Hero MotoCorp Bakal Rilis Roadster Berbasis Harley X440 Pada Januari 2024

(Foto: harley-davidson)

Bagikan

JAKARTA.TM.ID: Tahun 2023 adalah tahun besar bagi Harley-Davidson dan pabrikan sepeda motor India Hero MotoCorp. Debut X440 di India menandai yang pertama bagi kedua merek tersebut.

Bagi MoCo, ini adalah sepeda motor berkapasitas kecil pertama yang dirancang khusus untuk pasar India, serta satu-satunya model satu silinder dijajarannya saat ini.

“Bagi Hero MotoCorp, ini adalah langkah pertamanya ke segmen premium, melayani pasar antusias yang berkembang di India,” seperti dikutip Teropongmedia.id dari RideApart, Kamis (4/1/2024).

Seperti yang biasanya terjadi ketika dua perusahaan bekerja sama untuk merilis model baru, masing-masing merek menghasilkan versi mesinnya sendiri. Kita telah melihat hal ini pada KTM dan CFMoto, dimana CFMoto merilis 800NK, sebuah sepeda dengan dasar teknis yang mirip dengan Scalpel Austria.

Hal yang sama diperkirakan juga terjadi pada Harley dan Hero, karena Hero MotoCorp dilaporkan merilis versinya sendiri dari roadster 440cc yang terinspirasi retro di acara Hero World yang dijadwalkan pada 22 Januari 2024. Rumor ini juga diamini oleh beberapa publikasi otomotif India, Meski Hero MotoCorp belum memberikan detail spesifik mengenai model barunya.

Namun demikian, mengingat fakta bahwa Hero-lah yang mengembangkan dan memproduksi X440, kemungkinan besar kita dapat mengharapkan mesin bermerek Hero memiliki dasar yang sama dengan X440.

Kemungkinan mesinnya juga akan terinspirasi dari gaya retro, karena sepeda motor seperti Honda CB350 H’Ness dan Royal Enfield Classic 350 telah terbukti sangat populer di India.

Selain itu, konstruksi dasarnya membuat X440 lebih dari sekadar wajah cantik; dapat digunakan sebagai pekerja keras yang dapat dipercaya baik untuk perjalanan sehari-hari maupun untuk perjalanan jauh ke luar kota.

BACA JUGA: Motor Listrik Harley-Davidson LiveWire S2 Del Mar Siap Menggebrak Pasar

Hero mengembangkan mesin yang menggerakkan X440 – mesin satu silinder 440cc, berpendingin udara dan oli, injeksi bahan bakar, dengan tenaga 27 tenaga kuda dan torsi 38 Nm (28 pon-kaki).

Selain itu, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan. Sedangkan untuk fondasinya, X440 mendapat garpu terbalik KYB premium dan pengaturan shock belakang ganda bermuatan gas. Remnya terdiri dari cakram tunggal 320 mm di depan dan cakram 240 mm di belakang, keduanya diatur oleh ABS saluran ganda.

Setelah Harley X440 versi berlencana Hero melakukan debut resminya, Hero MotoCorp akan memiliki dua model di segmen premium. Belum lama ini, mereka merilis Karizma XMR, sebuah komuter sporty dengan mesin 210cc yang bertenaga serta gaya dan teknologi modern.

Peluncuran roadster retro dengan mesin yang sedikit lebih besar tentunya akan menarik para penggemar retro yang mencari kendaraan pekerja keras yang dapat diandalkan baik untuk perjalanan sehari-hari maupun tamasya akhir pekan.

Seperti disebutkan, motor ini diperkirakan akan diluncurkan pada 22 Januari 2024, dengan pemesanan dan test ride diharapkan mulai Februari dan seterusnya.

 

(Agus/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Gudang Lagu
Gudang Lagu, Solusi Digital untuk Akses Musik Mudah dan Cepat
BPR Bangkrut
14 Bank BPR Bangkrut di Juli 2024 Gegara Mismanagement
Pelaku Eksibisionisme Dengan Korban Pengemudi Ojek Online
Pelaku Eksibisionisme Dengan Korban Pengemudi Ojek Online, Di Tangkap Polisi
Duck Syndrome-1
Ciri-ciri Duck Syndrome, Sering Dialami Si Ambisius!
KIP KULIAH 2024-1
Cek, Batas Waktu Unggah Ulang Dokumen KIP Kuliah 2024!
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

3

Waduh, Bantal Kepala Kereta Cepat Whoosh Pada Hilang, Kok Bisa?

4

Tottenham Hotspur Rekrut Pemain Muda Korea Selatan, Yang Min-Hyuk

5

R. Dhani Wiranata di Temani Melly Goeslaw Datangi Ibu-ibu Senam di Bandung
Headline
dana kampanye Kamala Harris
Terus Ungguli Trump, Dana Kampanye Kamala Harris Tembus Rp3,2 Triliun!
Jokowi Gelar Sejumlah Rapat dengan Forkopimda
Bekantor di IKN, Jokowi Gelar Sejumlah Rapat dengan Forkopimda
Gibran Bahlil Lahadalia
Gibran Datangi Kantor Menteri Bahlil Lahadalia, Ngapain ?
Momen Presiden dan Influencer Naik Motor Menuju IKN
Momen Presiden dan Influencer Naik Motor Menuju IKN