Tools”
  4. Gulir Layar ke Bagian Monetisasi
  5. Pilih Jenis Monetisasi yang Sesuai

BACA JUGA : Cara Download Lagu TikTok Jadi Format MP3

6 Jenis Monetisasi di TikTok

1. Creator Marketplace

Melalui fitur ini, kreator dapat membuat konten berbasis promosi dengan skema kerja sama atau endorse dengan merek tertentu. Ini adalah peluang bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui kolaborasi dengan perusahaan.

2. TikTok Shop

TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk berjualan langsung secara online melalui platform. Inilah kesempatan bagi bisnis kecil dan menengah untuk meraih pasar langsung melalui video pendek yang kreatif.

3. TikTok Ads

Metode ini biasa terpakai oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi pemasaran digital. TikTok Ads memungkinkan perusahaan untuk membuat kampanye yang ditargetkan pada audiens tertentu.

4. Live Streaming

Fitur Live Streaming memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan siaran langsung dan menerima hadiah atau donasi dari penonton. Ini adalah cara interaktif untuk berhubungan langsung dengan pengikut.

5. Affiliate Marketing

Skema affiliate di TikTok hampir sama dengan platform media sosial lainnya. Kreator dapat mempromosikan produk mitra secara online dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

6. Gifts

Fitur Gifts di TikTok memungkinkan pengguna untuk mengirimkan hadiah berupa koin virtual ke kreator. Koin ini dapat ditukar dengan mata uang digital, memberikan insentif bagi kreator untuk terus berkarya.

Dengan demikian, TikTok bukan hanya sekadar platform hiburan, tetapi juga pintu gerbang menuju peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk meraih sukses dalam monetisasi TikTok, pengguna perlu memahami persyaratan dan memilih jenis monetisasi yang sesuai dengan tujuan dan kontennya.

 

 

(Hafidah/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
PPDB Jawa Barat 2024 Tahap II
PPDB Jawa Barat 2024 Tahap II, Bey Minta Disdik Lebih Teliti
Proposal Usaha
Cara Membuat Proposal Usaha yang Mudah
Pantun Judi Online Kominfo
SMS Pantun Judi Online Kominfo Jadi Olok-olokan Netizen, Sindir Keras Peretasan PDN
Pemantauan Siber BSSN
Menkopolhukam: BSSN Lembaga Krusial dan Strategis Butuh Kolaborasi
pembuatan patung GWK-1
Fakta Menarik Pembuatan Patung GWK Bali, Libatkan 1.000 Pekerja
Berita Lainnya

1

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

2

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

5

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0
Headline
ketua kpu RI Hasyim Asy'ari
Ketua KPU Hasyim Asy'ari Dipecat Akibat Tindakan Asusila
Lionel Messi Tak Perkuat Argentina di Olimpiade Paris
Lionel Messi Tak Perkuat Argentina di Olimpiade Paris 2024
saksi sidang Praperadilan Pegi Setiawan
5 Saksi Bicara dalam Sidang Praperadilan Pegi Setiawan
Jokowi Backup Semua Data Nasional
Instruksi Jokowi, Backup Semua Data Nasional!